Program Network Remote Server & Client untuk modul USB-2REL adalah program yang terdiri dari 2 buah program, yakni: program server yang saya beri nama usb2rsvr dan program client usb2rnet.

Program usb2rsvr bertugas melayani permintaan dari usb2rnet dan menjalankan perintah yang dikirim oleh usb2rnet. Perintah yang diterima dari usb2rnet akan dilaksanakan dengan melakukan aksi pengontrolan relay pada modul USB-2REL.

Dengan demikian, maka relay pada modul USB-2REL yang tertancap pada PC Server dapat dikontrol secara remote dari PC lain (Client) asalkan saling terhubung dalam satu jaringan komputer.

Untuk alasan kemudahan dan kehandalan program, pada eksperimen ini, saya menggunakan library ZeroMQ, yakni sebuah library untuk keperluan messaging (transportasi pesan atau pemrosesan). Versi library yang saya gunakan adalah versi 4.2.0.

ZeroMQ menghadirkan kepada kita sockets yang dapat membawa pesan melalui berbagai protokol seperti TCP, UDP, WebSocket, dan lain-lain. ZeroMQ bersifat opensource sehingga dapat digunakan secara bebas. Lebih detil mengenai ZeroMQ atau 0MQ dapat Anda baca pada situsnya di https://zeromq.org.

 

Screenshot Program Server (usb2rsvr)

 

Screenshot Program Client (usb2rnet)

 

Screenshot Aplikasi

Dari hasil pengujian, modul USB-2REL dapat dikontrol secara remote melalui jaringan komputer. Program utilitas ini sangat bermanfaat jika kita ingin mengontrol relay modul USB-2REL yang tertancap pada PC Server dari PC Client yang letaknya berjauhan.

Salah satu aplikasinya adalah untuk mereset modem atau network-hub secara remote. Jadi kita tidak perlu lari menuju ruang server hanya untuk mereset power dari modem atau network-hub. Dengan memanfaatkan relay pada modul USB-2REL, kita bisa melakukan reset dari PC Client manapun dengan perintah berikut dengan semisal alamat IP PC Server adalah 192.168.1.4 dan usb2rsvr aktif pada port 8088.

Untuk mereset modem yang adaptornya dikontrol oleh RELAY-1, maka perintahnya adalah:

   $ usb2rnet 192.168.1.4 8088 R1 D10 r1

Untuk mereset network-hub yang adaptornya dikontrol oleh RELAY-2, maka perintahnya adalah:

   $ usb2rnet 192.168.1.4 8088 R2 D10 r2

Dan untuk mereset keduanya secara bersamaan, maka perintahnya adalah:

   $ usb2rnet 192.168.1.4 8088 RA D10 rA

 

Versi Windows

Pada eksperimen ini, kebetulan saya menggunakan sistem operasi linux. Kami juga menyediakan program dalam versi Windows, simak tulisan-tulisan pada link berikut ini:

https://telinks.wordpress.com/2019/04/10/program-network-remote-untuk-modul-usb-1rel/

https://telinks.wordpress.com/2019/11/07/sistem-pereset-modem-pada-cpu-server-menggunakan-modul-interface-usb-1rel/

 

Selamat belajar. Selamat berkarya.