Instalasi Modul Python pyParallel, pySerial dan pyUSB Versi Linux


pyParallel, pySerial dan pyUSB adalah modul bahasa Python untuk mengakses port paralel (LPT), port serial (RS232) dan port USB. Karena Python tergolong bahasa pemrograman yang multi platform, maka modul-modul tersebut juga bisa bekerja pada berbagai platform yang didukung oleh Python.

Modul-modul  tersebut tentu sangat berguna dan harus dimiliki (dikuasai) oleh pemrogram bahasa Python yang menggunakan bahasa Python untuk interfacing dengan perangkat keras di luar sistem komputer.  Python juga mantap digunakan untuk pemrograman CGI. Dengan pyParallel, pySerial dan pyUSB akan memudahkan pemrogram Python dalam membuat aplikasi web yang melibatkan interfacing dengan perangkat keras.

Nah, untuk instalasi modul pyParallel, pySerial dan pyUSB pada platform linux, khususnya Debian dan turunannya, berikut kami berikan tautan tulisan pada blog Linux Forte – linux4teknikelektro.

Instalasi pyParallel

Linux Forte - Instalasi pyParallel

http://linux.teknikelektrolinks.com/instalasi-pyparallel-modul-python-untuk-mengakses-port-parallel-pada-debian-7-wheezy-29/

Instalasi pySerial

Linux Forte - Instalasi pySerial

http://linux.teknikelektrolinks.com/instalasi-pyserial-modul-python-untuk-mengakses-port-serial-rs232-pada-debian-7-wheezy-40/

Instalasi pyUSB

Linux Forte - Instalasi pyUSB

http://linux.teknikelektrolinks.com/instalasi-pyusb-modul-python-untuk-mengakses-port-usb-pada-debian-7-wheezy-51/

Ketiga artikel tersebut selain memberikan langkah-langkah instalasi secara detil, juga memberikan skrip contoh penggunakan modul pyParallel, pySerial dan pyUSB untuk mengakses perangkat keras.

Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s