Pengembangan Aplikasi Kontroler Suhu Versi Linux dan Raspberry Pi


Kontroler suhu merupakan salah satu sistem yang banyak sekali digunakan di industri. Banyak sekali proses produksi yang membutuhkan pengontrolan suhu agar proses produksi berjalan dengan baik. Rasanya hampir semua industri membutuhkan kontroler suhu baik yang sederhana maupun yang canggih dan kompleks.

Kami Teknik Elektro Links menyediakan beberapa tipe modul kontroler suhu yakni antara lain:

  1. Thermostat NE103-RS
  2. Thermostat NR100
  3. Thermostat NR101
  4. Thermostat NT101
  5. Temperature Controller USB-TC101

USBTC101_thumb.jpgThermostat NE103-RS, NR100, NR101 dan NT101 adalah modul kontroler suhu siap-pakai yang bersifat embedded atau bisa dipasang pada plant atau unit sistem yang memerlukan pengontrolan suhu. Adapun USB-TC101 adalah modul antarmuka komputer/laptop yang memiliki sensor suhu, TRIAC sebagai output dan buzzer untuk alarm. USB-TC101 berinteraksi dengan komputer/laptop melalui port USB.

USB-TC101 mengambil catudaya dari port USB sehingga tidak memerlukan catudaya eksternal. Modul ini juga dapat langsung dikenali dan diakses di komputer Linux maupun Raspberry Pi karena driver LIBUSB telah terinstalasi (bawaan sistem operasi). Oleh karenanya, USB-TC101 sangat praktis dan mudah digunakan. Kami melengkapi modul ini dengan CD yang berisi driver, command-line tools dan contoh program.

Saat ini kami sedang mengembangkan sebuah program aplikasi kontroler suhu berbasis USB-TC101 untuk platform Linux dan Linux-Arm (Raspberry Pi). Program kami buat menggunakan bahasa BASIC dengan interpreter YABASIC. Kami memilih YABASIC karena mudah dipelajari dan digunakan. Kami sudah melakukan pengujian terhadap YABASIC pada platform Linux, Linux-Arm dan Windows dengan hasil yang memuaskan.

Berikut adalah screenshot program yang berjalan pada komputer Linux dan Raspberry Pi.

Screenshot from 2015-01-10 17:50:57

raspi_usbtc101_ui

Jika Anda tertarik atau berminat dengan USB-TC101 dan aplikasi kontroler suhu, silakan menghubungi kami melalui email ke info@teknikelektrolinks.com atau mengisi formulir pada halaman Kontak atau Prosedur Pemesanan.

Selamat belajar dan selamat berkarya. Salam Sukses!

 

One comment

  1. elecical engineering · Januari 19, 2015

    kereeen … makasih infonya gan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s