Skematik dan Layout PCB USB ATtiny85 Pada Board USB-IOIOIO


Skematik USB-IOIOIO

USB-IOIOIO adalah modul antarmuka USB yang memiliki 3 buah pin IO. Oleh sebab itu modul USB IO berukuran mini yang sedang dalam proses pembuatan ini kami beri nama USB-IOIOIO (3 kali IO).🙂

Gambar di samping adalah skematik dari USB-IOIOIO. Modul ini berbasis mikrokontroler AVR ATtiny85. USB-IOIOIO merupakan stepping-stone menuju USB IO Board dengan jumlah IO yang lebih banyak dengan menggunakan mikrokontroler ATmega328 atau ATmega16/32.

Modul USB-IOIOIO kami buat untuk memudahkan programmer dan praktisi elektronika untuk melakukan sensing dan controlling melalui komputer/laptop. USB-IOIOIO nantinya akan didukung dengan banyak contoh program dan contoh aplikasi untuk memudahkan Anda bereksperimen.

Dengan basis ATtiny85 yang memiliki kapasitas memori program 8K, diharapkan USB-IOIOIO nantinya akan memiliki fitur IO yang beragam seperti:

  • digital IO
  • analog input
  • PWM output
  • I2C
  • 1-Wire

PCB USB-IOIOIO Dengan fitur digital IO, maka kita akan dapat mengontrol output digital seperti LED, relay, buzzer dan solenoid dan membaca input digital seperti push-button, switch, sensor PIR, sensor level air, dan lain-lain.

Fitur analog input akan memudahkan kita untuk membaca tegangan analog dari sensor seperti sensor suhu dan sensor posisi.

Dan dengan adanya fitur I2C akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan komponen-komponen I2C untuk keperluan ekspansi IO ataupun yang lainnya.

Dan satu lagi fitur yang tak kalah menarik adalah 1-Wire yang akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan komponen-komponen 1-Wire seperti sensor suhu DS18B20 dan lain-lain.

USB-IOIOIO saat ini sedang dalam proses pembuatan dan fitur-fitur IO di atas akan kami kerjakan secara bertahap sesuai dengan kapasitas kemampuan kami. Dan yang pasti semakin banyak fitur juga akan semakin tinggi harganya.😀

Berikut adalah foto hasil pengujian tahap awal modul USB-IOIOIO yakni mengontrol digital output berupa LED dan Buzzer.

USB-IOIOIO testing

Kunjungi situs kami http://teknikelektrolinks.com untuk mengetahui produk-produk kami selengkapnya.

Selamat berkarya!

😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s