NEO STARDUINO – Minimum System ATmega8 Yang Kompatibel Dengan Arduino


NEO STARDUINO NEO STARDUINO adalah versi terbaru dari board mikrokontroler STARDUINO. Setelah kurang lebih dua tahun menjadi salah satu produk unggulan kami, kini STARDUINO telah kami perbarui menjadi NEO STARDUINO dengan beberapa perbaikan.

Beberapa perbaikan tersebut adalah perbaikan layout PCB, penyesuaian beberapa komponen pasif, penambahan rangkaian reset yang lebih baik dan perbaikan setting fusebit ATmega8 sehingga performa NEO STARDUINO menjadi lebih handal. Dari hasil pengujian dan penggunaan board NEO STARDUINO pada beberapa project, board NEO STARDUINO belum pernah mengalami gagal uploading, gagal running ataupun hang.  Alhamdulillaah… :)

Spesifikasi NEO STARDUINO

  1. Berbasis mikrokontroler AVR ATmega8
  2. Bootloader Arduino
  3. Memiliki 13 pin Digital I/O
  4. Memiliki 6 pin Analog Input (ADC)
  5. Memiliki 5 pasang port 5V-GND
  6. Memiliki LED Indicator Power On
  7. Memiliki LED Indicator TX dan RX
  8. Memiliki LED pada Pin 13
  9. DC Input 9-15V
  10. Koneksi serial DB9 Male (siap untuk modem serial)
  11. BOD Enabled (performa lebih mantap)
  12. Dilengkapi kabel data serial DB9 Female-to-Female
  13. Dilengkapi CD Arduino 1.0.5 dan contoh program

Cocok Untuk Pemula

starduinolcdNEO STARDUINO cocok digunakan oleh pemula yang ingin belajar pemrograman dan pengembangan sistem berbasis mikrokontroler ATMEL AVR, khususnya ATmega8. Dengan bootloader Arduino yang ditanamkan pada mikrokontroler, kita tidak membutuhkan programmer khusus untuk memasukkan program ke dalam memori mikrokontroler karena program dapat di upload langsung dari komputer melalui port serial atau port USB dengan tambahan kabel USB-to-RS232.

Dengan menggunakan IDE Arduino yang telah dilengkapi dengan framework dan library siap-pakai, maka pembuatan program mikrokontroler menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Dengan Arduino seorang programmer dapat membuat program kontrol tanpa harus memahami arsitektur mikrokontroler secara detil.

Up and Running

Memulai bereksperimen dengan NEO STARDUINO sangatlah mudah. Hal-hal yang harus disiapkan adalah:

  1. Board NEO STARDUINO
  2. Kabel data serial DB9 Female-to-Female
  3. Kabel USB-to-RS232 jika menggunakan port USB
  4. Catudaya DC 9-12V
  5. Software Arduino

Setelah semuanya siap, hubungkan NEO STARDUINO dengan komputer menggunakan kabel data serial, aktifkan catudaya dan jalankan software Arduino.

Pertama-tama pilih Board yang sesuai seperti tampilan screenshot berikut ini. NEO STARDUINO menggunakan ATmega8, jadi pilih Arduino NG or older w/ ATmega8.

arduino1

Selanjutnya tentukan port serial pada komputer yang digunakan untuk berkomunikasi dengan board NEO STARDUINO. Jika menggunakan komputer atau laptop yang dilengkapi port serial DB9, maka biasanya port yang digunakan adalah COM1 atau COM2. Pada komputer yang saya gunakan memiliki 1 buah port serial DB9 dengan nama COM1.

arduino2

Atau jika menggunakan port USB dengan tambahan kabel konverter USB-to-RS232, maka pilihlah port serial virtual yang sesuai. Nama port yang sesuai dapat dilihat pada Device Manager.

arduino3

Setelah Board dan Serial Port diset dengan benar, langkah selanjutnya adalah mengedit program. Kita akan membuat sebuah program yang memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. menyalakan lampu LED pada pin 13  dengan interval 500ms
  2. mengirimkan data ke port serial
  3. menampilkan tulisan dan status LED pin 13 pada LCD 16×2.

Berikut ini adalah kode programnya yang dapat di-copy dan di-paste langsung ke IDE Arduino dan siap dikompilasi dan di upload ke board NEO STARDUINO.

#include <LiquidCrystal.h>

//deklarasi object lcd dan konfigurasi pinnya
LiquidCrystal lcd(7,6,5,8,9,10,11);

void setup() {                
  pinMode(13, OUTPUT);     
  Serial.begin(9600);
  Serial.println("");
  Serial.println("Starduino Board");
  Serial.println("Teknik Elektro Links");
  lcd.begin(16, 2);
  lcd.print("Starduino Test");
  lcd.setCursor(0, 1); lcd.print("LED is");
}

void loop() {
  digitalWrite(13, HIGH);  // LED on
  Serial.println("LED is ON");
  lcd.setCursor(6, 1); lcd.print(" ON ");
  delay(500);              // delay 500ms
  digitalWrite(13, LOW);   // LED off
  Serial.println("LED is OFF");
  lcd.setCursor(6, 1); lcd.print(" OFF");
  delay(500);              // delay 500ms
}

Setelah sketch selesai ditulis pada editor IDE Arduino, program dapat dikompilasi dan di upload ke mikrokontroler dengan memilih tombol shortcut Upload atau menekan kombinasi tombol keyboard Ctrl+U

arduino4

Jika proses kompilasi dan upload lancar, maka akan ditampilkan pesan Done uploading seperti pada screenshot di atas.

Selanjutnya, buka dialog Serial Monitor dengan memilih tombol shortcut Serial Monitor atau menekan kombinasi tombol pada kyboard Ctrl-Shift-M. Lalu tunggu kira-kira 7-10 detik sebelum program dalam mikrokontroler dijalankan.

Hasilnya akan ditampilkan tulisan dan status LED pin 13 pada layar LCD 16×2 dan dialog Serial Monitor akan menerima data dari mikrokontroler dan menampilkannya di layar seperti berikut ini.

arduino5

Sangat mudah, bukan? Namun demikian, tentunya kita harus menguasai setidaknya dasar-dasar pemrograman C untuk bisa menyusun program menggunakan IDE Arduino.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar board NEO STARDUINO silakan mengirim pertanyaan melalui email ke info@teknikelektrolinks.com. Untuk informasi harga dan pemesanan silakan mengunjungi situs kami di http://teknikelektrolinks.com.

Selamat belajar dan selamat berkarya!

:D

133 thoughts on “NEO STARDUINO – Minimum System ATmega8 Yang Kompatibel Dengan Arduino”

    1. Jimmy:
      File layout PCB Starduino telah saya kirim ke alamat email Anda. Maaf kalau terlambat karena komentar Anda masuk Kotak Spam. :)

      Selamat mencoba! :D

  1. Soga, Balthazar:
    File layout PCB Starduino telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  2. mas chandra saya berminat juga dengan layout pcb nya, tapi juga mau tanya.
    1. jadi downloadnya lewat serial ya
    2. trus bootloadernya itu didownload juga atau memang harus pake uc yang khusus
    terima kasih sebelumnya

    1. 1. Iya.
      2. Bootloader bisa kita tulis sendiri ke dalam mikrokontroler atau beli mikrokontroler yang telah terisi bootloader.

      Thanks. :D

  3. salam kenal. saya baru belajar arduino ini mas, cuma sebagai hobiist karena background saya bukan mikrokontroler :-) kalo tau arduino bisa dibuat sendiri, saya lebih milih membuatnya. begitu kenal arduino langsung order online sih, ga taunya ada posting ini :-(

    terus berkarya mas!

  4. Nugroho, Hafif, Samsul, Bayu:
    File layout Starduino telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing.

    Selamat mencoba! :D

  5. Assalamualaikum. Mas, saya msh pemula. pada rangkaian tersebut kristal 16 Mhz apakah bisa diganti dengan 11 Mhz? saya memiliki IC mikro jenis ATmega 8L-8PU, apakah bisa digunakan untuk membuat starduino dengan kristal 16 Mhz?sedangkan pada specnya tertulis “Maximum Clock Frequency: 8 MHz’
    terima kasih

    1. Wa’alaikumsalaam. Jika menggunakan bootloader Arduino ATmega8, maka harus menggunakan kristal 16MHz, oleh karenanya ATmega8L tidak bisa digunakan dengan bootloader tersebut.

      Jika ingin menggunakan frekuensi 8MHz (internal), maka harus digunakan bootloader untuk ATmega8 dengan frekuensi 8MHz.

      Demikian, Mas Bayu. :D

  6. mas minta juaga filenya,,, kalo make atmega8535 giman mas?? maunya saya pake 2 input sensor suhu ma tekanan.. jadi maunya tampilan hasil pengukurannya,,, trus bisa ditampilin ke PC/leptop,,, gimana tuh mas?? trims

    1. Salam kenal juga. File telah saya kirim ke alamat email Anda. Mohon maaf atas keterlambatan dalam membalas. Selamat mencoba! :D

  7. mas boleh tau ga kira2 harga perakitannya ngabisin sekitar berapa, sama saya baru coba2 belom pernah ngerakit perangkat microcontroller jadi kasih tips donk (klo misalnya udah pernah dibahas kasih tau linknya yaaa) plus ini bisa dipaduin sama lm35 zelio therm sensor yg dibahas kemaren, en boleh ga minta contoh programnya mas hehe masih novice nih blom tau apa2

    1. Benar Mas Dody. Starduino sangat cocok untuk belajar mikrokontroler AVR. Mudah dibuat dan tentu saja lebih murah. File layout siap cetak telah saya kirim ke alamat email Mas Dody.

      Selamat mencoba! :D

  8. Thank atas informasinya pak… boleh minta kirim file schematik siap cetaknya… sama file schematik bootloader siap cetaknya, trus gmna settingan fuse bitnya… teman saya kemaren nyobain ga bisa… terima kasih.

    1. Sama-sama. File layout telah saya kirim ke alamat email Anda. Untuk teknis penanaman program bootloader untuk sementara belajar sendiri dulu yah… Selamat mencoba! :D

    1. Oke, file telah saya kirim ke alamat email Anda. Beli komponennya dan buat Starduino-nya, nanti pasti tahu deh habisnya berapa. Selamat mencoba! :D

    1. File layout telah saya kirim ke alamat email Anda. File bootloader dapat ditemukan di paket software Arduino. Selamat mencoba! :D

  9. Ass.wr.wb
    Mas aku mau mnt tlg,…..blh g ak belajar bareng …dan aku mnt tlg kirimin buat bikin microcontroller,..kebetuln aku c0ondongnya ke programan vb.6.0….mau kah akang menuntun aku untuk belajar……sbg bahan untuk aku persiapan skripsi…
    siapapun tlh aku,…….tlg kirimin dan tuntun aku untuk belajar,…..
    E-mail : vr_rudi25@yahoo.co.id

    1. Wa’alaikumsalaam, Mas Rudi. Maaf kalau membalasnya agak terlambat. Kalau pengen belajar bareng sering-sering aja mampir kesini. :D

      Btw, file telah saya kirim ke alamat email Anda.

      Selamat mencoba! :D

  10. emmmhhh…….. perlu belajar starduino nie,,, itung2 nambah hobbi mechatronicq…
    tolong kirim skematicnya yach kang….

    oh y, klo seandainya starduino djadikan trinner pembelajaran oke juga kayaknya…..

  11. mksh udh dbls…lau rudi mah..rudi pngn neget bikin alat deteksi suhu….rudi baca kan di situ ada…tutorialnya(Di Situs Yang memuat tutorialn deteksi suhu)..cm aku bingung ardiuno y aku harus beli ardiuno yang mana….kan ardiuno ntu banyak y kang….dalam pikiran saya …..kan ada pendeteksi suhu….lau aku gabungin dengan pencetak( menulis ke lcd)….jadi dalam pikirqan saya..( akan tercipta sebuah alat pendeteksi alarem gas) karena aku terinspirasi lht masyarakat(desa saya)banyak yang meledak gas y karena ketik tahuan(kurangya) sosialisasi pemerintah ke masyarakat. terlalu tinggi ya kang…ke inginan saya ini….mksh y kang…udh bales

  12. broo bok aku di ajarin buat sensor gituan ane loh gaptek tentang persensoran apakah perangkat ini bisa dikolaburasikan dengan networking

    mohon pencerahanya usahain bahasa indonesia karena aku cinta indonesia

    jujur che aku gak lulus ujian akir bahasa inggris hhhh

    kirim ke rekob@yahoo.co.id yaa makasiii

  13. Assalamualaikum, Mas,
    Alhamdulillah, akhirnya search sana sini ketemu juga dengan ini blog. Memang, kalau basic elektronika seperti saya malas untuk membeli tool yang siap jadi, seperti Arduino UNO, saya takut kalau masalah ya musti beli 1 set lagi :), jujur saja saya pemula di bidang microcontrolling, dan mulai tertarik. Untuk beli langsung jadi termasuk mahal mendingan rakit sendiri.

    Btw. Mas, boleh minta scema layout dan pcb, mohon di email ke a3pelawi@yahoo.com.
    Thanx.

  14. Jajank, Ambar, dkk
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing. Maaf jika ada keterlambatan respon.

    Selamat belajar! :D

      1. Kalo Boleh Saya jawab nih…..anda mesti buat sedikit rangkaian lagi dengan 2 TR….klik saja diatas halaman ini link nya RS232-to-TTL nanti disana juga ada software nya. Hanya masih bentuk schema akan tetapi sudah dijelaskan cara connect nya.

        Dan Terima Kasih Saya sudah terima file PCB nya.

        Salam

      1. Sabar Mas Agus……yang punya blom OL….pasti dikirim kok…..saya sudah dapet….he he he……….

  15. Wow, sangat membantu pak, kalau master boardnya bisa kita buat dengan lebih murah, berarti tinggal mencari shell yang kita inginkan..superb pak..mohon dikirimkan file pcbnya pak..untuk saya cetak..terima kasih pak.

  16. Yuanirawan, Mels, Agus2, Artha, dan HDPlus:
    File telah saya kirim ke alamat email Anda masing-masing. Mohon maaf jika ada keterlambatan respon.

    Selamat mencoba! :D

  17. Mas Chandra, salam kenal. Saya tertraik untuk mencoba starduino.
    Tapi yang masih saya bingung adalah apa yang disebut bootloader dan downloader, lalu pada starduino ini bagaimana cara mengupload program. Saya sudah download program arduino v 21. Ada link Tools -> burn bootloader, saya harus pilih yang mana ?

    Mohon juga dikirim file PCB untuk Starduino juga Rs232-TTL nya trims.

  18. Mas bisa minta file layoutnya, untuk Starduino dan RS232-TTL. ke wah_gomis@yahoo.com
    Oya mas, kalo starduiono ini apke chip yang atmel328 bagaimana? Sama dengan yang atmega8?
    Maaf saya baru dalam mikrokontroller, belum tau apa itu bootloader dan downloader, bagaimana cara penggunaannya dalam arduio,

    Trmis.

  19. mantap bangat bos tapi dimana ya saya bisa beli komponent nya cos saya di kuala kapuas ngga ada tuh ic microcontrol yg jual disini salam kenal bos

  20. Salam kenal mas….. saya newbie mc nich mas…..
    saya juga mau dikirimi filenya mas……

    Thank’s B 4 mas…. kerren bngeds dech konten blognya mas

  21. mas saya tertarik untuk membuat arduino,
    klo menggunakan usb to serial pl2003 apakah masih diperlukan rangkain converternya?
    trimakasih mas

  22. askum.wr.wb, mas bisa minta dikirim file layout starduinonya via email kalo boleh dengan konverternya mas ? makasih sebelumnya. Semoga jadi ladang amal , Amin. wass

  23. Salam kenal mas,

    Web yang cukup bagus untuk belajar dan dengan ini saya bisa minta Schematicsnya rangkaian Arduino Atmega8 ini?

    Sebelumnya terima kasih

  24. starduino yang dikirim ke jember sip, untuk belajar memang cocok. mas chan foto kopyan yg dua tuk rangkaian apa ? mana reverensinya katanya mau di emailkan

  25. mas bisa minta layout dan schematic dari minimum system starduino.mau coba main2 nih kelihatannya menarik untuk di coba

  26. ass… mas sy mau coba bikin starduino 1.0 dan sudah memiliki bahan2nya,yg sy mau tanyakan,pertama kali memrogramnya gmn? pakai software apa? bisakah sy minta software dan tutorialnya? ini akan sy coba aplikasikan untuk bikin led matrix.
    matur suwun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s