Instruksi ini berfungsi untuk menambah satu nilai pada operand bertipe word. Operand dalam hal ini bisa salah satu dari register IR, SR, AR, DM, HR, dan LR.

Jika kondisi eksekusi instruksi INC(38) terpenuhi, maka nilai operand akan ditambah satu tanpa mempengaruhi bit flag Carry (CY).

Instruksi ini termasuk salah satu instruksi yang dapat didiferensiasi. Jika INC(38) tidak didiferensiasi, maka selama kondisi eksekusi terpenuhi, nilai operand akan bertambah satu setiap siklusnya. Jika dibutuhkan untuk memicu instruksi INC(38) sekali saja selama kondisi eksekusi terpenuhi, maka gunakan instruksi INC(38) yang didiferensiasi atau dengan menggabungkan instruksi INC(38) dengan instruksi DIFU(13) dan DIFD(14) .

Contoh Program

inc

Ketika PLC di-running, maka DM0100 akan direset nilainya oleh instruksi MOV(21) yang kondisi eksekusinya diaktifkan sekali saja yakni pada siklus pertama. Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan bit First Cycle Flag pada alamat SR 253.15.

Selanjutnya, jika Input 000.01 ON, maka nilai DM0100 akan bertambah satu dengan aman dan tenteram. Lain halnya dengan ketika Input 000.00 ON. Ketika hal itu terjadi, maka nilai DM0100 akan bertambah lebih dari satu dengan sangat cepat. Hal ini disebabkan karena meskipun sekejap saja kita mengubah kondisi Input 000.00 dari OFF ke ON dan kemudian ke OFF lagi, PLC telah memprosesnya berulang-ulang karena siklus waktu PLC yang cepat.

Selamat belajar!