Modul Driver TALLY LIGHTS Empat Channel Untuk Software Video Mixing vMix


TLXD_Indicator

Tally Lights adalah lampu sinyal yang diletakkan pada kamera video yang berfungsi sebagai indikator status untuk memberitahukan kepada kamerawan apakah kamera yang dikontrolnya dalam status PREVIEW ataukah ACTIVE.

Status kamera preview atau active ditentukan secara mutlak oleh operator software video mixing yang ada di studio. Ketika operator mixing mengaktifkan tayangan Kamera-1 misalnya, maka lampu sinyal ACTIVE pada Kamera-1 akan menyala dan lampu sinyal PREVIEW pada Kamera-1 akan padam. Bersamaan dengan itu, lampu sinyal ACTIVE pada kamera yang sebelumnya menyala (aktif), akan padam dan lampu sinyal PREVIEW-nya akan menyala.

Berikut adalah foto modul driver Tally Lights 4-Channel yang kami buat untuk mendukung software video mixing vMix. Modul berkomunikasi dengan software vMix melalui port serial RS232 atau dapat juga melalui port USB dengan perantaraan kabel konverter USB-to-RS232.

telinks_tallylights_640

Modul ini memerlukan catu daya 5V DC yang dapat secara langsung diambilkan dari CPU komputer. Blok terminal lampu sinyal untuk masing-masing kamera terdiri dari 3 terminal yakni: Preview LED, +5V DC Source, dan Active LED. Modul dilengkapi driver penguat arus sehingga modul dapat digunakan untuk lampu LED biasa (5mm) maupun LED besar (10mm), atau lampu indikator bertegangan DC tipe yang lain. Lampu LED juga dapat diganti dengan relay 5V untuk menggerakkan beban yang lebih besar. Fungsi penguat arus juga untuk mengantisipasi panjangnya kabel yang dalam prakteknya nanti bisa sangat panjang.

Untuk dapat menggunakan modul ini dengan software vMix, berikut adalah screenshot pengesetan Tally Lights pada menu Settings dan Input pada masing-masing channel.

vmix_tallylights_setting

Pada form Settings di atas, terdapat 6 set Tally Lights yang diberi nomor 1 hingga 6. Tally Lights 1 menggunakan pin-2 untuk Preview dan pin-3 untuk Active. Tally Lights 2 menggunakan pin-4 untuk Preview dan pin-5 untuk Active. Dan seterusnya.

vmix_tallylights_ch12

Screenshot di atas adalah contoh pengesetan Tally Lights untuk Channel-1 dan Channel-2. Form dapat diaktifkan dengan meng-klik tombol [i] yang ada di bawah masing-masing tampilan channel. Channel-1 atau Kamera-1 menggunakan Tally Lights nomor 1 dan Channel-2 menggunakan Tally Lights nomor 2. Port serial yang digunakan dalam contoh ini adalah COM1.

Rangkaian LED Preview dan LED Active
Berikut adalah skematik rangkaian LED Preview dan LED Active yang terhubung ke terminal-terminal modul driver Tally Lights.

tallylights_skematik

Nilai resistansi dapat diganti sesuai kecerahan nyala LED yang diinginkan selama masih dalam toleransi aman dari batas arus maksimal LED yang digunakan.

Berikut adalah foto pengujian modul Tally Lights dengan 2 set lampu sinyal untuk Channel-1 dan Channel-2.

telinks_tallylights2_640

Anda juga dapat melihat video demo modul driver Tally Lights yang dikontrol melalui software video mixing vMix melalui link berikut ini:

http://youtu.be/UA6gxR4Ec8E

Nah, bagi Anda yang berminat dengan modul driver Tally Lights, silakan langsung menghubungi kami melalui email ke info@teknikelektrolinks.com.

Selamat berkarya!

🙂

2 comments

  1. ipanase · Februari 23, 2013

    keren (y)

  2. rizal · Februari 26, 2013

    pas mantab..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s