Thermostat E203 – Kontroler Suhu Dengan 2 Setting-Value Dan 2 Relay-Output


telinks_e203_400

Thermostat E203 adalah sebuah modul rangkaian kontroler suhu bebasis mikrokontroler ATMEL AVR ATmega8 yang menggunakan sensor suhu LM35 dengan jangkauan pengukuran 0-100°C.

Thermostat E203 memiliki 2 parameter suhu target (setting-value) yakni SV1 dan SV2 yang masing-masing dapat diset melalui tombol-tombol operasional. SV1 untuk RELAY1 diset menggunakan Tombol Kiri dengan Tombol Tengah dan Tombol Kanan sebagai fungsi pengurang dan penambah. SV2 untuk RELAY2 diset menggunakan Tombol Kanan dengan Tombol Kiri dan Tombol Tengah sebagai penguran dan penambah. Nilai pengurangan atau penambahan setting-value adalah 0,5°C.

Thermostat E205 dioperasikan dengan tegangan DC 5V. Pada foto diperlihatkan sebuah unit power supply DC 5V, 2A yang sangat mantap digunakan untuk menyuplai Thermostat E203 maupun modul-modul rangkaian 5V DC yang lainnya.

FUNGSI RELAY1 DAN RELAY2
RELAY1
berfungsi sebagai pemanas (HEATING). RELAY1 akan ON jika suhu belum mencapai target dan RELAY1 akan OFF jika suhu target tercapai. RELAY1 akan ON lagi jika suhu drop dibawah suhu target.

RELAY2 dapat berfungsi sebagai pemanas (HEATING) atau pendingin (COOLING). Pemilihan fungsi dilakukan dengan menghubungkan atau melepas jumper yang ada pada board. Jika difungsikan sebagai pendingin, maka RELAY2 akan ON jika suhu sudah mencapai target dan akan OFF jika suhu dibawah target.

Dengan demikian, Thermostat E203 dapat memiliki mode PEMANAS-PEMANAS atau PEMANAS-PENDINGIN.

APLIKASI FUNGSI PEMANAS – PEMANAS
Dengan fungsi ini sistem dapat memiliki 2 bank pemanas yang bekerja dengan sistem sebagai berikut:

  • Jika SUHU < SV1, maka RELAY1 ON (PEMANAS1 ON)
  • Jika SUHU > SV1, maka RELAY1 OFF
  • Jika SUHU < SV2, maka RELAY2 ON (PEMANAS2 ON)
  • Jika SUHU > SV2, maka RELAY2 OFF

Jika SV1 = 40 dan SV2 = 45, maka pada awal kerja, kedua pemanas akan aktif sehingga peningkatan kalor akan lebih cepat. Setelah suhu melampaui SV1, maka PEMANAS1 OFF dan PEMANAS2 tetap ON. PEMANAS2 akan OFF setelah suhu melampaui SV2. Demikian seterusnya, sehingga pada prinsipnya PEMANAS1 hanya bekerja jika suhu drop melampaui SV1.

APLIKASI FUNGSI PEMANAS-PENDINGIN
Dengan fungsi ini kita dapat menerapkan RELAY2 sebagai alarm peringatan yang aktif jika suhu melampaui batas yang telah ditentukan, atau untuk mengaktifkan FAN yang akan mempercepat proses penurunan suhu manakala suhu melebihi batas yang telah ditentukan.

NILAI HYSTERESIS
Thermostat E203 memiliki parameter nilai hysteresis sebesar 1, artinya kontroler menambahkan faktor +/-Hysteresis sebagai toleransi kerja RELAY. Jika SV1=37, maka RELAY1 akan OFF jika suhu melebihi 38°C, dan RELAY1 akan ON kembali jika suhu kurang dari 36°C.

Jika Anda berminat dengan modul Thermostat E203, silakan menghubungi kami melalui: http://teknikelektrolinks.com/kontak.htm.

Selamat berkarya!

🙂

One comment

  1. Sarkalie shift · Oktober 30, 2012

    E203+psu udah nyampe 301012 at 13.22. Thxz bang, nah manual pdf-nya boleh di kirim di email ga nie, trimakasih senang berbisnis dgn anda🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s