Mengontrol Empat Relay via Port Serial RS232 Menggunakan Board Mikrokontroler STAR2051 (AT89C2051)


STAR2051 adalah board mikrokontroler AT89C2051 yang dilengkapi port komunikasi serial RS232 dan driver output ULN2803. STAR2051 berukuran kecil dan cocok untuk aplikasi sistem kontrol sederhana yang tidak membutuhkan banyak IO.

star2051-4relay

Gambar di atas adalah foto hasil eksperimen pengontrolan empat buah relay menggunakan komputer melalui port serial RS232 dengan perantaraan board mikrokontroler STAR2051. Relay dapat langsung dihubungkan ke port ULN2803 yang tersedia pada board STAR2051.

Dengan driver ULN2803 ini, STAR2051 juga bisa digunakan untuk menggerakkan motor DC, motor stepper mini, LED, dan lain-lain beban dengan tegangan kerja 5V DC.

Gambar Skematik

Gambar berikut ini adalah skematik board STAR2051 dilengkapi dengan 4 buah relay. Skematik saya gambar menggunakan freeware ExpressSCH.

star2051-4relay

Program

Agar relay dapat dikontrol oleh komputer melalui port serial, maka mikrokontroler perlu diprogram dengan program komunikasi serial yang dapat menerima dan mengenali karakter perintah dari komputer dan melaksanakan aksi dengan mengaktifkan atau mematikan relay.

Mikrokontroler secara kontinyu mendeteksi adanya data pada port serial (karakter perintah yang dikirim oleh komputer). Jika data (karakter) yang diterima dikenali, maka mikrokontroler akan melakukan aksi sesuai dengan perintah.

Program mikrokontroler dan program komputer merupakan implementasi dari tabel berikut ini:

star2051_4r_table

Program kontrol komputer kami buat menggunakan JustBASIC, yakni interpreter Bahasa BASIC yang sangat mudah dan 100% gratis. Berikut adalah tampilan programnya:

justbasic-serial-relay

Download

Berikut ini adalah file-file project yang dapat Anda download secara gratis:

Semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s