Eksperimen STAR2051 (AT89C2051) + Sensor Gerak PIR + BUZZER


star2051 pir buzzer

Foto di samping adalah foto pengujian eksperimen monitoring gerak menggunakan modul sensor gerak PIR (Passive Infra Red). Eksperimen sederhana ini sekedar untuk menguji board programmable controller berbasis AT89C2051 yakni STAR2051.

Skenarionya sederhana saja. Jika output PIR berlogika tinggi (HIGH) – yang menyatakan bahwa PIR mendeteksi adanya gerakan – maka BUZZER akan berbunyi. Dan sebaliknya, jika output PIR berlogika rendah (LOW), maka BUZZER akan berhenti berbunyi.

Tombol pada board STAR2051 digunakan sebagai variasi masukan. Fungsinya adalah untuk membunyikan BUZZER secara manual. Jadi jika tombol ditekan kapanpun, maka BUZZER akan berbunyi. Dan jika tombol dilepas, maka BUZZER pun akan berhenti berbunyi. Jadi pada sistem ini BUZZER akan berbunyi jika sensor gerak PIR aktif ATAU tombol ditekan.

Sederhana saja, bukan? Nah, bagaimanakah program kontrolnya? Simak screenshot berikut ini. Program saya buat menggunakan editor MIDE51 dengan SDCC sebagai kompiler bahasa C.

star2051_pir_bzr_mide

Pin P1.0 digunakan untuk mengontrol BUZZER.

Pin P3.2 digunakan untuk membaca TOMBOL.

Pin P3.5 digunakan untuk membaca sensor gerak PIR.

Pin P3.7 digunakan untuk mengontrol LED pada board STAR2051.

Perintah LED = !PIR; artinya adalah kondisi LED adalah kebalikan dari kondisi PIR. Jika PIR=HIGH (aktif), maka LED=LOW (padam) dan jika PIR=LOW, maka LED=HIGH (menyala). Perlu diketahui bahwa LED pada pin P3.7 adalah aktif LOW, jadi LED akan menyala jika diberi logika LOW dan sebaliknya.

Baris program selanjutnya yakni BUZZER = PIR || !KEY; artinya adalah BUZZER akan berbunyi jika sensor gerak PIR aktif ATAU BUZZER akan berbunyi jika KEY ditekan. Operator logika || adalah operator logika OR.

Nah, sangat sederhana bukan program kontrolnya? Open-mouthed smile

Dengan programmable controller STAR2051 kita dapat membuat berbagai aplikasi sederhana. Eksperimen di atas dapat kita aplikasikan sebagai sistem alarm pencuri.

Contoh aplikasi lain yang mungkin menarik adalah pengontrolan relay menggunakan komputer melalui port serial. Dengan menambahkan relay (maksimal 8 relay) dan sedikit program interface serial, maka STAR2051 telah berfungsi sebagai modul SERIAL RELAY. Selain mengontrol relay, komputer juga dapat memonitor kondisi input yang berupa sensor dengan output digital dengan memanfaatkan 4 pin GPIO yang tersedia dan dengan sedikit tambahan program.

Sebagai gambaran contoh aplikasi monitoring sensor, berikut adalah screenshot program Turbo Delphi yang memonitor kondisi sensor gerak PIR.

star2051_pir_delphi

Mikrokontroler pada board STAR2051 secara kontinyu mengirimkan data status sensor gerak PIR ke komputer melalui port serial dengan baudrate 19200. Pada contoh ini digunakan port serial COM1.

Dengan menggunakan komponen TIMER yang diset Interval=100ms, komputer secara kontinyu membaca masukan serial dan menampilkannya pada komponen TEdit. Dan untuk pemrograman komunikasi serial digunakan Unit Synaser buatan Ararat Synapse.

Kode program mikrokontroler dan project Delphi untuk aplikasi monitoring seperti di atas dapat Anda miliki dengan membeli produk STAR2051 dengan harga yang nyaman di kantong.

Nah, jika Anda berminat dengan board STAR2051, silakan menghubungi kami melalui halaman http://teknikelektrolinks.com/star2051/star2051.htm.

Selamat belajar dan selamat berkarya!

Open-mouthed smile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s