Mengendalikan Peralatan Listrik Dengan Komputer Melalui Port USB Dengan Modul USB-2REL


usb2rel_on_400

USB-2REL adalah modul driver 2-relay yang dapat dikendalikan oleh komputer melalui perantaraan port USB. Modul ini tidak membutuhkan catu daya eksternal sehingga sangat praktis untuk digunakan baik dengan komputer maupun laptop/netbook.

Modul USB-2REL (device) menggunakan V-USB, yakni open-source implementasi protokol USB kecepatan rendah untuk mikrokontroler AVR. Sedangkan pada komputer (host), program aplikasi pengontrolan modul USB-2REL dibuat menggunakan kompiler dan IDE C For Windows (freeware) yakni Pelles C. Untuk berkomunikasi dengan modul USB-2REL, program aplikasi menggunakan library libusb-win32 yang juga open-source.

Instalasi Driver
Ketika modul USB-2REL dihubungkan ke komputer melalui port USB, maka sistem operasi Windows akan mendeteksi adanya piranti USB yang hadir di port USB. Selanjutnya, Windows akan melakukan proses enumerasi dengan tujuan untuk mengenali piranti USB yang baru hadir tersebut. Jika piranti USB tersebut dikenali, maka Windows akan menjalankan driver yang sesuai dan piranti USB pun siap digunakan.

usb2rel_enumeratedSesaat setelah modul USB-2REL terhubung ke port USB, maka mikrokontroler akan memperoleh suplai tegangan dan firmware di dalam memori program pun dijalankan. Firmware dalam mikrokontroler pun akan menjawab proses enumerasi yang dilakukan oleh Windows dengan menyetorkan ID-nya untuk dikenali oleh Windows.

Catatan: Modul USB-2REL menggunakan firmware implementasi USB buatan OBDEV (V-USB) dan telah banyak diimplementasikan oleh banyak perancang sistem mikrokontroler karena menyediakan ID yang gratis untuk digunakan. Oleh karenanya, jika port USB yang digunakan untuk modul USB-2REL pernah digunakan untuk modul USB lain seperti USBASP misalnya, maka filter libusb akan mengenali USB-2REL sebagai USBASP. Hal ini tidak menjadi masalah karena implementasi firmwarenya sama dan modul akan tetap beroperasi dengan baik sebagai driver relay.

Akan tetapi jika Windows tidak mengenali ID dari USB-2REL sebagai piranti USB yang telah terinstalasi pada port USB, maka Windows akan menampilkan dialog instalasi driver seperti screenshot berikut ini.

telinks_usb2rel_found

Modul USB-2REL dilengkapi dengan CD yang berisi installer Pelles C, source code project program aplikasi USB-2REL, dan driver libusb untuk USB-2REL.

telinks_usb2rel_driver

Setelah folder driver USB-2REL dipilih dan tekan OK serta Next >, maka proses instalasi driver pun dimulai.

telinks_usb2rel_installdriver 

telinks_usb2rel_installed

Setelah instalasi driver selesai dan berhasil, maka USB-2REL kini siap digunakan.🙂

Program Aplikasi USB-2REL

usb2rel_app1

Ketika program aplikasi USB-2REL dijalankan, sebelum form aplikasi ditampilkan, program melakukan inisialisasi dan mencoba berkomunikasi dengan driver USB-2REL yang telah aktif. Jika gagal maka program akan menampilkan pesan kesalahan bahwa modul USB-2REL tidak ditemukan dan program pun selesai.

Tapi jika program berhasil melakukan komunikasi dengan driver USB-2REL yang telah aktif, maka form aplikasi pun ditampilkan seperti gambar di samping ini.

Modul USB-2REL dapat diperintah atau diminta melakukan/mengerjakan fungsi tertentu sesuai dengan kode permintaan yang dikenalinya. Modul USB-2REL dapat diperintah untuk mengirimkan ID dari modul USB-2REL, yang dalam hal ini adalah data string “USB-2REL”. Pada program demo, Button Baca ID Modul akan mengirimkan permintaan tersebut kepada modul USB-2REL. Setelah ID Modul USB diterima, maka program akan menampilkannya pada editbox yang tersedia.

usb2rel_app2 Modul USB-2REL juga dapat diperintah untuk mengaktifkan/mematikan RELAY-1 dan RELAY-2, baik secara individu (sendiri-sendiri) ataupun secara bersamaan. Button ON dan Button OFF pada Group RELAY-1 berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan RELAY-1. Sedangkan Button ON dan Button OFF pada Group RELAY-2 berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan RELAY-2.

Button ALL RELAYS ON berfungsi untuk mengirimkan permintaan agar modul USB-2REL mengaktifkan kedua relay secara bersamaan. Dan Button ALL RELAYS OFF berfungsi untuk mengirimkan permintaan agar modul USB-2REL mematikan kedua relay secara bersamaan. Button EXIT, seperti nama yang diberikan kepadanya, berfungsi untuk keluar dari aplikasi.

Berikut adalah foto hasil pengujian modul USB-2REL dengan program aplikasi di atas.

usb2rel_onoff

Modul USB-2REL beserta dengan driver dan program aplikasinya telah kami uji pada beberapa komputer yang kami miliki, antara lain:

  • Netbook Lenovo @1.66GHz + Windows 7
  • PC Pentium-4 XEON @3.2GHz + Windows XP
  • PC Pentium-3 @750MHz + Windows XP
  • PC Pentium-2 @333MHz + Windows 98

Berikut adalah screenshot hasil pengujian pada sistem-sistem tersebut.

usb2rel_win7_640

usb2rel_winxp

usb2rel_win98_640

Bagi Anda pengguna Delphi, VB, VB.NET, PHP, FoxPro, atau yang lain (selain C), kami sediakan juga sebuah command-line tool untuk mengontrol modul USB-2REL melalui DOS Prompt, yakni USB2R.EXE. Informasi selengkapnya silakan membaca tulisan berikut ini:

USB2R.EXE – Command-Line Tool Untuk Modul Driver Relay USB-2REL

Berikut adalah screenshot program aplikasi kontrol USB-2REL yang dibuat menggunakan VB.NET 2005 Express Edition.

usb2rel_vbnet

Anda juga dapat menyaksikan video demo pengontrolan modul USB-2REL melalui YouTube dengan mengikuti link berikut ini:

http://youtu.be/6pKTG_XfYP0

Nah, jika Anda berminat dengan modul USB-1REL, USB-2REL, USB-4REL, data logger suhu/kelembaban, atau modul antarmuka lain baik yang berbasis USB ataupun yang lain, silakan menghubungi kami melalui email ke: info@teknikelektrolinks.com atau kunjungi situs kami di: http://teknikelektrolinks.com.

Selamat berkarya!

🙂

10 comments

  1. Ricky · Maret 12, 2013

    Makasih sharing nya. Bikin program windowsnya pake apa? Apakah Visual Basic? Chip apa yang digunakan sebagai pengontrol relay? Apakah attiny 2313?

    • Chandra MDE · Maret 12, 2013

      Terima kasih atas komentarnya. Untuk programnya saya pakai C, mikrokontrolernya ATtiny2313.

  2. Abdullah Aslam · Maret 15, 2013

    bisa pake visual basic g?

  3. Idez · Maret 18, 2013

    Bisa diaplikasikan Untuk Starting Motor 3 Phase dengan sistem Soft Starter atau DOL Mas Chandra..?

    • Chandra MDE · Maret 18, 2013

      Bisa, USB-2REL bisa digunakan untuk aplikasi seperti kontroler pintu portal atau yang lain.

  4. juist · Maret 24, 2014

    apakah usb relay ne bisa di gunakan utk membuat palang otomatis menggunakan fingerprint ttpi alat penghubung bantuan dgn motor/dinamo dgn USB 2REL ini…..

    • Chandra MDE · Maret 25, 2014

      Aplikasinya sangat luas, tapi memang beberapa pelanggan menggunakannya sebagai antarmuka pengontrolan palang pintu otomatis. Sangat praktis karena tidak memerlukan catudaya eksternal dan kami mendukung aplikasi Windows dan Linux.

      • juist · April 6, 2014

        oke bang chandra,, berarti usb 2rel bisa mengontrol palang otomatis kan bang

      • Chandra MDE · April 6, 2014

        Bisa dan kebetulan beberapa pelanggan menggunakan USB-2REL untuk aplikasi portal otomatis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s