Mengontrol Barrier-Gate Dari Komputer Menggunakan Modul USB-2REL


Barrier-gate adalah sebuah mekanisme penghalang jalan masuk bagi kendaraan. Barrier-gate dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai Portal atau Palang-Pintu.

Unit Barrier-gate dilengkapi dengan kontroler. Melalui kontroler inilah kita dapat menaikkan atau menurunkan palang pintu. Simak gambar berikut ini.

USB-2REL (www.usbinov.com/usb-2rel) adalah modul driver relay 2-channel dengan interface USB. Modul ini praktis karena tidak memerlukan catu daya eksternal. Modul ini mengambil daya dari port USB alias USB-Powered.

Barrier-Gate Controller yang terdapat pada gambar di atas adalah kontroler GCBV320 dari produsen ZKTeco. Untuk kontroler barrier-gate dari produsen lain, prinsipnya adalah sama, yakni:

Kontak relay (NO-C) pada modul USB-2REL digunakan untuk memicu terminal Open/Lifting dan terminal Close/Falling.

Aktivasi relay dikontrol oleh program komputer. Contoh dari program kontrol ditunjukkan pada diagram diatas. Namun untuk lebih jelasnya, berikut saya tampilkan screenshot program kontrol USB-2REL yang saya buat menggunakan Pelles C.

Selain bahasa C, kami jug amenyediakan contoh program dalam berbagai bahasa pemrograman seperti: C#, VB6, VBNET, Lazarus/Freepascal, PHP, Python, Rebol.

Kami juga menyediakan program CLI (Command Line Interface) siap-pakai dan tersedia untuk platform Windows, Linux dsan Linux-ARM (RaspberryPi).

Dengan adanya program CLI, maka kita dapat mengontrol USB-2REL melalui komputer dengan menggunakan program atau skrip dalam bahasa apapun, asalkan menyediakan fungsi untuk memanggil program eksternal (fungsi Shell).

Ingin mengontrol USB-2REL yang tertancap pada PC Server (PC dimana USB-2REL tertancap) dari PC lain (PC Client)??? Bisa!

Kami menyediakan program bridge yang menggunakan TCP Socket dengan pemrograman menggunakan library messaging ZeroMQ. Tulisan mengenai program ini dapat Anda baca melalui link berikut ini.

Program Network Remote Server & Client Untuk Modul USB-2REL Menggunakan Library ZeroMQ

Jika Anda berminat, silakan langsung menghubungi kami.

Selamat belajar. Selamat berkarya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.