Blog Catatan Eksperimen Raspberry Pi


Mulai bulan kemarin (November 2014), kami aktif melakukan eksperimen dengan Single-Board Computer Raspberry Pi. Hasil eksperimen kami tulis pada halaman situs Raspberry Pi Notes. Belum banyak memang tulisannya, tapi semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Berikut adalah screenshot blog Raspberry Pi Notes.

Raspberry Pi Notes

Selamat membaca.😀

2 comments

  1. bee · Februari 14, 2015

    Chan… Aku pengen oprek Raspberry Pi juga nih. Buat ngisi waktu luang aja. Tapi arahnya nggak ke hardware dan elektronik sepertimu, tapi lebih ke software.

    Proyek iseng pertama yg ingin kubikin adalah video broadcaster via http. Idenya begini… ada input video (katakan dari output DVD player) melalui RCA. Input video tsb diterima Raspi kemudian diteruskan sebagai streaming over http. Streaming tsb kemudian ditangkap oleh perangkat lain yg terhubung ke (lokal) jaringan yg sama, cukup dengan membuka browser ke alamat IP Raspi tsb. Jadi aku bisa nonton film/tivi melalui hape atau tablet di seputar rumah (yg terjangkau lokal wifi). Baca2 di internet, katanya aku butuh perangkat EasyCap untuk menerima sinyal video dari RCA sebagai input ke USB di Raspi.

    Nah, berhubung aku belum pernah sama sekali ngoprek Raspi… kira2 apa saja yg dibutuhkan (secara detil) untuk memulai? Mulai dari –tentu saja– Raspi, trus perangkat EasyCap, catu daya, casing, kabel2, SD card, software apa saya yg dibutuhkan, dsb. Syukur2 kalo kamu sudah pernah bikin yg serupa, bisa dibagi dong pengalamannya.🙂

    Dan kebetulan Raspi 2 sudah (katanya) sampai di Indonesia, sekalian aku langsung pake Raspi 2 aja deh. Di Malang, ada gak yg sudah sedia Raspi 2? Dan EasyCap juga.

    Sebelumnya terima kasih atas balasannya.

    • Chandra MDE · Februari 16, 2015

      Menarik sekali itu, aku belum pernah bikin yang seperti itu. EasyCap aku belum pernah ngerti.🙂
      Raspi 2 ada yang jual online: Famosa Studio.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s