Blogilo – Akhir Perburuan Blogging Client Untuk Knoppix-ku


usb2rel5

Semangat untuk bisa bekerja sepenuhnya menggunakan Linux benar-benar membara dalam diri ini. Setelah melakukan instalasi linux Knoppix 7.0.5 beberapa hari yang lalu dan dilanjutkan dengan instalasi berbagai software aplikasi untuk bekerja seperti Arduino-IDE, gEDA Schematic Editor, PCB Designer, UISP, PyParallel, PySerial, PyUSB, Lazarus, kjots, Apache, PHP, Wine, dan lain-lain dan telah pula melakukan serangkaian pengujian dengan program-program tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mencari software blogging client yang asik.

Untuk platform Windows, saya menggunakan software aplikasi Windows Live Writer yang sangat mantap untuk keperluan blogging. Dengannya kita bisa menulis dan me-layout postingan dengan nyaman dan mudah dengan hasil yang sangat memuaskan. Untuk platform Linux, dari hasil Googling, ada beberapa software yang menurut saya paling layak saya pertimbangkan untuk dipilih yakni antara lain: Qumana, Drivel, dan Blogilo.

Qumana dibuat menggunakan Java dengan tampilan User-Interface yang menarik. Setelah baca-baca situsnya, saya langsung men-download dan mencobanya. Akan tetapi sayang, proses pengambilan data dari situs WordPress selalu gagal, sepertinya masalahnya berkaitan dengan kompatibilitas Qumana dengan versi WordPress terbaru, mungkin kedepannya Qumana bisa dijadikan alternatif pilihan.

Drivel ada dalam daftar software aplikasi pada repository Knoppix, oleh karenanya proses instalasi lebih aman dan nyaman. Dengan Drivel saya bisa mengedit dan meng-upload postingan ke blog WordPress. Namun demikian, Drivel kurang asik karena menuntut penguasaan skrip HTML yang belum saya miliki. Kalau untuk tulisan yang tidak membutuhkan gambar ilustrasi, Drivel bisa jadi sangat cocok karena lebih sederhana dan cepat.

Dan akhirnya, tinggallah Blogilo sebagai kandidat terakhir. Seperti halnya Drivel, Blogilo ada dalam daftar software aplikasi dalam repository Knoppix, jadi tinggal instal saja secara instan. Nah, berikut adalah penampakan Blogilo yang sedang saya gunakan untuk menulis postingan ini.

Salah satu fitur yang menjadi kelebihan Blogilo adalah mampu meng-copy blog-style dari situs server blog yang kita gunakan sehingga kita dapat mengetahui tampilan tulisan kita persis sebagaimana jika tulisan sudah kita upload ke server. Berikut adalah contoh preview yang ditampilkan oleh Blogilo.d

Bagaimana? Asik, bukan?😀

Dengan demikian berakhirlah perburuan software aplikasi blogging client untuk Knoppix-ku, setidaknya untuk saat ini sambil menunggu munculnya blogging client yang lebih baik.

Selamat belajar dan selamat berkarya!

😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s