Mereset Komputer Dari Jarak Jauh Via SMS Dengan Modul SMC-01


SMC-01_400

Gambar di samping adalah foto modul kontroler relay jarak jauh berbasis SMS. Sistem SMC-01 ini berbasis mikrokontroler AVR ATmega328P yang dilengkapi dengan beberapa rangkaian pendukung yakni driver relay, LED indicator, konverter tegangan TTL/RS232 dan antarmuka USB.

Relay bisa digunakan untuk mengontrol beban listrik atau untuk fungsi triggering (pemicuan). Contoh fungsi pemicuan adalah untuk melakukan peresetan sistem komputer yang berada di lokasi yang jauh manakala diperlukan atau untuk memberikan pemicuan pada kontrol start atau stop.

Jika Anda memiliki sistem telemetri atau server untuk monitoring sensor yang jaraknya sangat jauh, maka sistem ini sangat handy untuk digunakan untuk mereset sistem dari jarak jauh (remote). Semisal jika komputer mengalami HANG, maka pengiriman data akan terhenti. Dengan mengaplikasikan SMC-01 maka kita dapat mereset komputer tersebut dari jarak jauh menggunakan SMS.

Relay pada board SMC-01 bisa dikontrol melalui SMS dengan pesan perintah “ON”, “OFF” dan “PULSE”. Sesuai pesannya, “ON” digunakan untuk mengaktifkan relay dan “OFF” untuk mematikan relay. Sedangkan pesan perintah “PULSE” akan mengaktifkan relay selama 1 detik. Untuk lebih jelasnya simak tabel yang berikut ini.

SMS Perintah Aksi/Fungsi SMS Notifikasi
ON Mengaktifkan relay RELAY DIAKTIFKAN.
OFF Mematikan relay RELAY DIMATIKAN.
PULSE Mengaktifkan relay 1 detik RESET TELAH DIAKTIFKAN.
Salah/tidak dikenali Diabaikan PERINTAH TIDAK DIKENALI.

SMC-01 dirancang untuk digunakan dengan modem serial RS232. Port serial pada board dapat langsung dihubungkan ke modem melalui kabel bawaan modem. Mikrokontroler mengirimkan AT+Command untuk membaca SMS, mengirim SMS, dan menghapus SMS. Firmware SMC-01 telah teruji dan telah diterapkan pada modul kontrol berbasis SMS yang lain seperti SMC-02, SMC-04 dan sistem alarm SMS.

SMC-01 bekerja pada 2 mode yakni Mode RUN atau Mode SETUP. Pada Mode RUN mikrokontroler berkomunikasi secara intensif dengan modem. Mikrokontroler bekerja dengan tugas-tugas sebagai berikut:

  • mengecek status komunikasi
  • mengecek adanya SMS yang masuk
  • membaca pesan SMS yang masuk
  • mencocokkan nomor pengirim dengan nomor terdaftar
  • membandingkan pesan dengan daftar perintah yang dikenali
  • menjalankan aksi sesuai pesan yang diterima
  • menghapus pesan untuk memastikan adanya ruang untuk menerima SMS baru

smc-01_300Pemilihan Mode RUN dilakukan dengan menghubungkan jumper yang terdapat di samping mikrokontroler. Jika jumper dilepas (open), maka sistem SMC-01 akan bekerja pada Mode SETUP.

Pada Mode SETUP, mikrokontroler akan berkomunikasi dengan komputer melalui port USB. Untuk antarmuka kami buatkan program setup dengan interface yang sederhana, sehingga mudah dipahami dan dioperasikan. Melalui program setup kita dapat mengenali modul SMC-01, melakukan testing relay secara manual, membaca data nomor telepon terdaftar dan mengubah nomor telepon terdaftar. Pada saat sistem bekerja pada Mode SETUP, LED Status akan berkedip-kedip secara terus-menerus dengan interval yang tetap.

Sekedar info, program setup SMC-01 kami buat menggunakan kompiler C gratisan Pelles C. Paket program Pelles C sangatlah lengkap. IDE Pelles C simpel dan memiliki Dialog Editor yang tidak sulit digunakan. Kompiler Pelles C telah memenuhi standar C99 dan C11 dan dalam status pengembangan yang aktif. Untuk platform Windows, kami sangat merekomendasikan Pelles C sebagai development tool untuk pemrograman bahasa C.

Nah, berikut ini adalah tampilan program setup untuk modul SMC-01.

smc-01_setup

Program setup ini secara otomatis melakukan pengecekan status komunikasi dengan modul SMC-01. Jika status komunikasi baik, maka akan ditampilkan status [Connected]. Sebaliknya program akan menampilkan tampilan status [Disconnected] jika gagal melakukan komunikasi dengan SMC-01.

Jika Anda membutukan sistem alarm atau kontrol berbasis SMS, silakan menghubungi kami melalui halaman kontak kami di http://teknikelektrolinks.com/kontak.htm.

smc-01_640

Selamat berkarya!

One comment

  1. elecical engineering · Januari 19, 2015

    kereen gan postnya .. terus kan gan membuat pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s