Langsung saja, berikut adalah gambar rangkaian kontrol dan rangkaian daya motor starter star-delta untuk motor AC induksi tiga-fasa. PB ON adalah komponen push-button NO yang digunakan untuk menghidupkan rangkaian, sedangkan PB1 adalah komponen push-button NC yang digunakan untuk mematikan rangkaian.

Ketika PB-ON ditekan, maka K1, T1, dan K3 akan ON. Kontak K1-NO berfungsi sebagai pengunci sehingga K1, T1, dan K3 akan tetap ON meskipun PB-ON telah dilepas. Pada saat ini motor running dengan konfigurasi STAR.

Selanjutnya T1 akan menghitung hingga nilai hitungan timer mencapai target. Ketika T1 mencapai target maka kontak output T1-NO akan ON. Dengan demikian, K3 akan OFF dan K2 akan ON, dan motor running dengan konfigurasi DELTA.

Kontak K2-NC dan K3-NC berfungsi sebagai interlock yang memastikan bahwa kontaktor star dan kontaktor delta aktif secara bergantian.

Lamanya on-delay timer praktis kurang-lebih antara 3-5 detik. Tapi Untuk lebih tepatnya, Anda bisa mencari tahu lebih banyak mengenai rangkaian Star-Delta ini, karena masih banyak detil yang tidak dibahas dalam tulisan yang hanya memberikan contoh rangkaian dan sedikit sekelumit prinsip kerjanya saja.

Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar!

Jika Anda ingin mengetahui rancangan panel driver dan pengontrol kecepatan motor AC Induksi tiga-fasa, silakan mengikuti link berikut ini:

Rancangan Panel Inverter Toshiba 5,5kW Dalam Satu Halaman

Teknik Elektro LinksΒ menerima pembuatan panel listrik dan panel kontrol dan menyediakan produk-produk antara lain:

  • Thermostat E103, T100, T101, R100
  • Modul Sensor Suhu 0-100C
  • Minimum System 89S51
  • Starduino Board (Arduino dengan ATmega8)
  • Relay Driver Terkendali PC (LPT atau Serial)
  • Produk lain sesuai pesanan

Silakan berkunjung ke situsnya di: http://teknikelektrolinks.com

Selamat berkarya!

πŸ˜€