Aplikasi Thermostat NR100 Sebagai Pendingin Panel Listrik


NR100_2

NR100 adalah thermostat dengan mode operasional COOLING (pendingin). Thermostat ini sangat cocok untuk aplikasi seperti: pendingin panel listrik menggunakan sistem sirkulasi udara, kontrol otomatis fan radiator mobil, kontrol otomatis fan CPU/amplifier/pemancar dan kontrol suhu bioreaktor.

Selain itu NR100 juga dapat difungsikan sebagai alarm suhu-tinggi atau overheated alarm yang bisa diaplikasikan pada ruang server atau ruang genset/kompresor.

Pada tulisan ini akan kami berikan contoh aplikasi NR100 sebagai pendingin panel listrik sistem sirkulasi udara menggunakan 2 buah fan.

nr100boxpanel

Gambar di samping adalah ilustrasi sederhana sistem pendingin panel listrik menggunakan 2 buah fan untuk menghasilkan sirkulasi udara. Udara luar panel yang diasumsikan lebih dingin dibanding udara dalam panel disedot masuk oleh fan INLET dan udara dalam panel di-blow keluar oleh fan OUTLET.

Dengan sistem ini maka akan terjadi sirkulasi udara dalam panel dimana udara panas dikeluarkan dan udara yang lebih dingin masuk ke dalam panel. Sehingga dengan demikian diharapkan suhu udara dalam panel selalu terjaga dari kondisi overheated.

Ukuran fan tergantung dari ukuran box panel dan rangkaian dalam panel. Tersedia berbagai ukuran fan yang bisa digunakan. Yang terpenting adalah NR100 mampu menggerakkan kedua fan tersebut. Dan tidak perlu kuatir karena power-driver NR100 memiliki kapasitas maksimal arus 6A!😀

NR100 box panel

Gambar di samping ini menunjukkan diagram instalasi pendingin panel listrik menggunakan Thermostat NR100. Sangat sederhana tapi sangat bermanfaat.

Namun demikian janganlah lupa menambahkan filter udara pada masing-masing lubang fan agar bagian dalam panel terjaga dari debu yang berlebihan.

Dengan adanya sistem pendingin panel seperti ini maka dapat diperoleh beberapa keuntungan yakni:

  • sistem elektrik/elektronik akan bekerja optimal pada suhu yang aman
  • mencegah terjadinya kondisi panas-lebih (overheated)
  • memperpanjang usia sistem dalam panel
  • mengurangi konsumsi daya karena fan hanya aktif ketika suhu melebihi batas yang telah ditentukan

Nah, jika Anda membutuhkan kontroler suhu atau thermostat tipe COOLING untuk pendingin panel atau piranti listrik lainnya, Anda dapat mempertimbangkan Thermostat NR100.

Detail mengenai produk ini dapat dibaca pada http://teknikelektrolinks.com/nr100/nr100.htm.

Selamat berkarya!

😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s