Hygrostat H103 – Modul Kontroler Kelembaban Udara Berbasis ATmega8 dan DHT11


telinks_h103_400

DHT11 adalah modul sensor suhu dan kelembaban udara yang mempunyai jangkauan pengukuran suhu antara 0-50°C dan jangkauan pengukuran kelembaban udara 20-95%RH. Modul sensor ini memiliki akurasi pengukuran suhu sekitar 2°C dan memiliki akurasi pengukuran kelembaban sekitar 5%. DHT11 cukup ekonomis namun memadai untuk aplikasi monitoring maupun untuk aplikasi pengontrolan kelembaban udara.

Gambar di samping adalah foto modul kontroler kelembaban udara H103. Modul hygrostat ini secara kontinyu melakukan pengukuran kelembaban udara dan menampilkannya pada display seven-segment. Selain melakukan monitoring, modul H103 juga melakukan pengontrolan terhadap kelembaban udara disekitarnya. Jika kelembaban udara turun hingga di bawah batas yang telah ditentukan, maka modul H103 akan mengaktifkan relay yang kontaknya dapat digunakan untuk menghidupkan mesin-mesin humidifier (penambah kelembaban) seperti nebulizer (pengkabut air), atau piranti sprayer elektrik seperti yang digunakan pada mesin pengharum ruangan, atau elemen pemanas air.

Modul H103 memiliki 3 buah parameter yang dapat diset menggunakan 3 buah tombol operasional yang ada di bawah display seven-segment. Berikut adalah tabel parameter beserta fungsinya.

PARAMETER SIMBOL KETERANGAN
Setting Value SV Nilai kelembaban target yang diinginkan. Nilainya
berkisar antara 25 – 90 %
Durasi On DN Durasi Relay On
Durasi Off DF Durasi Relay Off

SV adalah nilai kelembaban yang ditargetkan. Untuk aplikasi penetasan telur misalnya, nilai kelembaban dijaga pada kisaran 50-60%. Nilai default SV pada kontroler H103 adalah 56%. Kontroler dengan aturan kontrolnya akan menjaga kelembaban udara dikisaran nilai SV. Jika nilai kelembaban kurang dari SV, maka relay akan aktif selama durasi yang telah ditetapkan (DN). Setelah relay aktif selama Durasi On, maka kontroler akan memasuki kondisi standby selama Durasi Off (DF).

Kelembaban adalah besaran fisik yang lambat perubahannya, dan kita tidak mau kelembaban naik secara drastis atau pun turun secara drastis. Oleh karenanya kita harus dapat mengontrol seberapa lama humidifier aktif dan seberapa lama kontroler harus menunggu (standby) untuk memastikan bahwa proses penambahan kelembaban sudah merata.

Untuk keperluan itulah, maka Hygrostat H103 dilengkapi dengan parameter Durasi ON (DN) dan Durasi Off (DF). Dengan mengeset waktu masing-masing parameter, kita akan dapat mengontrol aksi kontroler dalam meningkatkan kelembaban secara optimal. Nilai minimum masing-masing parameter adalah 1 detik dan nilai maksimumnya adalah 999 detik.

Hal ini tentunya tidak dapat ditentukan secara absolut bahwa nilai Durasi On dan Durasi Off yang tepat adalah 3 detik dan 300 detik misalnya. Akan tetapi, penentuan nilai parameter DN dan DF haruslah disesuaikan dengan sistem humidifier yang digunakan. Setiap model humidifier memiliki laju kemampuan meningkatkan kelembaban yang berbeda-beda. Oleh karenanya parameter Durasi On dan Durasi Off harus disesuaikan sampai sistem kontrol bekerja mengontrol kelembaban dengan optimal.

Nilai DN dan DF untuk sistem yang menggunakan ultasonic nebulizer sebagai humidifier akan berbeda dengan sistem yang menggunakan elemen pemanas air sebagai humidifier. Oleh karenanya, kesabaran dalam proses tuning juga diperlukan demi memperoleh kinerja kontroler yang optimal.

Nilai-nilai default yang diberikan pada parameter-parameter Hygrostat H103 adalah:

PARAMETER NILAI DEFAULT
Setting Value (SV) 56 %RH
Durasi On (DN) 3 detik
Durasi Off (DF) 300 detik (=5 menit)

Selama proses Durasi On, kontroler akan menampilkan nilai kelembaban aktual (PV=Process Value) dan countdown Durasi On. Selama proses Durasi On, LED indikator relay akan menyala.

Dan selama proses Durasi Off (standby), kontroler akan menampilkan nilai kelembaban aktual (PV) dan countdown Durasi Off. Selama proses Durasi Off (standby), LED indikator relay akan padam.

Nah, berikut adalah foto-foto pengesetan parameter SV, DN, dan DF pada Hygrostat H103.

h103_sv

h103_dn

h103_df

Video demo Hygrostat H103 dapat Anda saksikan melalui situs YouTube dengan mengikuti link berikut ini: http://youtu.be/xTtLlCTubfo.

Nah, jika Anda membutuhkan kontroler kelembaban untuk mesin penetas telur, lumbung jamur, atau aplikasi lain, maka Hygrostat H103 dari Teknik Elektro Links sangat cocok untuk Anda.

Untuk informasi harga dan pemesanan, silakan mengunjungi situs kami di: http://teknikelektrolinks.com.

Selamat berkarya!

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s