Sistem Alarm SMS Berbasis NEO STARDUINO dan Wavecom Fastrack


Starduino_SMS_Alarm

Sistem Alarm SMS adalah sebuah sistem alarm yang akan mengirimkan pesan peringatan melalui SMS jika sistem mendeteksi adanya suatu kejadian yang tidak diinginkan, contohnya seperti adanya indikasi pencuri, kebakaran, power failure, system-overload, overheated, dan lain sebagainya – pokoknya kalau ada masalah sistem akan mengirimkan SMS peringatan.😀

Gambar di samping adalah contoh Sistem Alarm SMS berbasis board mikrokontroler NEO STARDUINO dan modem GSM Wavecom Fastrack. Board NEO STARDUINO sangat cocok untuk aplikasi ini karena memiliki port komunikasi serial yang siap untuk digunakan dengan modem serial. Jadi tinggal tancap saja.

Sistem pada gambar di samping ini memiliki 1 buah input digital yang mewakili sensor yang akan mengaktifkan alarm. Jadi ketika sensor ini aktif, maka sistem akan secara otomatis mengirimkan SMS. Pada gambar di samping, sensor diwakili oleh sebuah push-button. Pada prakteknya, push-button ini bisa diganti dengan limit-switch, proximity-switch, sensor gerak PIR, temperature-switch, pressure-switch, dan lain sebagainya.

Sistem dapat dikembangkan untuk mendeteksi lebih dari 1 buah input sesuai dengan kebutuhan dan menggerakkan piranti output seperti relay atau buzzer.

Sistem pada eksperimen ini dapat mengirimkan SMS peringatan ke 5 nomor tujuan. Data kelima nomor tujuan disimpan dalam EEPROM mikrokontroler. Selain kelima nomor tujuan, sistem juga menyimpan pesan peringatan sepanjang 50 karakter di dalam EEPROM. Data nomor tujuan dan pesan peringatan dapat diedit secara mudah menggunakan program terminal serial seperti Hyperterminal, TeraTerm, atau DockLight.

PROGRAM MIKROKONTROLER
Kode program mikrokontroler dibuat menggunakan IDE Arduino dan telah diuji menggunakan Arduino versi 1.0.1 dan 1.05 dengan hasil yang baik.

Adapun skenario looping utama programnya mikrokontroler adalah sebagai berikut:

  1. Inisialisasi (setup)
  2. Cek apakah pin A0 terhubung ke GND, kalau iya lanjut ke langkah nomor 2, dan lanjut ke langkah nomor 3 jika tidak.
  3. Masuk setup parameter —> tampilkan menu melalui port serial (hyperterminal) dan lakukan interaksi dengan user sampai sistem dimatikan/direset.
  4. Masuk kondisi alarm aktif dan secara kontinyu mendeteksi apakah modem dalam keadaan siap dan secara kontinyu pula mendeteksi apakah sensor aktif.
  5. Jika sensor aktif maka kirim pesan peringatan melalui SMS ke 5 nomor tujuan. Jika nomor tujuan = “00000”, maka berarti kosong. atau tidak dikirimi SMS.
  6. Setelah mengirim SMS, mikro akan masuk kondisi delay selama sekitar 5-10 menit. Jika setelah masa delay mikro mendeteksi sensor masih aktif, maka mikro akan kembali mengirimkan SMS.

Berikut adalah screenshot IDE Arduino yang menampilkan sebagian program sistem alarm SMS berbasis NEO STARDUINO.

kodearduinosmsalarm

kodearduinosmsalarm2

Untuk mengaktifkan menu setup parameter ini, pin A0 dari NEO STARDUINO harus terhubung ke GND ketika sistem diaktifkan (power on) atau ketika reset. Dan tentunya NEO STARDUINO harus terhubung ke port serial komputer.

neostarduinogsm

Dan berikut adalah screenshot Hyperterminal dan TeraTerm ketika berkomunikasi dengan NEO STARDUINO. Komunikasi dilakukan pada baudrate 115200.

hyperterminal_smsalarm

image

Spesifikasi selengkapnya dari sistem alarm SMS pada eksperimen ini adalah sebagai berikut:

  • Board NEO Starduino (ATmega8)
  • Modem GSM Serial Wavecom Fastrack Supreme
  • Jumlah input sensor 1 (bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan)
  • Komunikasi serial baudrate 115200
  • Jumlah nomor tujuan SMS adalah 5 nomor yang disimpan dalam EEPROM board NEO STARDUINO
  • Pesan peringatan berupa string sepanjang 50 karakter yang disimpan dalam EEPROM board NEO STARDUINO
  • Nomor tujuan dan pesan peringatan dapat diedit menggunakan program terminal seperti Hyperterminal, TeraTerm, atau DockLight.
  • Pin A0 (PC0) berfungsi sebagai input pengaktif fungsi setup menu
  • Pin A5 (PC5) berfungsi sebagai input sensor pengaktif pengiriman SMS

Video pengujian sistem ini dapat Anda saksikan melalui YouTube pada link berikut ini:

youtubesmaalarm
http://youtu.be/SbCH0k6hcm8

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau ingin melakukan pemesanan silakan kontak melalui email ke info@teknikelektrolinks.com.

Semoga bermanfaat, selamat belajar, dan selamat berkarya!

😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s