Rangkaian & Layout PCB Catu Daya DC 5V dan 12V


Bereksperimen elektronika digital TTL membutuhkan adanya catu daya DC 5V. Tak jarang pula kita membutuhkan catu daya DC 12V untuk keperluan lain, misalnya: menggerakkan relay 12VDC, motor DC 12V, opamp, atau sekedar untuk memutar bor PCB kita.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita dapat membeli catu daya tegangan DC dengan beberapa variasi tegangan (multi-voltage regulated DC power supply). Atau dapat juga kita gunakan wall-adaptor 500mA-1A yang dapat kita beli di toko peralatan elektronik. Atau dapat juga kita merakit sendiri rangkaian catu daya yang kita butuhkan.

Nah, bagi Anda yang ingin merakit sendiri catu daya tegangan DC 5V dan 12V, Anda dapat menggunakan layout PCB berikut ini. Foto di atas adalah komponen komplit dari papan praktikum yang terdiri dari rangkaian catu daya dan project-board.

Adapun skematik dari rangkaian tersebut adalah:

Sebagai masukan tegangan AC dapat digunakan trafo 2A jenis CT dengan tegangan maksimum keluaran 15-18 VAC. Sebagai regulator digunakan IC 7812 dan 7805 dengan maksimum arus keluaran ±1A.

Sebagai terminal konektor kabel masukan dan keluaran, digunakan PCB Mount Terminal Block dengan model seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut ini.

Rangkaian ini sangat mudah dirakit. Jika Anda berminat, silakan meninggalkan komentar dan saya akan mengirimkan file layout PCB dalam format PDF siap cetak. Foto di bawah adalah catu daya 12V dan 5V yang digabungkan dengan sebuah project-board yang sangat fleksibel untuk bereksperimen. Bagus kan? Hihihi… :D

Foto Papan Eksperimen Elektronika

Jika Anda membutuhkan catu daya seperti foto di atas yang siap-pakai, Anda dapat memesan melalui email berikut ini: info@teknikelektrolinks.com.

UPDATE
Catu daya DC 5V dan 12V kini memiliki layout PCB yang baru, berikut adalah gambar layout PCB terbaru dari rangkaian catu daya DC 5V dan 12V. Silakan menulis komentar Anda dan silakan mengunduh file layout PCB-nya melalui link berikut ini:

PCB Catu Daya 5V-12V.ZIP
( 15KB )

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

:)

About these ads

506 thoughts on “Rangkaian & Layout PCB Catu Daya DC 5V dan 12V”

  1. wah, ini menarik banget mas.
    tapi dari rangkaiannya, spertinya tidak ada arus listrik ya mas ?

    ( sekalian minta file-nya ya mas. )

  2. apakah rangkaian tersebut dapat digunakan pada cd-rom ? dan jika untuk cd-rom apa harus menggunakan trafo 3 ampere, soalnya saya sudah memakai 2 ampere tapi tidak mau menyala

  3. aku butuh rangakaian catudaya yg ga pake trafo besar, tp pake trafo ferit kaya yang biasa dipake di charger hp. termasuk bagaimana cara membuat trafo feritnya. apakah ada? soalnya tu lebih kecil dan ringan. thanks sebelumnya.

  4. Sulhan:
    Waduh, kalau yang itu saya juga butuh. Kalau ada yang bisa kasih masukan, silakan berbagi pengetahuan di sini.

    Terima kasih… :D

  5. Tolong dikirimi file layout catudayanya. Kalo bisa skematiknya (dalam format protel atau EAGLE) sekalian. Soalnya mau saya tambahin 2N3055 buat penguat arus. Kan kalo format pdf ndak bisa diedit.

  6. agogo:
    File PDF sudah saya kirim ke alamat email Anda. Untuk file Protelnya insya Allah menyusul.

    Selamat mencoba! :D

  7. marjani:
    Saya telah mencoba berkali-kali mengirim ke alamat email Anda, namun selalu gagal. Apa mungkin alamatnya salah? Mohon dicek kembali.

    Terima kasih. :D

  8. Ferdinan:
    File layout Power Supply telah saya kirim ke alamat email Anda. Untuk rangkaian saklar sentuh, insya Allah segera saya buatkan contohnya.

    Selamat mencoba! :D

  9. mas tolongg kirim kan skema rangkaian power supply donk? lengkap dengan layout dan hasil jadinya… skalian cara kerja nya

  10. kurniawan:
    Wa’alaikumsalaam…
    Untuk output tegangan sebesar itu dapat dicapai dengan cara menggunakan trafo yang sesuai atau dengan cara menggunakan rangkaian voltage-multiplier. Untuk rating tegangan sebesar itu, gunakan diode dan kapasitor dengan rating yang sesuai, demikian juga dengan komponen-komponen yang lain.
    Kalau memang berminat, silakan kontak lewat email atau telepon.

    Selamat berkarya! :D

  11. Mas, kebetulan saya ngg terlalu tau rangkaian saya mau nanya jenis alat yang dipakai apa aja? soalnya saya untuk jenis alatnya saya ngg tau.

  12. Johanes:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda.
    Untuk part list – nya, sesegera mungkin akan saya update di tulisan ini.
    Selamat mencoba! :D

  13. chumy:
    Penguat arus memang digunakan untuk menguatkan arus, namun demikian jika sumber pensuplai arusnya kecil maka dikuatkan berapa kali pun, tetap saja kecil. Jadi jika pertanyaannya apakah bisa rangkaian tersebut diterapkan pada solar panel, maka jawabnya bisa. Tapi jika pertanyaannya bisakah penguat arus itu memperbesar arus dari solar panel, jawabnya tidak bisa.

    Pada kasus catu daya 5V menggunakan 7805 dengan kapasitas arus ±1A, maka perlu ditambahkan rangkaian penguat arus untuk mendapatkan catu daya 5V dengan kemampuan mensuplai beban hingga lebih dari 1A tergantung dari transformator yang digunakan.

    Demikian, Chummy. Semoga bisa membantu.

    Selamat belajar! :D

  14. mas,kira kira rangkaian diatas bisa gak buat power suplynya hardisk eksternal.
    ,jangan lupa filenya ane juga mau mas
    tengkyu…

  15. nikho, rafly, welldone:
    File telah saya kirimkan ke alamat email Anda masing-masing.

    Untuk rafly, saya tidak tahu persis berapa kebutuhan daya untuk harddisk eksternal, akan tetapi boleh juga dicoba, karena menurut saya kemampuan catu daya kita ini akan cukup mensuplainya. But, do it with care!

    Selamat mencoba! :D

  16. rafly:
    Setelah membaca datasheet keduanya dan membandingkan beberapa karakteristiknya, menurut saya tidak akan masalah jika 2N3055 diganti dengan C2580. Transistor 2N3055 memiliki kapasitas arus maksimal (Ic) sebesar 15A, sedangkan C2580 memiliki kapasitas arus maksimal (Ic) sebesar 9A.

    Selamat mencoba! :D

  17. Ternyata rangkaian diatas + penguat arus ga bisa buat power suplynya hardisk eksternal,ga tau kenapa hardisk kuk tetep diam,Tapi pas ane colokin ke PSnya PC hardisk mau kerja hehehe.. pusing
    Dan udah ane coba pake trafonya dari yang 1-3 ampere masih tetep ga mau kerja. Spesifikasi hardisknya untuk +5 Volt = 0,46 Ampere / +12 Volt = 0,56 Ampere.
    Mungkin mas ada solusi, atau sedikit pencerahan ?
    thanks..

  18. rafly:
    Mas Rafly, makin bermasalah boleh jadi ntar Mas Rafly jadi makin pintar, hehehe… :D
    Kalau melihat spesifikasinya mestinya catu daya 1A juga sudah cukup. Nah, untuk mengecek kemampuan sebuah catu daya, Mas Rafly bisa coba membandingkan hasil pengukuran tegangan keluaran catu daya SEBELUM dan SETELAH disambungkan ke beban.
    Jika tegangan catu daya setelah dibebani turun, maka catu daya tersebut tidak mampu mensuplai beban tersebut.
    Boleh jadi juga, rangkaian internal external harddisk tersebut ‘MINTA’ catu daya yang benar-benar stabil dan halus dengan toleransi riple yang rendah. Untuk mengetahui tingkat riple catu daya, coba ukur tegangan keluaran catu daya menggunakan voltmeter AC.

    Demikian, Mas Rafly. Semoga bisa membantu :D

  19. mas,,,saya ada tugas utk buat adaptor dengan kriteria sbb :
    trafo non CT,ic regulator,filter CRC, TR 2N 3055
    tegangannya : 5v atau 12 v,, arusnya : 1A…

    saya mhasiswa bru di bidang elektro gini mas,,apalagi blum pnya basic ttg elektro..
    bsa tolong bntu nggak mas??

    kirimkan rangkaian dan komponen2nya, kalo nggak keberatan sekalian gambarnya di PCB itu…
    ditunggu mas bantuaannya…trima kasih
    :)

  20. mas Saya mw tanya,,
    saya buat catu daya 5 volt dalam satu rangkaian yg sama,,
    tapi saya bingung fubgsi kapasitor yang ada pada sisi kanan dan kiri dari IC regulatornya..tolong penjelasannya untuk fungsi kedua kapasitor itu…!!

  21. dhika:
    Fungsi kapasitor disebelah kiri (Cin) adalah sebagai filter dari rangkaian penyearah. Bukan filter ideal memang, tapi daripada gak difilter hayo?! :D

    Sedangkan fungsi kapasitor disebelah kanan (Co) adalah untuk meningkatkan stabilitas tegangan dan respon transien.

    Ok, selamat belajar! :D

  22. Daryono & ratsss:
    File layout telah saya kirimkan ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  23. Mantabb… mas saya perlu banget neh Mas..buat Power Supply Mikrokontroller..kirim ke Email saya ya mas…ditunggu secepatnya..terima kasih banyak..semoga Allah memberikan Pahala sama orang yang ngasih Layoutnya.

    email ku n3mo.mel@gmail.com

  24. Pak, saya minta skema rangkaian layout beserta komponen yang terdapat didalam rangkaian trsbt, yang menggunakan trafo NON CT, IC regulator,Filter CRC(Tr 2N3055)
    output 5v dan 12v
    output arus 1A
    mohon bantuannya……

  25. assalamu’alaikum,
    mas, minta layout pcb yang siap cetak…
    trus untuk pemasangan trafo detailnya saya minta bantuanya,
    .sukron

  26. sukron mas candra…
    dh saya coba cm msh pake PB belum ke PCB nya.
    yang saya msh bingung, pemasangan dari kabel AC ke
    Trafo trus output dari trafo ke rangkaiannya.
    ground pada rangkaian d hubungkan ke trafo ato gmn mas?
    mohon bantuanya.terima kasih.

  27. mas saya mo tanya ?? kalau mau blajar elekto buku ap ya yg mudah di mengerti dan di pahami…tolong masukan nya mas….4 ALL mohon bantuan nya…saya buta banget tentang elekro tetapi ingin bisa….help.

  28. Hamba Allah:
    Sama-sama. Kabel AC dihubungkan ke sisi primer 0-220. Untuk sisi sekunder, tap 0 dihubungkan ke GND pada PCB. Tap 12V atau 15V dihubungkan ke terminal 15VAC pada PCB, dan tap 9V dihubungkan ke terminal 9VAC pada PCB.

    Selamat mencoba! :D

  29. acan:
    Mas Acan, mnrt saya semua buku yang membahas dasar-dasar teknik elektro adalah baik, yang penting adalah semangat belajarnya :D

    Ada baiknya belajar elektro dimulai dari kimia atom dan elektron, sehingga mengerti konsep muatan, arus listrik, dan beda tegangan. Selanjutnya, belajar mengenai komponen-komponen dasar elektronika seperti resistor dan kapasitor. Kemudian diode, transistor, dan lain-lain.

    Namun yang lebih penting lagi adalah hukum-hukum yang mendasari perilaku sistem elektronika seperti hukum Kirchoff, Faraday, dll.

    Intinya semakin banyak referensi semakin baik :D

    Selamat belajar! :D

  30. mas minta dunk layotnya….
    btw maksimal pke trafo ct berapa ampere mas….yang direkomendasikan trafo yg digunakan berapa ampere mas….???

  31. ardiansyah, kubian_djenong:
    File telah saya kirim ke alamat email masing-masing.

    Untuk trafo CT-nya dapat digunakan trafo 500mA, 1A, atau 2A.

    Selamat mencoba! :D

  32. mau tanya dong mas
    ak kan bikin regulator 5 dan 12 v dengan arus 3 A
    itu pakai trafo brapa Ampre
    bisa diperlihatkan tidak pemasngan trafo CT soalny dari gambar tidak terlihat

  33. mau tany mas s
    saya lagi rncng regulator 5 dan 12 v dengan arus 3 A
    itu pakai trafo ct brapa A
    bs ditunjukan gambaran trafo dengan inputan regulator
    pengaruh transistor yg arus maksimal dalam merancang untuk ap
    transistor pnp yng cocok ap
    txu

  34. rieb, NAW_32, gilang, jeje:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  35. Mas, q minta kirim ke e mail q ya?! Trus itu kalau dipakai wat p0wer hardisk pa juga harus pake penguat arus? Makasih. . .

  36. reza, yasin, indra, Dian:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Untuk Dian: untuk catu daya harddisk gunakan catu daya yang lebih baik.

    Selamat mencoba! :D

  37. mas rangkaian power supply ini bisa g buat power di amplifier, amplifier yang saya buat pake 15v, 18v, 24v….
    layoutnya bisa di download g…
    mnta yng bisa dbuka di eglewin ato pcb maker…
    kirimin layoutnya mas…
    makasi mas….

  38. mas, saya mau tanya.
    saya mau rancang catu daya 12-15 volt dengan trafo 3A-5A.
    apakah sama dengan rangkaian diatas?
    tolong layout pcb sama skematiknya ya mas. hehe
    terimakasi sebelumnya

  39. ariewisnoe, zaki, dindon, yozi:
    File layout telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Rangkaian ini hanya untuk tegangan +5V dan +12V dengan kapasitas maksimal arus ±1A. Untuk aplikasi dengan kebutuhan arus diatas 1A, maka gunakan rangkaian catu daya dengan penguat arus.

    Selamat mencoba! :D

  40. Yogie, ariewisnoe:
    File layout telah saya kirimkan ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  41. nieza:
    Untuk power supply dengan kapasitas arus di atas 1A, gunakan/tambahkan rangkaian penguat arus, atau gunakan rangkaian power supply 3A atau 5A. :D

  42. mas, kalo saya mau buat 5v dan 12v tapi arus beban lebih dari 2A,rangkaian yang dibutuhkan apa saja???ap sama seperti yang diatas..
    terima kasih.

  43. mas,,
    saya mau buat catu daya 5v dan 12v tapi arus beban lebih dari 3A pake trafo non CT.
    layoutnya sama seperti diatas ato g?
    apa harus ditambah komponen lain.
    kalo bisa kirimin layout dan daftar konponennya.
    trims
    ^^

  44. wah bagus nih, minta tolong dikirimin dong, buat catu daya rangkaian digital, thanks. semoga allah membalas kebaikan anda

  45. Mas, Artikelnya menarik, bisa gak ya kalau power inputnya bukan AC tapi DC dari solar panel yang tegangannya selalu berubah menyesuaikan intensitas cahaya sinar matahari.
    Intinya saya mau bikin charger HP sederhana dari solar cell 6v tapi tanpa baterai, cukup dengan kapasitor sebagai ganti baterai. Apakah mungkin?

    Karena saya beli solar cell 6v 230mA harganya 30 ribu, cukup terjangkau kantong.

    terima kasih.

  46. Mas saya minta donk file layout yang ini, cz penting bgt saya saat ini lg nyusun tugas akhir. . .
    mohon bgt bantuannya

  47. hendrasyah, yudilan, Avistovero, alfaris, fadil, Lanna:
    File layout telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  48. Salam kenal mas..,bagus bgt nih…Aku jg pengin.. Tp aku butuh output catudaya 12V CT dan 15V CT,dan inputnya dari travo CT 9V.Sekalian catudaya 12V non CT,inputnya 9V CT. Tolong buatin skematik+partlist ya mas.
    Terimakasih bgt sebelumnya.

  49. Mas saya minta dong filenya. n kalo mau ngrubah dari 12 volt ke 5 volt gimana caranya ya? bisa atau gak?kalo bisa di kasih modulnya ya. tnaks.

  50. Dzaky, M. Yusuf:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Untuk output 15V bisa digunakan IC LM7815. Tegangan input harus lebih besar dari pada tegangan output. Misal: untuk LM7815, maka tegangan input minimal adalah 18V.

    Untuk mengubah tegangan 12V menjadi 5V bisa menggunakan IC LM7805.

    Selamat mencoba! :D

  51. assmlkm mas mav mas sebelunya harus ngirim 2x kmrn saya blm sempat memasukkan alamt email saya hehehehehehe saya boleh minta filenya lage mas trims wssmlkm…

  52. SMAN 8 Balikpapan, kalongklik:
    Wa’alaikumsalaam. File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  53. Salam kenal
    Maaf mas, mo minta tolong donk, saya baru aja belajar elektronika, dan sekarang lg gandrung ma lampu2 buat aksesoris motor hihihihi…. tolong minta kirimin skema dan bahan2 apa aja yg dibutuhin dan saya mau buat PCB sendiri… adaptor 24 V DC untuk test motor listrik juga dan lampu2 itu pake yg 12 V DC …tolongin saya yach mas… mau belajar nih…kirim ke email saya.

    Thanks loch!!

  54. wah… bgus tuch postingnya. mw donk layout PCBnya?
    oia mw tnya rangkaian ini bisa dibuat untuk charger aki sepeda motor 12V g’? saya lg nyari rangkaian bwt charger aki sepeda motor. sklian minta dikirimin skema dan bahan2 yg dibutuhin. thx

  55. halo bro, gmn kbrnya ? masih ingat to ama aq, aq iwan yg dulu ente bantu bikin alat. masih ingat ga? btw blog nya keren abis nih. lanjutkan……….

  56. iwan:
    Hello, Brother. Sure I remember you. :D
    Kabar alhamdulillah baik, bagaimana dengan sampean? Thank you for visiting… :D

  57. saya juga bole minta mas ya, layout nya
    kebetulan saya lagi belajar-belajar praktek elektronika
    terima kasih banyak …..

  58. salam kenal….
    mas aku pingin merakit sebuah power suply 5 volt,yang akan saya gunakan untuk mencharger batre-bisa aku kirimin skemanya atw kalo aku pesan sama mas kira2 aku harus siapi dana berapa yaa…

    terima kasih
    adjie

  59. Vincent, Na2n6, Arynie, Hendro, Faisal:
    File layout telah saya kirimkan ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  60. wah super sekali mas thanks ya mas…..
    skalian mas mo, nanya kemarin aku buat rangkaian adaptor 5-12 volt 2A trus ku konek ke dvd combo bisa nyala tapi yang mengherankan stelah ku masukuin cd ternyata cd gak mau muter…
    pertanyaannya : apa arus yang dihasilkan kurang kuat??
    pas dites pake multi tester hasilnya baik 12,1 volt…..

    sebelumnya trimakasih atas bantuannya ya mas……

  61. saya lagi bingung ni mas mau bikin TA apa,klo ada saran,ide atau masukan tolonh kirim k email saya mas.oia skalian jg layout pcb’y ya mas.
    terima kasih….

  62. mas aq bru bljr merakit…mgkin ini proyek pertama yg bisa di praktekan…trims bermanfaat skali..
    bisa dikirim ke emailku kan?…….skali lagi trima kasih..

  63. mas…sya juga minta file layoutnya dikrim ke email yah mas…sama rangkaian di PCB dan komponennya yah mas..terima kasih sebelumnya yah mas,,,

  64. Gan… ane juga mau layout, skematic & komponen2nya … butuh banget buat project sekolah….
    thanks before. Ditunggu bantuannya…. hehe…..

  65. Mas…..minta layout gambar diatas dunk….

    kemaren aq udh buat adaptor 5 volt DC tetapi untuk rangkaian berikutnya disambungkan ke laserdiode(yg biasa dibuat untuk pointer presentasi) yg katanya yg jual memiliki tegangan maksimal kurang lebih 3 volt DC.Untuk itu kira2 perlu ditambahkan rangkaian apa utk menurunkan tegangan dari 5 ke 3 volt DC????

  66. tolong kirimin layout nya dan juga nama komponen-komponen nya.dan juga minta layoutnya bikin robot sederhana.line flower.trimakasih bangat sebelumnya.

  67. kebetulan aq lg mau buat adaptor output 12v dan 5v ..apalagi yg 5v ga ada trafo yg outputnya 5v…wadoh mas bantu sekali..kirimin dong mas lay out nya…berharap mode on….ty be4

  68. Septian, Ghild, s/d Pungki:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing. Mohon maaf jika ada keterlambatan respon.

    Selamat belajar! :D

  69. Pak atau Mas….?

    mau tanya nih………..?

    aq mau buat adaptor tp menggunkan Aki Motor kira2 12 volt, truz?
    tp aku beli di toko elektro dapat transfo yang ukuranya 30 volt, padahal aku buat rangkian speaker akif tp menggunakan USB player MP3.

    pertanyaan ku?

    # apa pengaruh trafo yang aku beli itu?
    # apa ada Pak/Mas punya rangkian Speaker Aktif untuk ukuran USB player MP# itu?
    tolong aku di kasih tau?
    # Makasih? mau saya gunakan untuk tugas aku?

    1. Ngut2:
      Untuk memainkan USB MP3 Player menggunakan aki 12V, Mas tidak memerlukan trafo. Yang Mas perlukan adalah konverter dari DC 12V ke level tegangan yang diperlukan, misalnya 5V atau 3.3V. Selain itu, Mas juga harus mengetahui besarnya arus yang dibutuhkan oleh MP3 Player tersebut.

      Jika ada yang bisa saya bantu silakan langsung menghubungi saya.

      Selamat belajar! :D

  70. om, saya juga minta layoutnya dong.oya sekalian mau tanya, bagaimana cara memberbesar output arus charger hp ?saya sudah modif charger hp soner untuk hp ipaq tapi tidak bisa ngisi batre, padahal indikator “charging”.
    thanks before.

  71. Assalamualaikum… mas Candra, Setelaaah menyimak artikelnya mas, aku jadi tertarik maau mencoba, minta tolong kirimkan PCB laayoutnyaa mas.

    terima kassih banyak mas, semogaa Allah SWT memberi kelimpaahan rezeki dan keselamatn bagi keluaargaa mas. Amin

    wassalam

  72. Selamat pagi Mas Chandra’
    rangkaiannya keren bgt Mas’ minta tolong dikirimkan filex Mas’ saya mau coba buat sendiri Mas’ Terima kasih sebelumnya Mas’

  73. adi, akmal, Zha, …, haidewa:
    File layout PCB telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  74. Halo saya Benny dari jakarta.
    Masih bingung nih tentang electronika. mau mencoba merakit adaptor yg input 220vac dan keluarannya 12vdc 1Ampere.
    bisa di bantu mas ??

  75. Lutfi, Benny, …, Yadi:
    File layout telah saya kirim ke alamat email masing-masing. Mohon maaf jika ada keterlambatan respon. Semoga bermanfaat.

    Selamat belajar! :D

  76. minta saran nh! klo buat ampere yang lebih besar rangkaiannya bagaimana mas? apa ada yang dirubah rangkaiannx? sekalian minta lay outnx yang diatas ya…. hehe..

  77. tanya dong, saya punya adaptor bekas nb 18,5 v (nb nya dah rusak) lalu saya punya mainan anak tapi 12v…..dapatkah adaptor 18,5v tersebut saya pasang dengan mainan yang 12v ???

    apa akibatnya pada adaptor dan mainan tersebut. terima kasih

    dapatkah mas buatin rangkaian untuk adaptor output 12v dgn amper >= 5A dengan input watt kecil.

    harap dikirimkan ke alamat email saya yaaaaa. thx

    topan
    topan1@gmail.com, topan@indolife.biz

  78. ass.
    wah Anda baik budi sekali mau membagikan ilmunya, gratis lagi
    Mas rangkaian sudah saya coba dan bekerja dengan baik…

    Mas Chandra, mau nanya nih
    1. kenapa Cin & Cout harus pasangan 470uF dan 100nF
    bagaimana menentukan nilai kapasitornya (perhitungannya)?
    2. bagaimana menentukan nilai R yang diseri dengan LED?
    3. apakah dioda yang dipasang bisa diganti 1N4002 atau 1N4004, apa dampaknya?

    mohon pencerahannya, dan ditunggu jawabannya
    terima kasih.

  79. mas saya minta layoutnya yah… basgus bgt isi blog ini banyak informasinya… kirim ke email aku yah.. trimakasih :D

  80. kebetulan nih mas, saya mau buat adaptor 12V & 5V buat hard disk, nah yang sya masih bingung, gimana cara buat rangkaian adaptor dengan riple yang sangat kecil atau klo bisa sampe ngga da riple yang di hasilkan, soalnya hard disk bisa rusak klo terlalu besar riplenya, terima kasih sebelumnya…

  81. mas, maaf ni mengganggu…tapi saya butuh sangat…btw rangkaian ini apakah mampu untuk dibebani dengan beban relai 12 vdc sebanyak 5bh dan juga solenoid valve 12 vdc sebanyak 5 buah juga??? takutnya malah jebol lagi…help mas??

  82. mas minta tolong, mw bikin dc regulator, sumbernya 12 volt dc, d turunkan jadi 5 volt, rencananya mw di aplikasikan d mobil, buat p.suplynya TV mobil, kmren uda ciba bikin, tp kalo d pake lama, /uda panas, punya efek samping d tvnya, tampilannya jadi ndak jelas, warna tvnya jadi pudar dan g jelas gtu . .

  83. mas saya minta dikirimin layoutnya jg mas,, saya udah bikin pake contoh punya mas tp masi blum bisa untuk yg 12 voltnya….

    tolong di kirim ya mas, saya butuh untuk suply alat skripsi saya mas…
    trimakasih..
    alam email vicko_sagi@yahoo.com

  84. masss akuu minta tolong,tolong kirimkan yua file layout rangkaian catu daya +-5volttt dan +-12 voltt…terima kasihh,,,ditungguuu!!!!!!!!

  85. mas aq mau tanya apakah satu ranggkaian catu daya bsa digunakan untuk menginput 4 rangkaian, tolong beritahu informasi secepatnya saya sangat butuh penjelasannya, saya jg mau layoutnya ya mas, terimakasih.

  86. Rangkaianya sederhana tapi buat anak2 pemula mungkin bisa ya ! tolong kalo bisa kirim layout PCB biar bisa langsung di etching ama murid saya

  87. bisa dikirim ke email sya ms layuotnya..?? thanks..
    sxlian mw tnya ms, klo kta menginginkan output dari misal regulator 7805 lbh bsar dr 5 v, 5,..V cranya bgmn y..? apkh ada kmponen tmbhannya?? trimkash..
    sy tnggu layuot dn solusinya ms,, :-)

  88. maaf mas mengangu sblum, mas bole sya minta lay outnya juga, tapi kalu ic7812 sya ganti dgn 7815 n 7915, apa perlu perubahan komponen lainnya lagi ? soalnya saya butu +15vdc dan -15vdc

  89. mas ganggu ni,. klo untuk tegangan dc,. yang berpengaruh saat beban ditambah arus apa tegangan,.? misalnya seandainya inputnya 5V, dibebani beban semisalkan lampu led yang dipasang contoh 10 buah,. gimana nyala lampu led tersebut,.?
    layout nya jg boleh tuch,.
    thanks,.

  90. ini artikel yg lagi sy cari, mas saya mau rakit rangkaian diatas, tapi arus yg saya perlukan pada masing2 out put 12V dan 5V adalah 2A, berapa Ampere trafo yg saya perlukan, dan trafo yg jenis CT atau NOL. tolong di email aja ya mas, takulnya lupa buka blog anda lagi. tolong sekalian file pdfnya juga mas.
    sekian makasih banyak n succes selalu, amin.

  91. mas,, saya minta file lay out pcb nya ya +komponen-komponen yang dibutuhkan sekalian penjelasannya.. maklum baru belajar.kirim ke E-mail ku ya mas thanks

  92. Mas kayaknya menarik nih bikin adaptor sendiri
    Saya tertarik mas, tolong kirimin gambar layoutnya ya ke email saya
    Terimakasih

  93. nah ini dia yg ane cari2 power supply DC 5V dan 12V dalam 1 PCB
    mas ane juga minta donk file PCB power supplynya. Thanks……………..!

  94. Kirimin layout PCBnya dong mas.. Tapi saya masih bingung dengan kabel yang terhubung dengan Trafo ama boardnya mas.. Mohon pencerahannya..

  95. pak tolong kirim filenya !!

    mo tanya klo kapasitor saya ganti yang tadinya 470uf/25 volt diganti sama 2200uf/16 volt bisa gak ??

    untuk trafo saya ganti pake 1A yg biasa bkan CT bsa pak ??

  96. kalo keluarannya 12 sama 3 volt gimana ya mas ?
    minta pencerahannya . . .
    tolong dikirim ke email saya layout nya . . . .

  97. Pa bisa minta layout pcb-nya.
    Kalo untuk pemasangan trafonya bagaimana pa? Kalo di gambar kan nempel dengan papan hitam. itu bahannya khusus ato bagaimana pa? Maklum pa masih newbie

    Terima kasihatas bantuannya.

  98. mas, bagi dong skematiknya dalam format protel atau EAGLE n PDF nya…..
    hehehe, maaf klw kebanyakan minta mas….

    kirim ke email :
    adrilbarinursalam@yahoo.co.id

    terima kasih, dan maaf ngerepotin mas ^_^
    moga jadi berkah and sehat selalu buat mas nya….amin ^_^

  99. Mas Chandra .. saya uchie juga tertarik dengan rangkaian power supply nya … boleh minta dikirm kan juga lay-out nya?

    terima kasih sebelumnya …

    wassalam uchie

  100. mantap mas candra, hehe… sudah saya coba untuk kipas 12v, jari manis saya masuk 2 kali, kuku saya lobang tapi putaran tetap lancar jaya… sippp sipp… coba yang lain mas,,, rangkain mungil2 tapi yang handal ya :-D

  101. Assalamualaikum,
    Saya mau tanya kalo untuk power supply dengan arus sampai 2A perlu diganti atau ditambah apa?
    IC regulator yang di rangkaian bapak itu kan maks 1A.
    Saya mo buat rangkaian untuk memutar motor stepper, nah di body motor steppernya ada tulisan DC 2,46V 1,8A, jadi arus yang diperlukan kan melebihi 1A.
    Mo tanya sekalian kalo motor itu mau saya kontrol pake AT89S51, driver arusnya bisa ga pake driver relay yang pernah bapak tulis (pake TIP 31), kalau ga bisa, pake transistor apa ya?
    Mohon bales ke email saya saja.
    Terimakasih sebelumnya.

  102. kebetulan banget nih lagi cari-cari contohnya dapet disini, kalo berkenan saya mau minta layout pcb nya. terima kasih sebelumnya

  103. assalamualaykum mas saya sangat antusias membuat catu daya ini dan saya hanya ingin membuat catu daya dengan Output DC 12v bisakah dikirimkan skematik rangkaian dan file PCB layout yang Catu daya 12v , penting nih mas buat proyek hehe :D
    email : rizalrx99@yahoo.co.id

  104. mas saya mau tanya ne.,.,,
    saya membuat rangkaian sprti d atas.,.,.,
    itu d aplikasikan k mikon pintu otomatis menngunakan kunci solenoid key.,.,
    rangkaian membutuhkn 5vdc sdgkan solenoid 12vdc.,.,.
    pertanyaan’a knapa saat solenoid terhubung atau ON qo mikon’a mereset sendiri.,.,.
    apakah dalam trafo hanya satu mempengaruhi?
    apakah harus d pasang 2 trafo?untuk solenoid satu n rangkaian mikon satu?
    trafo 2A.,.,.
    solenoid 1A.,.,.
    maf ne banyak tanya.,.,.
    masalah’a urgent.,.,.
    makasih banyak.,.,.

    1. Ketika beban menarik arus, sangat boleh jadi catudaya menjadi drop sehingga tegangannya turun sesaat, inilah yang menyebabkan mikrokontroler masuk pada kondisi reset. Solusinya, buatlah catudaya dengan kapasitas arus yang lebih besar dengan menambahkan rangkaian penguat arus.
      Semoga bermanfaat.

  105. tanya dong mas, kalo adaptor outputnya 5A/2A di pakai untuk ngisi battere input 5A/800mA ngerusak batere gak ya? pengaruhnya gimana,… thanks… sebelumnya….

  106. asalamualaikum…
    mas saya tertarik untuk membuat power supply ini, mohon dikirim lay out pcb nya, terima kasih sebelumnya…

  107. mas saya minta dong layout pcb power supply 5 dan 12 volt, kirim ke email saya secepatnya ya, saya tunggu untuk membuat proyek Tugas Akhir. minta tolong untuk output 5 dan 12 vdc jangan cuma satu-satu. tapi ada lebih dari satu. misal yang output 5vdc ada 3 atau 4 buah begitu juga output vdc yang 12vdc ada 3 atau 4 buah. mohon bantuannya. terima kasih. hatur nuhun.

  108. Pagi mas, saya awam sekali dengan elektronika, kalau saya butuh penurun tegangan dari 24V DC ke 12V DC, dan keluaran sekitar 3 Ampere, bisa bantu mas ?
    Terima kasih

  109. mas saya membuat rangkaian tersebut diatas dengan benar sesuai dengan gambar dan saya peruntukkan/ saya pakai untu memberi catu daya pada hardisk kok tidak bisa bekerja dengan baik / hardisk tidak bisa terbaca komputer. tolong nasihatnya? semoga amal ilmu mas dapat balasan disisiNya

    1. Rangkaian ini memiliki kapasitas arus maksimal 1A. Coba saja diukur tegangannya ketika catudaya diberi beban hard-disk. Kalau drop, maka kapasitas catudaya tidak mencukupi untuk menyuplai hard-disk, gunakan catudaya dengan kapasitas yang lebih besar. Demikian, semoga bisa sedikit membantu.

  110. gini mas. saya memakai trafo 2 A. dan pada waktu di masukkan ke hard-disk tegangan tersebut normal/ 5V dan 12V dan hars-disk itu kondisinya baik/normal. pada hard-disk itu terasa bergetar dan di pastikan hard-disk itu aktif tetapi di komputer tidak terbaca. coneksi kabel semua kondisi baik. apabila catu daya di ganti dengan beli dari toko hars-disk terbaca di komputer.

    1. Meskipun trafonya 2A, tetapi kemampuan 78xx hanya 1A maksimal. Coba pastikan referensi tegangannya sama (GND Catudaya terhubung dengan baik dengan GND komputer). Dan coba diukur tegangan output catudaya 5V dan 12V ketika harddisk aktif, jangan-jangan nge-drop? Satu hal lagi, spesifikasi catudaya dari toko bagaimana? Berapa ampere?

  111. mas tolong saya, saya kurang paham keluaran dari trafo msuk kemana, terus disambungin kemana gitu mas, soalnya saya lihat diphoto mas yag diatas kabelya banyak, mhon bantuannya mas, terima kasih :D

      1. tapi yang tap 12V dan 9V lubang konektornya ada dua mas, saya bingung itu digabungin jad satu apa yang satu lagi dimasukin ke ground gitu mas, terima kasih :)

  112. begitu ya mas, kalo boleh tau Trafo CT yang berapa ampre ya mas yang harus saya beli, dan berapa volt tegangan keluaran maksimalnya, terima kasih sekali lagi mas :)

  113. mas saya boleh minta filenya ga nih mas???kebetulan tugas akhir saya butuh catu daya karena saya menggunakan mikro dan motor dc 12 vDC….kalo ada pdf dengan protrel/proteusnya ya mas???ini email saya endri_handrian@ymail.com
    terima kasih mas sebelumnya

  114. maaf bangat mas,bsa tlongin di kirimin ke email ja gak mas layout nya ? saya gk pandai download nya mas,dah di coba.tolongin donk mas,buat TA saya mas.mksi bnyak

  115. Mas maaf saya mau nanya nih
    Saya mau bikin catu daya 12 v dengan trafo 500mA dari arus ac
    Boleh gak dikirimin layoutnya sama komponen2nya, soalnya saya lupa lagi nama2nya

    1. Kalau DC murni hanya dihasilkan oleh sumber DC murni seperti batere dan aki.
      Rectifier selalu menghasilkan riple AC. Penggunaan filter catudaya bisa mengurangi riple tersebut.

  116. rafly :
    Ternyata rangkaian diatas + penguat arus ga bisa buat power suplynya hardisk eksternal,ga tau kenapa hardisk kuk tetep diam,Tapi pas ane colokin ke PSnya PC hardisk mau kerja hehehe.. pusing
    Dan udah ane coba pake trafonya dari yang 1-3 ampere masih tetep ga mau kerja. Spesifikasi hardisknya untuk +5 Volt = 0,46 Ampere / +12 Volt = 0,56 Ampere.
    Mungkin mas ada solusi, atau sedikit pencerahan ?
    thanks..

    galau ya gan?dunia ini emang aneh gan hehehehehe

  117. saya ada tugass buat power supply (catu daya ) dengan keluaran 5 dan 12 volt , it bagaiman dan saya minta layout + daftar komponen plisss mkasih

  118. assalamu’alaikum…
    mas bro mw tnya, gmna cra’y bkin gmbar layout rangkaian. klo tw share mass bro…
    mkasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s