Meningkatkan Kinerja Netbook Win7 Dengan Linux Dan OrangePi PC


Saya memiliki netbook Lenovo Win7 PC dengan prosesor Intel Atom N455 1.66GHz. Kapasitas RAM 2GB. Netbook yang saya suka tapi gak bisa diajak buru-buru. Kalau mau belajar pemrograman Arduino sambil belajar sabar, netbook ini sangat cocok. Hehehe.

Untuk meningkatkan performa netbook, saya menggunakan TinyCoreLinux, yakni varian linux yang menjalankan semua operasinya di RAM, sehingga sangat cepat. Saya running dari SDCard sehingga tidak perlu mengotak-atik instalasi Windows netbook saya yang GENUINE. 🙂

Walhasil, kinerja pemrograman saya meningkat seiring dengan meningkatnya performa netbook saya. Namun demikian, saya tidak bisa menggunakan kedua sistem operasi secara bersamaan. Jadi ketika memrogram mikrokontroler dengan AVR-GCC dan ARDUINO, saya running linux. Dan ketika memrogram aplikasi, saya switch ke Windows. Kurang nyaman. Lebih nyaman kalau bisa running keduanya bersamaan.

Solusinya bagaimana? Tentu solusinya adalah menambah mesin linux. Atau dengan kata lain, beli PC baru khusus untuk menjalankan linux.

 

OrangePi PC Solusinya

Solusi membeli PC baru khusus untuk menjalankan linux sangat terbantu dengan maraknya single-board computer yang makin hari makin powerful dan makin murah. Ada Raspberry Pi, BananaPi, Odroid, OrangePi dan lain-lain. Dengan 300an ribu, kita sudah bisa membeli single-board computer OrangePi dengan CPU Quadcore dan RAM 512MB.

Setelah pilah dan pilih serta berbekal pengalaman mendayagunakan Raspberry Pi B, akhirnya saya membeli OrangePi PC yang bermesin Quadcore dan RAM 1GB.

Foto di atas adalah OrangePi PC dengan linux Armbian. Dengan prosesor Quadcore dan RAM 1GB, saya merasa cukup nyaman bekerja menggunakan OrangePi PC.

 

Balik Ke Netbook Win7

Nah, sekarang kita balik lagi ke ide tentang bagaimana meningkatkan kinerja netbook Win7 dengan linux dan OrangePi PC.

OrangePi PC memiliki port serial (UART) dengan pin-pin RX, TX dan GND. Melalui port serial ini, kita bisa meremote OrangePi PC dari komputer lain melalui komunikasi serial RS232.

Meremote melalui port serial memang memiliki kekurangan karena tampilannya hanya console (text) saja, tanpa GUI. Tapi dalam hal ini kita toh tidak membutuhkan GUI, sudah ada Win7. Tugas OrangePi PC disini adalah sebagai mesin untuk proses pemrograman saja (kompilasi).

Namun demikian, jika Anda menginginkan tampilan GUI, maka Anda dapat meremote melalui ethernet dengan Remote Desktop.

Dengan meremote OrangePi PC melalui port serial, kita cukup menjalankan program terminal seperti HyperTerminal, TeraTerm, Putty atau yang lainnya. Yang ringan untuk netbook lemot kita.

Untuk lebih jelasnya, saya membuat video tentang trik meningkatkan kinerja netbook dengan OrangePI PC. Silakan menyimak videonya. Dan jangan lupa komentarnya.

Nah, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.