ThinBASIC – Interpreter BASIC Asal Milan Italia Yang Penuh Gairah


gothinbasic

BASIC adalah bahasa pemrograman komputer yang pertama kali saya pelajari. Waktu itu komputer yang beredar masih PC XT 8088/8086. Sebagian PC XT waktu itu memiliki ROM BASIC, yakni versi interpreter BASIC yang tersimpan dalam ROM komputer.

Waktu itu sehari-hari saya belajar pemrograman dengan BASICA dan selanjutnya dengan GW-BASIC. Dan kemudian berlanjut dengan Turbo Basic. Cukup lama saya berkutat dengan Turbo Basic. Meskipun tak sehebat Turbo Pascal 5.5 apalagi Turbo C 2.0, tapi gairah belajar pemrograman waktu itu sangatlah luar biasa. Untuk mengatasi kekurangan Turbo Basic, saya gunakan bahasa assembler. Benar-benar masa yang penuh gairah pemrograman.πŸ™‚

Sayangnya Turbo Basic tidak terus dikembangkan sehingga Bob Zale, penciptanya memilih untuk melanjutkan kreasinya sebagai perusahaan software mandiri dengan produk PowerBasic. Hingga saat ini, PowerBasic merupakan kompiler BASIC yang diakui paling ampuh, tak heran jika NASA, AT&T, National Semiconductor, General Motors, Mettler Toledo, dan seabreg nama perusahaan besar tak terkecuali Microsoft adalah pelanggan/pengguna PowerBasic.

Nah, sekarang kita kembali pada ThinBASIC. ThinBASIC dibuat oleh Eros Olmi asal Milan, Italia. Eros adalah pengguna PowerBasic. Dengan PowerBasic inilah Eros menciptakan interpreter ThinBASIC.

Saya pernah bertanya pada Eros apakah ThinBASIC bisa disebut sebagai versi gratisnya dari PowerBasic? Eros menyatakan tidak bisa karena ThinBASIC berbeda dengan PowerBasic. Penjelasan selengkapnya: http://www.thinbasic.com/community/showthread.php?t=12079

Dari sejarah singkat ini, bolehlah kiranya saya katakan bahwa dengan menggunakan ThinBASIC, saya merasa bernostalgia dengan Turbo Basic.πŸ˜€

Baik, sekarang apakah kelebihan ThinBASIC sehingga saya perlu mengapresiasinya dengan menulis postingan ini.

Menurut pembuatnya, ThinBASIC dibuat berdasarkan gairah terhadap pemrograman (passion powered programming). Semuanya berawal dari gairah dan semangat dalam bidang pemrograman. Setelah berkutat dengan software-software pilihan yang ada namun kurang memenuhi kebutuhannya, maka mulailah Eros mengembangkan ThinBASIC. Dan setelah bertahun-tahun dikembangkan, saat ini ThinBASIC memiliki versi stabil 1.8.9.0 dan versi terbaru beta 1.9.6.0.

ThinBASIC menganut model pemrograman dengan struktur modular. ThinBASIC menyediakan modul-modul siap pakai dengan sintaksis yang jelas dan mudah dipahami. Salah satu modul andalan ThinBASIC adalah modul TBGL, yakni modul ThinBASIC untuk pemrograman grafis OpenGL. Dengan TBGL, pemrograman OpenGL menjadi jauh lebih mudah. Thanks to Petr Schreiber asal Czech. Petr inilah yang membuat modul TBGL.πŸ˜€

Sebagian modul-modul ThinBASIC adalah sebagai berikut:

  • CORE: contains all string and numeric functionalities plus main program flow
  • TBGL: provides interface for creating hardware accelerated graphics from thinBasic language.
  • CGI: contains many build in functionalities in order to use thinBasic as server side web scripting engine
  • FILE: functions working on files and directories
  • PC: functions working on PC handling
  • CONSOLE: manage scripts to be executed under Text Mode Console
  • COM: Component Objects Model
  • COMM: Serial Port Communication
  • OS: functions to manage operating system functionalities
  • LL: linked list data structure with data name association
  • Crypto: official windows cryptology plus crypto functions directly developed by thinBasic
  • DT: functions for handling date/time
  • TCP: functions to send/receive data using tcp protocol
  • BIFF: functions for handling BIFF
  • INI: GetKey, SetKey, CountSections, GetSectionList, GetSectionKeyList, …
  • INET: detect internet connection ON/OFF and type (LAN, MODEM, PROXY), Automatic connection or Hang-Up
  • SMTP: with HTML mails support, file attachments, Sync and Async
  • FTP: Connect, Quit, File list, Dir change, Upload/Download both Sync and Async, File delete and all server allowed command
  • Registry: reading and writing
  • LIST object: Create, AddItem, SetItem, GetItem, DelItem, Count, Join, Sort
  • Console operations: Print, ProgressBar, Box, SetTitle, FullScreen, Window, Top, Activate
  • Windows: MessageBox, InputBox, ProgressBar, Labels, Grids, Images, …
  • Shell execution Sync and Async
  • Environment variables
  • Binary file reading/writing
  • File handling: copy, rename, size, date, kill, exists, Dir, …
  • Path handling
  • Sounds playing (via MCI)
  • Windows controlling (Opening, closing, set foreground, sendkeys, …)
  • SQL DB connection capabilities. Any ODBC compliant DB
  • Direct Excel file writing using BIFF format
  • ZIP file handling

Satu hal lagi yang menjadi kekuatan ThinBASIC adalah forumnya yang aktif. Sangat menyenangkan sekali bisa dipandu secara langsung oleh Eros Olmi (pembuat ThinBASIC) dan Petr Schreiber (pembuat modul TBGL) dan member-member senior lainnya dalam memecahkan masalah pemrograman. Tip dan trik langsung dari master-master ThinBASIC tentunya sangat berharga bagi saya pemula ThinBASIC.πŸ™‚

ThinBASIC memiliki editor program yang baik yakni thinAir. Bagi saya pribadi, pilihan warna untuk sintaksisnya sangatlah bagus. Demikian juga dengan ukuran hurufnya, sehingga saya merasakan menulis dan membaca program ThinBASIC menjadi mudah dan nyaman.

image

thinAir juga memiliki debugger yang siap membantu kita mengatasi error dan bug. thinAir juga dilengkapi Code Browser untuk memudahkan pengaturan dan navigasi kode program terutama program yang panjang.

Btw, saya sendiri sudah sekitar 1 bulan menggunakan ThinBASIC dan berikut adalah beberapa program yang saya kembangkan menggunakan ThinBASIC.

ThinSweeper
ThinSweeper adalah program permainan seperti Minesweeper tapi dalam mode console. Kontrolnya pun (untuk versi saat ini) masih menggunakan keyboard. Sederhana, namun cukup mengasikkan.πŸ™‚

Berikut adalah screenshot dari program ThinSweeper.

ThinSweeper3

Source-code program ThinSweeper dapat Anda download melalui link berikut ini:

ThinSweeper
(~254KB)

Kontroler Modul LPT-8REL
Modul LPT-8REL adalah driver 8 buah relay yang dapat dikontrol melalui antarmuka port paralel LPT. Program kontroler ini menggunakan library InpOut32.dll. Berikut adalah screenshot programnya.

tb_lpt8rel_gui

Source-code program kontroler modul relay LPT-8REL tentunya juga dapat Anda miliki secara gratis. Untuk mendapatkannya, silakan menggunakan link berikut ini:

TB_LPT8REL_GUI.ZIP
(~377KB)

Kontroler Modul SER-4REL

Modul SER-4REL adalah modul driver relay dengan antarmuka port serial RS232. Dengan modul ini, kita dapat mengontrol 4 buah relay melalui port serial atau port USB dengan perantaraan kabel konverter USB-to-RS232.

Berikut adalah screenshot program kontrol modul SER-4REL.

tb_ser4rel_gui

Berikut adalah download link source-code program selengkapnya:

TB_SER4REL_GUI.ZIP
(~387KB)

TBGL – ThinBASIC OpenGL Module
Belum terkesima dengan kemampuan ThinBASIC? Berikut adalah screenshot permainan SpaceShooter yang dibuag dengan modul TBGL.

thinbasic_tbgl

Sangat menarik, bukan? Dan hebatnya lagi, panjang program permainan ini tidak lebih dari 300 baris perintah.πŸ˜€

Grafik Statistik
Dan jika Anda aktif dibidang pemrograman statistik, maka berikut adalah screenshot contoh program ThinBASIC yang menampilkan grafik bisnis menggunakan library RMChart.

thinBasic_RMChart1    thinBasic_RMChart2

Nah, demikianlah sekelumit tentang interpreter ThinBASIC yang dibuat dengan gairah yang tinggi dalam hal pemrograman. Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk menggunakan freeware berkualitas.

Gak harus VB6 kan? ThinBASIC juga mantab!πŸ™‚

ThinBASIC mungkin bukan versi bahasa pemrograman BASIC yang paling bagus atau paling hebat, tapi dari sekian banyak varian BASIC seperti PureBasic, XBLite, FreeBASIC, QB64, LibertyBasic, dan lain-lain, hanya ThinBASIC yang masuk dalam daftar 100 bahasa pemrograman terpopuler versi TIOBE. Cek: ThinBASIC in TIOBE Index.

Jadi bagi Anda yang membutuhkan tools pemrograman berbasis bahasa BASIC, silakan mencoba ThinBASIC dan rasakan gairahnya!πŸ˜€

Semoga bermanfaat, selamat belajar, dan selamat berkarya!

πŸ™‚

2 comments

  1. Riez · Februari 18, 2014

    Beda ama BASIC biasa apa gan

    • Chandra MDE · Februari 22, 2014

      Eros Olmi pencipta ThinBASIC dan Petr Schreiber kontributor utama ThinBASIC adalah programmer2 PowerBASIC. Mungkin perlu diperjelas apa yang dimaksud dengan “BASIC biasa”… Thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s