NE103-RS adalah modul kontroler suhu digital dengan output relay dan display seven-segment (R=Relay, S=Seven-segment). Sensor suhu yang digunakan adalah LM35DZ dengan range pengukuran suhu 0-100°C.

Display tersusun dari 4-digit seven-segment ukuran 0.56”. 3-digit pertama berfungsi untuk menampilkan suhu dengan format XX.X (satu angka dibelakang koma) dan 1-digit terakhir berfungsi untuk menampilkan satuan suhu derajat celcius (C).

NE103-RS dapat difungsikan pada sistem pemanas (HEATING) dan sistem pendingin (COOLING). Pengesetan mode dilakukan dengan menghubungkan/melepas jumper yang ada pada board NE103-RS.

Dengan pengalaman bertahun-tahun bekerja pada pabrik rol karet “memegang” 6 unit oven/autoclave dengan berbagai merek dan tipe kontroler suhu, maka kami sematkan 3 parameter utama kontroler suhu pada modul NE103-RS, yakni:
1. Suhu Target atau Setting Value (SV)
2. Nilai Hysteresis (HYS)
3. Nilai Faktor Koreksi (FK)

NE103-RS adalah modul kontroler suhu yang telah banyak dipakai untuk mesin penetas telur. NE103-RS terbukti handal dan mampu bekerja dengan baik selama proses pengeraman telur yang berlangsung selama 21 hari non-stop (21 x 24 jam).

Adapun beberapa aplikasi lain dari NE103-RS adalah:

  • Alarm suhu Over Heated atau Under Heated
  • Pendingin Bioreaktor
  • Pendingin otomatis pemancar

Pengesetan Parameter

NE103-RS mudah digunakan dan mudah dioperasikan. Dengan menggunakan 3 buah tombol, kita dapat dengan mudah melakukan pengaturan nilai-nilai parameter kontroler suhu.

Suhu Target (SV=Setting Value)

  1. Tekan Tombol A dan tahan, display akan menampilkan suhu target yang tersimpan di memori.
  2. Sambil tetap menekan Tombol A, tekan Tombol C untuk menaikkan nilai Suhu Target atau tekan Tombol B untuk menurunkan.
  3. Lepas Tombol A untuk mengakhiri pengesetan, display akan menampilkan Suhu Target secara berkedip.
  4. Suhu target akan disimpan dalam memori kontroler dan kontroler akan kembali ke mode kontrol.

Hysteresis (HYS)

  1. Tekan Tombol B dan tahan, display akan menampilkan nilai Hysteresis yang tersimpan dalam memori.
  2. Sambil tetap menekan Tombol B, tekan Tombol C untuk menaikkan nilai Hysteresis atau tekan Tombol A untuk menurunkan.
  3. Lepas Tombol B untuk mengakhiri pengesetan, display akan menampilkan nilai Hysteresis secara berkedip.
  4. Nilai Hysteresis akan disimpan dalam memori kontroler dan kontroler akan kembali ke mode kontrol.

Faktor Koreksi (FK)

  1. Tekan Tombol C dan tahan, display akan menampilkan nilai Faktor Koreksi yang tersimpan dalam memori.
  2. Sambil tetap menekan Tombol C, tekan Tombol B untuk menaikkan nilai Faktor Koreksi atau tekan Tombol A untuk menurunkan.
  3. Lepas Tombol C untuk mengakhiri pengesetan, display akan menampilkan nilai Faktor Koreksi secara berkedip.
  4. Nilai Hysteresis akan disimpan dalam memori kontroler dan kontroler akan kembali ke mode kontrol

Fast Increment/Decrement

Untuk menaikkan/menurunkan nilai parameter, kita tidak perlu menekan tombol berulang-ulang, cukup tekan terus tombol naik/turun, maka nilai parameter akan bertambah/berkurang secara bertahap dengan kecepatan yang masih wajar untuk mata kita.

Penjelasan Tentang Suhu Target, Hysteresis dan Faktor Koreksi

Suhu Target (SV=Setting Value)

Suhu Target adalah kisaran suhu yang ingin dipertahankan dalam sistem. Contoh pada inkubator atau mesin penetas telur, suhu dipertahankan pada kisaran 37-38°C. Untuk Thermostat NE103 biasa kami set Suhu Target = 37.5°C.

Hysteresis (HYS)

Hysteresis biasa disebut sebagai nilai toleransi pengontrolan suhu terhadap Suhu Target. Contohnya adalah sebagai berikut: jika SV = 37.5 dengan HYS = 1.0, maka RELAY akan ON selama Suhu Aktual kurang-dari 38.5 (37.5+1.0). RELAY akan OFF jika Suhu Aktual lebih-dari 38.5°C. Dan RELAY akan kembali ON jika Suhu Aktual kurang-dari 36.5 (37.5-1.0).

Faktor Koreksi (FK)

Nilai FK default adalah 10.0 yang menyatakan bahwa nilai suhu terukur tidak dikoreksi (nilai koreksi nol). Tampilan Suhu Aktual adalah SUHU TERUKUR + (FK – 10.0). Jadi jika FK = 9.0, maka nilai tampilan suhu pada display adalah SUHU TERUKUR – 1.0. Atau jika FK = 10.7, maka suhu pada display adalah SUHU TERUKUR + 0.7.

Nilai Faktor Koreksi ini digunakan untuk menyesuaikan tampilan suhu NE103 terhadap alat ukur lain (termometer) yang diyakini lebih akurat.

Panel Kontroler Suhu NE103-RS

Berikut ini adalah contoh panel kontroler rsuhu NE103-RS yang masih dalam proses pengerjaan. Panel yang digunakan adalah panel industrial berukuran 25×25 cm.

Untuk beban dengan daya besar, bisa ditambahkan Relay besar atau Kontaktor.

Semoga bermanfaat.

Whatsapp 0882-3560-7047

Jika Anda membutuhkan panel kontroler suhu atau yang lain, silakan menghubungi kami.