Workstation Linux Menggunakan PC Pentium4


Untuk bekerja sehari-hari, saya menggunakan PC Pentium4 dengan sistem operasi linux. Dengan dapur-pacu yang pas-pasan, linux merupakan solusi terbaik untuk menggenjot performa komputer Pentium4. Mengapa demikian? Karena linux customizable. Kita bisa pilih linux yang sesuai dengan kebutuhan kita dengan menyesuaikan spesifikasi komputer yang kita gunakan.

Untuk PC saya, saya menggunakan distro linux Microwatt. Microwatt adalah versi ringan dari WattOS. Saya menggunakan Microwatt R10 yang merupakan versi terbaru yang diturunkan dari Ubuntu 16.04 dengan menggunakan desktop i3wm. Sangat ringan dan gak neko-neko, cocok untuk pekerjaan programming yang banyak main di console.

Kernel linux yang digunakan versi 4.4 dan GCC yang disediakan adalah versi 5.3.1. Mainan Arduino IDE versi terbaru pun tidak masalah. Bagi saya, ini semacam berkah, karena bisa dibayangkan (dan sudah pernah coba) jika software dengan spesifikasi yang sama kita jalankan pakai Windows XP.

Selain Microwatt R10, saya juga menggunakan R8 yang diturunkan dari Debian Wheezy. Kernel yang digunakan versi 3.13 dan GCC yang disediakan versi 4.7.2. Saya meng-upgrade GCC menjadi versi 4.9.2 supaya lebih mantap. Saya menggunakan Microwatt R8 mulai tahun 2014 dan alhamdulillaah lancar sampai sekarang, tidak ada masalah.

Adapun software dan aplikasi yang saya gunakan antara lain adalah:

  • Chromium
  • Filezilla
  • Wine – ExpressPCB
  • Libre Office
  • Gimp
  • Arduino IDE
  • Pemrograman: GCC, Golang, FreePascal, AVR-GCC, ESP8266, SDCC

Berikut ini adalah foto workstation linux yang sehari-hari saya gunakan.

Meskipun sehari-hari bekerja dengan linux, saya masih menggunakan Windows juga. Saya menggunakan Netbook Win7 original. Linux masih harus saya gunakan untuk memenuhi permintaan user yang menggunakan sistem operasi Windows.

Selamat berkarya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.