Instalasi Kompiler Gratisan Borland C++ 5.5 Dan IDE C-Free 4.0 Standard


bcc_cfree Kompiler Borland C++ versi 5.5 adalah salah satu kompiler C++ terbaik keluaran Borland yang (alhamdulillaah) telah digratiskan sejak pertengahan Februari tahun 2000 yang lalu dalam bentuk file freecommandlinetools.exe yang dapat di download dari link berikut ini:

Borland C++ 5.5 merupakan inti dari teknologi C++Builder 5 yang berjaya pada jaman Win95 hingga Win2000. Borland C++ 5.5 merupakan kompiler 32-bit yang sangat cepat. Kompiler ini sudah mendukung standard ANSI/ISO C++98. Framework STL (Standard Runtime Library) dan Borland C++ Runtime Library (RTL) juga disertakan dalam paket ini. Selain itu, command-line tools kelas wahid lainnya seperti Borland Linker dan Resource Compiler juga disertakan dalam paket freecommandlinetools.exe.

Berikut adalah daftar tools/library selengkapnya:

  • Borland C++ Compiler v5.5 (bcc32)
  • Borland Turbo Incremental Linker (tlink32)
  • Borland Resource Compiler / Binder (brc32, brcc32)
  • C++ Win32 Preprocessor (cpp32)
  • ANSI/OEM character set file conversion utility (fconvert)
  • Import Definitions utility to provide information about DLLs (impdef)
  • Import Library utility to create import libraries from DLLs (implib)
  • Borland Turbo Dump to structurally analyse EXE, OBJ and LIB files (tdump)
  • Librarian for symbol case-conversion, creating extended libraries and modifying page size (tlib)
  • Borland C/C++ Runtime Library
  • ANSI/ISO Standard Template Library (STL)

Instalasi Kompiler Borland C++ 5.5
Langkah pertama adalah mengunduh freecommandlinetools.exe dari salah satu link yang telah saya berikan di atas. Selanjutnya, lakukan instalasi dengan menjalankan program freecommandlinetools.exe.

image image 

Setelah klik Next dan Finish, maka command-line tools Borland C++ 5.5 akan terinstalasi di C:\Borland\BCC55 dan siap digunakan.

image

Instalasi IDE C-Free 4.0 Standard
Setelah kompiler C++ terinstalasi, sekarang waktunya untuk melakukan instalasi IDE gratisan yang ringan, cepat, dan memiliki fitur lumayan, yakni C-Free 4.0 Standard.

Paket program ini telah dilengkapi kompiler MingW dengan GNU C Compiler versi 2.95, agak tua memang kompilernya, tapi tidak masalah karena semua tergantung bagaimana programmernya saja. IDE C-Free 4.0 Standard dapat Anda download di sini.

Nah, setelah download selesai, jalankan installer dan ikuti dialog-dialog instalasi sebagai berikut:

image image

image image

image

Setelah Anda klik tombol Finish, maka IDE C-Free 4.0 Standard dengan kompiler MinGW 2.95 siap digunakan. Anda bisa mencoba membuat program sederhana untuk sekedar melakukan testing apakah kompilasi bisa berjalan dengan baik seperti contoh berikut ini.

image

Setelah kode program selesai diketik, tekan speedbutton Makes & Runs atau tekan F5. Jika muncul hasil running program seperti di bawah ini, maka instalasi IDE C-Free 4.0 Standard beserta kompiler MinGW 2.95 telah sukses.

image

Kompilasi Dengan BCC55
Untuk melakukan kompilasi dengan kompiler Borland C++5.5 yang sebelumnya telah kita instalasi, maka berikut adalah urutan langkah-langkahnya.

image1. Pilih menu Build –> Build Options sehingga muncul dialog seperti gambar  di samping.

2. Klik tombol > pada barisan tampilan Build Configuration, dan pilih New Configuration…

3. Selanjutnya pilih Borland C++ Compiler pada combobox Builder Type dan isi Configuration Name dengan “BCC55” (tanpa tanda petik).

4. Langsung klik tombol OK pada beberapa dialog berikutnya karena IDE C-Free 4.0 Standard secara otomatis akan mendeteksi lokasi folder yang berisi tools kompiler dan header dari BCC55.

5. Pilihan BCC55 akan ditampilkan dan menjadi aktif pada combobox pilihan kompiler.

Kini Anda dapat memilih untuk melakukan kompilasi dengan MinGW 2.95 atau BCC55. Lakukan testing dengan menekan tombol F5, dan kode program pun akan dikompilasi menggunakan Borland C++ 5.5 seperti tampilan berikut ini.

image

Dan program hasil kompilasi pun akan langsung di running dengan hasil yang sama dengan hasil kompilasi sebelumnya menggunakan MingW 2.95.

Anda dapat mencoba kode program Pelles C seperti Words of Wisdom Clock atau contoh program yang lainnya yang tersedia di blog ini (AngkaMantul dan AlphabetMantul).

Anda juga dapat menambahkan koleksi kompiler atau interpreter C/C++ yang lain seperti interpreter Ch dari SoftIntegration.

Nah, semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi Anda yang sedang belajar pemrograman C/C++ dan sedang mencari-cari alternatif IDE umum seperti CodeBlocks, DevC++, dan Visual C++.

Semoga dengan C-Free 4.0 Standard dan Borland C++ 5.5 yang semuanya adalah gratis, kita dapat belajar dengan nyaman dan memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Selamat belajar dan selamat berkarya!

😀

7 comments

  1. Ricky · Februari 5, 2014

    Tanya mas, kalau aplikasi sudah dicompile dengan MinGW, file runtime apa saja yang harus disertakan pada saat install di komputer lain?
    Apa kelebihan compiler Borland C dibandingkan MinGW?
    Makasih atas jawaban nya.

  2. Chandra MDE · Februari 5, 2014

    Untuk deployment tentunya tergantung program aplikasi yang kita buat. Jika program menggunakan fungsi API OS, maka file executable hasil kompilasi dan linking saja sudah cukup. Tapi jika program menggunakan library2 eksternal maka tentunya library2 bersangkutan juga harus diikutsertakan.
    BCC lebih cepat. Mungkin karena BCC dirancang khusus untuk Windows sedangkan MinGW (gcc/g++) dirancang untuk multiplatform. Kalau masalah standard, MinGW dengan gcc versi 4.8 tentunya lebih unggul dibanding BCC55 tahun 2000-an.😀

  3. Ricky · Februari 5, 2014

    Makasih atas pencerahan nya🙂

  4. Kipas Besar · April 16, 2014

    izin sedot softwarenya🙂

  5. Bengkel Reklame Cianjur · Oktober 14, 2015

    mantap mas🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s