Mengontrol Turnstile Menggunakan Modul USB Relay USB-1REL


Turnstile (pintu putar) adalah sebuah mekanisme yang berfungsi sebagai penghalang pada pintu masuk (entry) atau pintu keluar (exit). Agar seseorang bisa melewati turnstile, maka pengunci turnstile harus dilepaskan. Ketika pengunci turnstile dilepaskan, maka pintu putar dapat bergerak dan seseorang bisa melewati jalur akses yang sebelumnya terhalang oleh mekanisme turnstile yang terkunci.

Turnstile digunakan pada sistem antrian tiket masuk atau antrian pintu keluar.

Pengunci turnstile digerakkan oleh komponen SOLENOID, yakni komponen yang mengubah arus listrik menjadi magnet. Ketika kumparan SOLENOID dialiri arus, maka mekanisme besi pengunci akan tertarik sehingga turnstile dapat berputar.

Untuk mengaktifkan SOLENOID, turnstile dilengkapi dengan switch atau saklar yang fungsinya untuk membuka pengunci turnstile.

Switch atau saklar manual tersebut dapat kita picu dari luar menggunakan kontak relay. Jadi, jika kita ingin mengontrol kerja pengunci turnstile dari program komputer, maka kita bisa menggunakan modul antarmuka pengontrol relay seperti USB-1REL. Atau, kita bisa menggunakan USB-2REL untuk mengontrol 2 buah turnstile yang berdekatan.

Berikut ini adalah gambar wiring atau pengkabelan untuk mengontrol kerja pengunci turnstile menggunakan USB-1REL.

Jika relay pada USB-1REL aktif (ON), maka kontak relay akan menutup (terhubung). Kerja kontak ini menggantikan kerja saklar atau switch manual. Jadi dengan mengendalikan kerja RELAY USB-1REL (ON/OFF) melalui program komputer, maka berarti kita mengendalikan kerja SOLENOID Turnstile (UNLOCK/LOCK).

Berikut ini adalah contoh program interface USB-1REL menggunakan pemrograman Lazarus/Freepascal. Lazarus/Freepascal adalah IDE+Compiler gratis sebagai alternatif dari pemrograman Delphi.

USB-1REL adalah modul interface USB yang memiliki output 1 buah relay. Lebih detil mengenai modul USB-1REL dapat Anda simak pada halaman situsnya di www.usbinov.com/usb-1rel.

Berikut ini adalah foto modul USB-1REL.

USB-1REL (www.usbinov.com/usb-1rel)

Demikianlah uraian singkat tentang bagaimana mengontrol pengunci Turnstile (pintu putar) menggunakan USB-1REL. Semoga bermanfaat.

Selamat berkarya.

Satu respons untuk “Mengontrol Turnstile Menggunakan Modul USB Relay USB-1REL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.