Program Testing Modul LPT-4REL Menggunakan Free PASCAL Pada Sistem Operasi Linux


Beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk menggunakan sistem operasi linux sebagai platform kerja sehari-hari dengan tujuan agar mendapatkan pengalaman yang lebih banyak sehingga nantinya dapat memberikan kontribusi bagi komunitas pengguna linux. Sebagai awal saya ingin berbagi kode program interfacing modul driver relay. Pada tulisan ini akan saya sampaikan program singkat untuk mengakses port LPT menggunakan FreePascal.

Bagi Anda yang belum mengetahui, LPT-4REL adalah modul driver relay yang dapat dikontrol dari komputer melalui perantaraan port paralel atau LPT. Dengan modul ini kita dapat mengontrol kondisi ON/OFF dari 4 jalur tegangan listrik atau dengan kata lain berarti kita bisa mengontrol kondisi 4 jalur beban listrik. Beberapa tulisan tentang modul LPT-4REL dapat Anda telusuri melalui link berikut: https://telinks.wordpress.com/?s=lpt-4rel.

Untuk mengakses port LPT menggunakan FreePascal pada linux, program haruslah dijalankan pada mode root atau superuser, jadi kita harus memanggil program IDE FreePascal (fp) dengan command $sudo fp jika kita ingin menjalankan program secara langsung dari IDE FreePascal (Ctrl-F9). Atau bisa juga kita menjalankan IDE FreePascal sebagai user dan melakukan kompilasi program dari IDE (F9) dan menjalankan program hasil kompilasi dari command prompt menggunakan command $sudo ./lpt4rel.

FreePascal telah menyediakan sebuah unit yang berisi prosedur dan fungsi untuk mengakses port I/O lengkap dengan fungsi fpIOperm() yang berfungsi untuk "meminta ijin" kepada kernel bahwa program akan melakukan akses baca/tulis ke port I/O tertentu. Unit yang dimaksud adalah Unit x86.

Nah, berikut adalah screenshot IDE FreePascal yang menampilkan listing program pengujian LPT-4REL.

Keterangan:
Jika program tidak berhasil dijalankan, maka ada kemungkinan modul lp terinstal pada sistem linux Anda. Untuk mengeceknya, jalankan command $lsmod.

Untuk meng-uninstal modul lp, gunakan command $sudo rmmod lp. Dan selanjutnya program lpt4rel akan dengan sukses dijalankan dengan command $sudo ./lpt4rel.

Video Demo
Video demo pengontrolan modul LPT-4REL dengan program di atas dapat Anda saksikan melalui link berikut ini:

http://youtu.be/CDDCb4HRFgc

Nah, semoga sekelumit informasi hasil eksperimen ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Selamat belajar dan selamat berkarya!

😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s