Instalasi Program MC-51 Development System + Turbo51 Pada Linux Knoppix 7.0.5


Anda pengguna mikrokontroler ATMEL AT89S51 seperti saya? Jika ya, maka program assembler seperti ASM51 yang asli dari Intel atau ASEM-51 buatan W. W. Heinz bukanlah program yang asing bagi Anda. Atau jika Anda bukan pecinta assembler, maka mungkin Anda pengguna kompiler C seperti SDCC atau uC51. Namun jika Anda bukan pengguna assembler maupun C, maka pastilah Anda seorang PASCAL WARRIOR yang menggunakan Turbo51 sebagai senjata ampuh menguasai dunia mikrokontroler keluarga 8051. Hehehe…πŸ˜€

FYI, Turbo51 adalah kompiler Turbo Pascal untuk mikrokontroler keluarga 8051 untuk sistem operasi Windows. Kompiler ini dibuat oleh Igor Funa, seorang pecinta Turbo Pascal dan ahli dibidang Digital Video Broadcasting. Menurut asumsi saya, Turbo51 adalah satu-satunya kompiler bahasa Pascal freeware untuk mikrokontroler 8051 yang masih aktif. Kalau yang komersial, salah satu contohnya adalah MikroPascal.

Setiap kompiler membutuhkan IDE yang baik sehingga dapat lebih mudah digunakan. Untuk kompiler Turbo51, IDE yang menurut saya paling baik adalah MC-51 Development System. Software ini telah mengintegrasikan assembler ASEM-51 dan kompiler Turbo51 pada paket instalasinya, sehingga dengan MC-51 kita dapat mengedit dan mengkompilasi kode program 8051 dalam bahasa assembler maupun Turbo Pascal. MC-51 juga memiliki simulator dan debugger yang mampu mensimulasikan setiap fungsi 8051 termasuk fungsi timer dan komunikasi serial.

Bagi Anda yang bekerja pada sistem operasi Windows, MC-51 dapat langsung di download dari situsnya menggunakan link berikut ini: IDE MC-51.

Dan bagi Anda pengguna linux, program MC-51 dapat dijalankan menggunakan aplikasi Wine. Screenshot di atas adalah tampilan program MC-51 yang running pada Knoppix 7.0.5 menggunakan Wine 1.5.

Instalasi MC-51 Development System Pada Linux

Setelah file mc-setup-5.7.05.exe selesai di download, kita bisa melakukan instalasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka terminal dan arahkan direktori pada direktori dimana file mc-setup-5.7.05.exe di simpan. Pada sistem saya, file tersebut terletak pada ~/Downloads.
  2. Selanjutnya, ketikkan perintah: wine "mc-setup-5.7.05.exe" dan tekan ENTER.
  3. Installer pun dijalankan oleh Wine dan selanjutnya Anda bisa mengikuti arahan pada dialog yang ditampilkan oleh installer.

Berikut adalah screenshot-nya…

Anda tertarik untuk menggunakan MC-51 dan Turbo51? Silakan Anda lakukan instalasi dan rasakan sendiri kemudahan membuat program mikrokontroler 8051 menggunakan bahasa Turbo Pascal.

Selamat belajar dan selamat berkarya!

πŸ˜€

5 comments

  1. Imam safrullah · September 22, 2013

    Makasih mas atas share informasinya, mungkin ini tambahan informasi buat saya meski saya sesungguhnya bukan dari elektro heheeh

  2. Teknik Sumur Bor Dalam · Oktober 9, 2013

    mantap

  3. rachman · Mei 7, 2014

    wah dulu belajar pascal .di 80×86… sekarang mau nyoba ah di 89×51 hihii

  4. Ade Malsasa Akbar · Oktober 26, 2014

    Terima kasih, Kang. Tampak indah sekali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s