Cara Instalasi dan Menjalankan Program Just BASIC 1.01 Pada Linux Knoppix 7.0.5


Just BASIC 1.01 adalah interpreter bahasa BASIC berplatform Windows yang merupakan salah satu favorit saya. Interpreter ini ringan, sederhana, dan tidak bertele-tele. Interpreter ini cocok bagi pemula yang belajar pemrograman Windows. Namun demikian, interpreter yang juga mampu menghasilkan aplikasi stand-alone ini juga layak digunakan untuk membuat aplikasi komersial yang profesional.

Interpreter Just BASIC 1.01 bisa berjalan dengan baik pada Windows 98, Windows 2000, Windows XP, dan Windows 7 (untuk Windows versi lain saya belum mencoba karena tidak memiliki komputer dengan sistem operasi seperti Windows Vista dan Windows 8). Tapi saya yakin Just BASIC dapat berjalan baik pada versi-versi Windows tersebut. Btw, pada tulisan ini akan dibahas mengenai bagaimana melakukan instalasi dan menjalankan interpreter Just BASIC 1.01 pada sistem operasi linux.

Untuk menjalankan aplikasi Windows pada sistem operasi linux diperlukan sebuah program khusus yakni Wine. Versi yang saya gunakan saat ini adalah Wine 1.5 pada linux Knoppix 7.0.5. Jika Wine belum terinstal pada linux Anda, silakan melakukan instalasi Wine terlebih dahulu. Pada linux turunan Debian seperti Knoppix dan Ubuntu, Anda dapat melakukan instalasi melalui program Synaptic Package Manager.

Setelah Wine terinstalasi, langkah selanjutnya adalah men-download file instalasi Just BASIC dari situsnya dengan alamat: http://justbasic.com/jbwin101.exe.

Selanjutnya kita dapat langsung melakukan instalasi menggunakan Wine dengan cara sebagai berikut:

  1. Klik Start Menu dan pilih program WineUninstall Wine Software sehingga muncul window dialog seperti gambar berikut ini

2. Klik tombol Install… dan pilih file jbwin101.exe yang telah selesai di download sebelumnya dan Wine pun akan mengeksekusinya.

3. Ikuti petunjuk selanjutnya dan program Just BASIC 1.01 pun akan terinstalasi dan siap digunakan.

Asik, bukan? Sekarang kita dapat terus berkarya menggunakan Just BASIC 1.01 meskipun sedang bekerja menggunakan sistem operasi linux.😀

Program Just BASIC yang dijalankan dengan Wine pada linux ini sudah saya coba untuk menjalankan program interfacing serial seperti ditunjukkan oleh screenshot di atas dengan hasil yang memuaskan, program dapat berinteraksi dengan Starduino melalui port serial tanpa melakukan konfigurasi apapun!

Semoga bermanfaat, selamat belajar dan selamat berkarya!

😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s