Adalah Synaser, sebuah library komunikasi data serial open-source untuk Delphi, Kylix, dan FreePascal yang dapat digunakan pada platform Windows dan Linux. Library gratis ini kita perlukan agar kita dapat membuat program komunikasi data serial menggunakan FreePascal dan tentunya Lazarus.

Kalau kita menggunakan Visual Basic kita bisa menggunakan komponen visual MSComm dari Microsoft. Kalau kita menggunakan Delphi maka ada komponen visual TComport buatan Dejan Crnila, atau dapat juga kita menggunakan MSComm.

Untuk Lazarus, ada beberapa library dan komponen yang dapat kita gunakan, salah satunya adalah Synaser. Kita juga dapat menggunakan komponen TComport Lazarus yang merupakan konversi dari TComport Delphi. Namun untuk saat ini yang tersedia baru TComport Lazarus untuk Windows, versi Linux-nya belum ada.

Anyway, pada postingan ini saya ingin memberikan contoh program komunikasi data serial sederhana menggunakan Lazarus dan Synaser. Untuk memudahkan percobaan, maka saya menggunakan sebuah port serial dengan kaki RX – TX dihubung-singkat untuk membentuk looping data serial (pada port serial DB9, kaki 2 dan kaki 3 dihubung-singkat). Jadi ceritanya, program akan mengirim dan menerima data melalui port serial yang sama.

Ngirim-ngirim sendiri, diterima-terima sendiri. πŸ˜€

Pada percobaan ini saya menggunakan port USB dengan USB-to-RS232 Converter, dan mencoba baudrate yang tinggi yakni 460800. Walhasil, alhamdulillah berhasil dengan baik.

Gambar diatas adalah screenshot dari contoh program tersebut. Sangat sederhana dan belum menunjukkan fitur-fitur lain yang dimiliki oleh Synaser. Tapi setidaknya bisa memberikan bukti bahwa library Synaser dapat digunakan untuk melakukan komunikasi data serial dengan baik.

Nah, jika Anda menginginkan contoh program ini, silakan download file aplikasi dan file proyek Lazarus melalui link berikut ini.

SynaserDemo1.7z

(Β  1,164 kb )

Contoh aplikasi Synaser untuk komunikasi data serial antara PC dengan mikrokontroler dapat Anda lihat di postingan berikut: STARDUINO In Action! – LM35 Temperature Data Logger.

Selamat belajar!

πŸ˜€