Aplikasi Magnetic Pulser Untuk Sensor Putaran


Gambar disamping ini adalah Magnetic Pulser untuk sepeda motor Honda Grand. Dari berbagai model pulser untuk berbagai tipe sepeda motor, pulser untuk Honda Grand inilah yang memiliki bentuk dan mounting paling mudah untuk digunakan sebagai sensor putaran.

Prinsip kerja dari pulser ini adalah jika terdapat massa dari bahan feromagnetik bergerak mendekati sensor, maka pulser akan membangkitkan arus listrik. Semakin besar massa dan semakin dekat jarak benda ke sensing-area sensor, maka semakin besar pula arus listrik yang dihasilkannya. Dengan prinsip kerja pulser yang demikian, maka kita bisa memanfaatkannya sebagai sensor putaran.

Contoh aplikasi yang pernah saya buat adalah sebagai sensor putaran exhaust-fan pada sistem alarm menggunakan modul GPS Vehicle Tracker pada truk container. Untuk mengetahui apakah exhaust-fan berputar dengan baik atau tidak, atau bahkan mati, maka digunakanlah pulser untuk mendeteksi putaran baling-baling exhaust-fan. Dengan mengukur lebar pulsa yang dihasilkan oleh pulser, maka kita dapat mendeteksi apakah exhaust-fan berputar dengan baik atau tidak.

Berikut adalah foto modul sensor menggunakan mikrokontroler ATtiny2313.

Pulsa arus yang dibangkitkan oleh pulser ditangkap oleh rangkaian sensor dan diubah menjadi pulsa digital. Pulsa digital ini selanjutnya dibaca oleh mikrokontroler untuk dideteksi apakah exhaust-fan yang bersangkutan dalam kondisi baik ataukah tidak. Exhaust-fan dikatakan berputar dengan baik jika kecepatan putarannya masuk dalam toleransinya. Jika putaran lemah atau tidak ada pulsa sama sekali, maka exhaust-fan yang bersangkutan dinyatakan error.

Dari pengujian yang telah dilakukan, alhamdulillah modul berfungsi dengan baik. Jika Anda membutuhkan sensor putaran yang relatif murah dengan kualitas yang cukup baik, maka pulser magnetik sepeda motor bisa menjadi salah satu alternatif solusi buat Anda.

Selamat berkarya!

😀

5 comments

  1. Tius · Maret 19, 2011

    Mas Chandra, sistem GPS nya menggunakan modul GPS jenis apa? Apakah menggunakan modul GPRS/GSM juga? Ditunggu artikel tentang GPS nya. Thanks.

    • chandramde · Maret 20, 2011

      Halo, Mas Tius. Benar, modul GPS yang dilengkapi dengan modul GSM untuk berkomunikasi dengan mobile device melalui SMS.

      Salam😀

  2. yani · Mei 1, 2011

    Pak , apakah sensor putaran dapat digunakan untuk sensor frekuensi pada genearator ac 50 hz.

  3. Kholil · September 10, 2012

    Salam kenal,trim ilmunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s