Disiplinkan Waktu Karyawan Dengan Bel Otomatis Berbasis Zelio


telinks_belpabrikzelio_300x200-horz

Bel Pabrik Sebagai Alat Manajemen Waktu Yang Efektif

Bel pabrik otomatis berbasis Zelio ini awalnya saya rancang atas permintaan manajemen sebuah perusahaan yang memiliki masalah yang terkait dengan kedisiplinan karyawan. Ceritanya, pihak manajemen perusahaan ini sempat ‘bersitegang’ (baca=beda pendapat) dengan karyawan-karyawannya.

Apa pasal? Pasalnya adalah perbedaan referensi jam masuk, jam istirahat, dan jam pulang.

Pihak manajemen ‘mengeluhkan’ sikap karyawan yang dianggap kurang disiplin karena seringkali meninggalkan tempat kerja sebelum bel dibunyikan. Akan tetapi pihak karyawan pun tidak mau disalahkan karena mereka merasa meninggalkan tempat tepat pada waktunya dengan berpedoman pada jam-jam yang ada dilokasi produksi. Menurut mereka, pihak manajemenlah yang seringkali terlambat dalam mengeksekusi bel.

Mungkin sepertinya sepele, namun jika tidak diberikan solusi yang tepat, maka masalah seperti ini akan menjadi polemik yang berkepanjangan. Oleh karenanya dibutuhkan suatu sistem yang dapat memaksa dan mengamankan posisi kedua belah pihak. Akhirnya dibuatlah sebuah bel pabrik otomatis yang akan membunyikan bel/sirine pada saat jam masuk, jam istirahat dan jam pulang dan melepas semua jam dinding yang ada di area produksi.

Dengan demikian, pihak manajemen tidak akan disalahkan lagi karena terlambat mengeksekusi bel, dan pihak karyawan pun akan lebih disiplin dalam meninggalkan tempat kerja karena satu-satunya patokan adalah suara bel/sirine dari sistem bel pabrik otomatis.

Dengan diterapkannya sistem bel otomatis dan meniadakan jam dinding di hangar produksi, maka disiplin waktu masuk, waktu istirahat, dan waktu pulang dapat ditingkatkan.

Panel Bel Dengan Komponen Industrial

Zelio Smart-Relay adalah produk programmable relay buatan Schneider. Produk ini kami pilih sebagai kontroler bel otomatis karena telah terbukti kinerja dan ketahanannya ketika kami gunakan sebagai kontroler mesin-mesin industri.

Ada beberapa tipe favorit kami yakni SR2B121FU dan SR3B101FU. Zelio tipe ini memiliki 8 buah clock yang masing-masing clock memiliki 4 channel yang dapat diprogram waktu ON/OFF-nya. Masing-masing channel dapat diprogram untuk hari Senin sampai dengan hari Minggu. Dengan demikian, kita bisa memprogram 32 waktu ON/OFF yang berbeda, untuk diaktifkan pada hari-hari yang diinginkan.

Untuk mendukung Zelio Smart-Relay, kami menggunakan panel standar industri kualitas baik dan komponen listrik industrial yang lain seperti MCB, kontaktor, cable duct dan terminal.

Contoh Jadwal Bel

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perancangan bel pabrik otomatis ini, maka berikut adalah contoh tabel jadwal untuk membunyikan bel.

Tabel tersebut merupakan konfigurasi CLOCK pada Zelio. H1 dan H2 didedikasikan untuk konfigurasi bel masuk, dan H3 didedikasikan untuk konfigurasi bel istirahat. Sedangkan H4 dan H5 didedikasikan untuk bel pulang.

Untuk membedakan antara bel masuk, bel istirahat, dan bel pulang, maka durasi ON ketiganya dibedakan. Bel masuk berdurasi 10 detik, bel istirahat berdurasi 6 detik, dan bel pulang berdurasi 13 detik.

Selain diaplikasikan pada pabrik, sistem ini juga dapat diaplikasikan pada perkantoran atau sekolahan dengan menyesuaikan bel/sirine. Sistem yang didukung dengan komponen-komponen industrial grade tentunya akan lebih handal dan tahan lama.

Bel Pabrik KPSBU Lembang, Bandung

bel_kpsbu

KPSBU Lembang, Bandung menginginkan durasi bel masuk/pulang selama 15 detik dan durasi bel istirahat selama 10 detik.

Masing-masing durasi dapat disesuaikan bilamana diperlukan.

Skematik Panel Bel Zelio

Berikut adalah gambar rangkaian panel bel pabrik otomatis berbasis Zelio yang telah diterapkan di perusahaan rol karet terbesar di Indonesia yang berlokasi di kawasan Karanglo, Malang, Jawa Timur.

Varian dari model di atas ditunjukkan oleh gambar berikut ini. Tipe Zelio yang digunakan adalah SR2B121FU. Model ini merupakan pesanan dari sebuah perusahaan persewaan alat-alat berat di kawasan Batu Hijau, Sumbawa, Nusa Tenggara Timur.

wiring_belpabrik_zelio

Pada model ke-2 ini, bel dapat difungsikan pada 2 mode yakni mode MANUAL atau mode AUTO. Ketika bel bekerja pada mode MANUAL, bel/sirine hanya dapat dibunyikan dengan menekan tombol BELL ON, pada mode ini Zelio tidak aktif.

Sedangkan ketika bel bekerja pada mode AUTO, maka bel/sirine akan dibunyikan secara otomatis pada waktu-waktu yang telah ditentukan oleh Zelio. Selain itu, operator juga dapat membunyikan bel/sirine secara manual dengan menekan tombol BELL ON.

Instalasi Super Mudah

Panel bel buatan kami tidak memerlukan teknisi khusus untuk instalasinya karena sangatlah mudah. Cukup dengan memasang 2 kabel sumber dari PLN (AC 220V) dan memasang kabel bel pada terminal yang telah disediakan.

terminal_bel_zelio

Tersedia 3 set terminal untuk kabel bel/sirine sehingga memudahkan pemasangan bila dibutuhkan lebih dari 1 buah bel/sirine untuk meng-cover area yang luas dan bising.

instalasi_bel_zelio2

Pemasangan kabel bel/sirine

instalasi_bel_zelio1

Pemasangan kabel sumber PLN AC 220V

Ukuran Kabel

Ukuran diameter kabel yang digunakan untuk kabel sumber PLN sekurang-kurangnya adalah 2 x 0,75mm2 – akan lebih baik jika menggunakan kabel 2 x 1,5mm2.

Untuk kabel bel bisa menggunakan kabel 0,5mm2 atau 0,75mm2.

Cara Pemesanan

Bagi Anda yang membutuhkan bel otomatis semacam ini untuk pabrik atau kantor Anda, silakan menghubungi kami dengan menginformasikan nama, alamat dan jadwal bel yang diinginkan. Kami akan segera merespon permintaan Anda.

Daftar User Bel Zelio

  • USTEGRA, Pabrik Rol Karet, Malang (4 sirine)
  • Trakindo, Sumbawa, NTT ( 2 unit untuk 2 divisi)
  • Kantor DPRD Parigi Moutong, Sulawesi (4 bel)
  • KPSBU Lembang, Bandung

Electrical Panel Making

Teknik Elektro Links juga melayani perancangan dan pembuatan panel listrik (distribusi) dan panel kontrol motor dan pompa, panel timer dan juga panel kontrol mesin (automation).

Selamat berkarya!

7 comments

  1. suratno · November 29, 2010

    di pabrik tempat kami kerja sedang cari bel pabrik. lokasi Bantar Gebang – Bekasi
    untuk type tersebut berapa harganya? bisakah instalasi sendiri jika membeli? ataukah harus teknisi yang datang untuk settingnya?
    terima kasih atas kesediaan waktunya
    salam
    Suratno

    • chandramde · Desember 3, 2010

      Suratno:
      Sistem ini mudah diimplementasikan, jadi user dapat dengan mudah melakukan instalasi sendiri sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

      Selanjutnya akan kami jawab melalui email.

      Terima kasih.😀

  2. loys · Desember 23, 2010

    apakah sudah include horn/sirene?
    untuk sirene jarak dengar bisa sampai brapa meter?
    mohon info harga beserta spesifikasi total ke email saya.

  3. Syawal · Februari 8, 2013

    keren

  4. yeni christanti · Oktober 2, 2014

    perusahaan saya lagi membutuhkan bel pabrik. apa bisa beri informasi mengenai harga untuk model seperti ini?

  5. Chandra MDE · Oktober 28, 2015

    Reblogged this on telinks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s