Mengenal Mongoose – Web Server Mini Yang Support PHP-CGI


mongoose_telinks

Mongoose adalah sebuah proyek web-server yang diciptakan dan dikembangkan sejak tahun 2004 oleh Sergey Lyubka dari Irlandia. Tujuannya adalah membuat sebuah web-server yang sederhana, berfungsi dengan baik, dan embeddable sehingga sangat membantu kita dalam proses pengembangan dan pengujian sistem berbasis web yang kita rancang.

Berbeda dengan paket program web-server besar seperti Apache dan IIS yang membutuhkan instalasi dan membutukan ruang hardisk yang cukup besar, maka dengan Mongoose, kita dapat memiliki web-server tanpa harus melakukan instalasi apapun. Tak hanya tanpa instalasi, ukuran file program Mongoose juga relatif kecil, hanya 140KB saja! Dan untuk paket program Mongoose + PHP-CGI, besarnya hanya ~6MB saja!!

“Nah, seberapa mudah penggunaan Mongoose?”

Jawabannya adalah: AMAT SANGAT MUDAH SEKALI!😀

Perhatikan screenshot di atas. Program Mongoose saya letakkan di folder C:\relay. Tentunya hal ini tidaklah mutlak, Anda dapat menempatkan Mongoose pada folder pilihan Anda.

Sub-folder web_root adalah folder tempat file-file situs yang berisi fle html, php, dan/atau yang lain. Jika program Mongoose kita jalankan dari folder tersebut, maka akan tersedia web-server yang dapat diakses pada port 8080. Dan dengan mengetikkan alamat: http://localhost:8080 pada browser kesayangan Anda, maka akan ditampilkan halaman default bawaan paket program Mongoose yang ada dalam sub-folder web_root seperti screenshot berikut ini.

mongoose_index

Dengan munculnya halaman info PHP ini, maka web-server Mongoose telah berjalan dengan baik. Namun untuk lebih memastikan hal ini, maka kita akan membuat sebuah halaman web menggunakan php. Berikut adalah listing programnya.

<h2 align="center">Tes Penjumlahan</h2>
<table align="center"><tr><td width="200" align="center">
<hr/><br />
<?php
    $A = 10;
    $B = 20;
    $C = $A + $B;
    echo "A = " . $A . "<br/>";
    echo "B = " . $B . "<br/>";
    echo "C = " . $A . " + " . $B . " = " . $C . "<br/>";
?>
<br /><hr/>
<h3>http://teknikelektrolinks.com</h3>
</td></tr></table>

Ketik skrip di atas dengan editor teks kesayangan Anda dan simpan dengan nama file tes.php dan letakkan dalam sub-folder web_root. Selanjutnya buka browser Anda dan ketikkan alamat http://localhost:8080/tes.php. Dan hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan screenshot berikut ini.

mongoose_tesNah, mudah sekali bukan? Sekarang kita bisa merasa yakin karena telah terbukti Mongoose mampu menginterpretasikan skrip PHP dengan baik.

Apakah hanya skrip PHP yang bisa dijalankan oleh Mongoose? Tidak. Anda bisa menggunakan interpreter favorit Anda sebagai interpreter untuk menjalankan skrip CGI untuk halaman web Anda. Anda bisa menggunakan Perl, Lua, Python atau yang lain.

Atau jika Anda penggemar berat bahasa C/C++, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda juga bisa menulis skrip dalam bahasa C/C++ dengan menggunakan interpreter bahsa C/C++ yang hebat, yakni Ch. Anda dapat membaca tulisan saya: Belajar Pemrograman C/C++ Dengan Ch Dari SoftIntegration.

Berikut saya berikan contoh skrip bahasa C yang dijalankan dari web browser. Untuk melakukan eksperimen ini, software Ch harus sudah terinstalasi pada direktori c:\ch, sehingga file ch.exe berada pada direktori c:\ch\bin\ch.exe. Ketik listing program bahasa C di bawah ini dan simpan pada sub-folder web_root dengan nama tes.cgi.

#!c:\ch\bin\ch.exe

void main(void)
{
    int i;

    printf( "Content-type: text/html\n\n");
    printf( "<html><body>\n");
    printf( "<h2>Tes Skrip Bahasa C</h2>");
    printf( "<hr/>");
    printf( "<p>Skrip ini dijalankan oleh interpreter Ch dari SoftIntegration</p>");
    printf("<p>Deret 10 bilangan genap pertama menggunakan perulangan for.</p>");

    for (i=2; i<=20; i+=2)
        printf("%4d", i);

    printf("<br /><br /><br /><hr>");
    printf( "<p>Chandra MDE – http://teknikelektrolinks.com</p>");
    printf( "</body></html>");
}

Sebelum mencoba pada browser, lakukan setting pada Mongoose dengan cara meng-klik kanan pada icon Mongoose yang aktif pada tray icon di pojok kanan-bawah dan pilih menu Edit Settings. Berikut adalah tampilan window Mongoose settings.

mongoose_settings

Selanjutnya, kosongkan parameter cgi_interpreter (hapus “php-cgi.exe”) dan tekan tombol Save Settings.

Buka browser Anda dan ketikkan alamat: http://localhost:8080/tes.cgi. Browser akan menampilkan halaman seperti screenshot berikut ini.

mongoose_ch

Catatan
Dengan mengosongkan parameter cgi_interpreter, maka Mongoose dapat menjalankan skrip dengan interpreter apapun dengan syarat: baris pertama skrip harus menunjuk pada file program interpreter yang digunakan. Pada contoh skrip bahasa C di atas, baris pertamanya adalah:

#!c:\ch\bin\ch.exe

Skrip PHP sebelumnya juga dapat dijalankan dengan menambahkan baris perintah:

#c!c:\relay\php-cgi.exe

pada baris pertama skrip PHP.

Demikian sekilas tentang web-server Mongoose yang sangat menarik untuk dipelajari dan dimanfaatkan. Semoga dapat memberi manfaat.

Lebih detil mengenai Mongoose dapat Anda pelajari melalui situsnya dan juga melalui group mongoose-users.

Selamat belajar dan selamat berkarya!

🙂

One comment

  1. Dwi Riza · Januari 22, 2013

    mantab mas.. aq coba berhasil, sangat mudah sekali.. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s