Wow! Rebol/Command dan Rebol/SDK Bakal Digratiskan Oleh Carl Sassenrath!


Pagi ini saya mendapatkan notifikasi dari grup Red Programming Language bahwa tim Red telah bertemu dengan Carl Sassenrath (pencipta bahasa pemrograman Rebol). Dalam pertemuan tersebut banyak membicarakan tentang konsep pengembangan Red dan mengajak Carl untuk bergabung sebagai anggota honorer.

Selain itu, Nenad Rakocevic (pencipta bahasa Red) juga memohon agar kiranya Carl bersedia menggratiskan Rebol/Command dan Rebol/SDK ke publik agar user bisa melakukan enkapsulasi program bilamana perlu tanpa harus membeli lisensinya. Dan Carl menyetujuinya.

Wow! Akhirnya gratis juga!

Kabar gembira ini sudah diumumkan di halaman rebol.com dan akan tersedia dalam beberapa waktu yang akan datang. Jadi kita tunggu saja.

Sekedar informasi saja, Rebol adalah bahasa pemrograman dengan interpreter yang berukuran sangat kecil (kisaran 1MB) dengan fitur yang sangat banyak. Rebol tersedia untuk berbagai macam platform. Hampir semua platform didukung oleh Rebol.

Rebol tersedia dalam dua versi yakni Rebol/Core dan Rebol/View. Rebol/Core digunakan untuk pemrograman console dan Rebol/View adalah Rebol/Core dengan tambahan dialek (DSL) untuk pemrograman GUI.

Gambar berikut adalah contoh program aplikasi Rebol yang running pada Windows dan Linux. Tampilan program sangat identik karena Rebol menggunakan pemrograman grafis sendiri tanpa menggunakan fungsi-fungsi grafis bawaan sistem operasi.

Rebol sangat efektif untuk pemrograman sehari-hari, seperti contoh berikut ini. Terkadang kita perlu mengecek apakah port pada server dalam keadaan online atau down. Dengan Rebol kita bisa menggunakan sebaris perintah sebagai berikut:

   close open tcp://m12.cloudmqtt.com:13262

Dengan sebaris program tersebut, kita bisa mengetahui apakah MQTT Broker untuk aplikasi IoT kita online ataukah down. Jika tidak menghasilkan error, maka server baik-baik saja. Jika server down, maka program tersebut akan menghasilkan error.

Saya juga menggunakan Rebol untuk melakukan update kecil pada halaman situs saya. Berikut adalah contoh skrip Rebol untuk mengupdate harga modul Water Level Controller WLC-02.

  REBOL[]

  d: ftp://user:password@teknikelektrolinks.com/sites/teknikelektrolinks.com/www/wlc-02/wlc-02.htm
  f: read d
    replace/all f "@150" "@160"
    replace/all f "@195" "@175"
    replace/all f "200.000" "185.000"
  write d f

Saya juga menggunakan Rebol untuk membuat aplikasi To-Do List sederhana dengan tampilan sebagai berikut.

( Baca selengkapnya: Membuat To-Do List Sederhana Menggunakan Rebol dan RebGUI )

Rebol juga digunakan untuk membuat aplikasi industri. Salah satu pengguna Rebol yang saya ketahui adalah Atronix Engineering. Atronix menggunakan Rebol untuk membuat aplikasi HMI (Human-Machine Interface) yang diberi nama ZOE. Sedikit cuplikan mengenai ZOE saya copy-paste dari situs Atronix Engineering, https://www.atronixengineering.com/zoe.

ZOE® (Zooming Operator Environment) is a new way to visualize and control material handling and manufacturing processes. To the user and developer, ZOE works like Google Maps®, but for HMI and SCADA applications. ZOE’s familiar format makes it easier for operators and non-engineers to be trained on ZOE than on any traditional HMI.

ZOE is extremely mobile-friendly, and runs on virtually all hardware, including desktops, laptops, and tablets, putting real-time operational information about and control of a facility in the palm of your hand. More intuitive than any other HMI platform ever developed, ZOE makes finding and acting on the information you need, when you need it, quick and easy.

Atronix Engineering juga aktif mengembangkan Rebol3 untuk kebutuhan mereka sendiri dan merilisnya untuk publik. Kita dapat menggunakan Rebol3 secara gratis untuk kebutuhan personal maupun komersial.

Bila Anda tertarik dengan Rebol, Anda dapat membaca tulisan saya yang lain seputar Rebol melalui link berikut ini:

https://telinks.wordpress.com/?s=rebol

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.