Contoh Program Kontrol Relay Serial SER-1REL Menggunakan VB6


ser-1rel

SER-1REL adalah modul relay serial berbasis mikrokontroler dengan 1 buah relay. Modul ini sangat cocok untuk aplikasi seperti bel terprogram, on/off fan terprogram, on/off lampu terprogram dan lain-lain. Modul ini membutuhkan catudaya DC 5V untuk menyuplai mikrokontroler dan relay.

Mikrokontroler yang digunakan adalah AT89C2051 dengan kristal 11.0592 MHz untuk menjamin baudrate dengan error 0%. Untuk lebih meningkatkan reliabilitas modul maka baudrate yang digunakan adalah 2400. Dengan baudrate rendah diharapkan modul tetap sukses berkomunikasi dengan komputer dengan penggunaan kabel data yang panjang, mungkin belasan hingga beberapa puluh meter.

Program komunikasi serial menggunakan VB6 dapat dilakukan dengan menggunakan komponen MSCOMM32.OCX. Dari berbagai komponen serial yang pernah saya gunakan, MSCOMM32 adalah yang paling mudah digunakan.

Berikut adalah cuplikan program kontrol modul SER-1REL menggunakan VB6.

ser-1rel_vb6_edit

Berikut adalah tabel karakter perintah yang dikenali oleh modul SER-1REL.

No. Karakter Perintah Fungsi Perintah
1 “A” RELAY ON
2 “Z” RELAY OFF
3 “1” RELAY TRIGGER dengan delay ~200ms
4 “2” RELAY TRIGGER dengan delay ~500ms
5 “3” RELAY TRIGGER dengan delay ~1000ms

Pada prakteknya program mengirimkan data string “AAA”, “ZZZ”, “111”, “222” dan “333”. Mengapa demikian? Pengiriman 3 buah karakter perintah bertujuan untuk memastikan bahwa karakter “A” terkirim dengan baik dan bisa dikenali oleh modul SER-1REL. Setidaknya salah satu dari tiga karakter perintah yang dikirim akan diterima dan dikenali dengan baik oleh kontroler SER-1REL. Jumlah karakter perintah tidak harus 3, tapi boleh 5, 10 atau bahkan 20.

Dari hasil pengujian dapat saya simputlkan bahwa sistem bekerja dengan baik dengan pengiriman 1 buah karakter perintah saja, namun demikian saya pribadi merasa lebih aman mengirimkan beberapa karakter perintah. Open-mouthed smile

ser-1rel_vb6

Nah, gambar di samping ini adalah screenshot dari program kontrol modul SER-1REL menggunakan VB6. Program beserta sourcecode-nya terdapat pada CD bawaan modul.

Untuk pemesanan silakan langsung menghubungi http://teknikelektrolinks.com/order.htm.

Selamat belajar dan selamat berkarya!

Open-mouthed smile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s