Tutorial Mikrokontroler 89S51: Mengenal MIDE-51 Development Tools MCS-51 GRATIS Dari OpCUBE


mide51

MIDE-51 adalah sebuah paket program IDE untuk mikrokontroler MCS-51 yang terintegrasi dengan kompiler C MCS-51, assembler MCS-51, dan juga simulator MCS-51.

Untuk kompiler C, MIDE-51 menggunakan program SDCC dan untuk assembler, MIDE-51 menggunakan ASEM51. Baik SDCC maupun ASEM51, keduanya termasuk program-program terbaik yang tersedia secara gratis (freeware). ASEM51 adalah assembler yang pernah digunakan untuk memprogram Mobot Mars!

Untuk simulator, MIDE-51 mengintegrasikan program TS Controls Emulator 8051 dan JSim51. Meskipun kedua simulator ini dibuat pada tahun 1998 dan 1999, namun masih layak kita gunakan dalam proses debugging. Software TS Controls Emulator 8051 adalah simulator yang dulu menemani saya bertahun-tahun dalam mempelajari pemrograman 8051, termasuk juga saya gunakan dalam pekerjaan secara profesional.

MIDE-51 menganut sistem single-file project, jadi dalam pembuatan program kita hanya perlu membuat sebuah file program saja, sehingga sangatlah cocok digunakan untuk pemula. Namun demikian, bukan berarti MIDE-51 tidak layak digunakan untuk membuat program 8051 yang kompleks.

Membuat Program BLINK.C

mide51_new

Sebagai contoh, mari kita membuat program BLINK.C. Program ini sederhana saja, hanya mengubah-ubah kondisi logika PORT1 dari logika HIGH ke logika LOW dan sebaliknya secara terus-menerus dengan interval tertentu. Atau biasa disebut sebagai blinking led kalau pada pin PORT1 kita berikan rangkaian LED.

Langkah pertama adalah memilih menu File –> New atau bisa juga dilakukan dengan menekan tombol shortcut Ctrl-N.

Selanjutnya, MIDE-51 akan membuka window editor baru yang belum bertitel apapun (Untitled).

Langkah selanjutnya adalah mengetik listing program berikut ini:

/* BLINK.C */

#include <at89x51.h>

void delay(int n)
{
  int i, j;
  for (i=1;i<=n;i++)
    for (j=1;j<=10;j++);
}

/* PROGRAM UTAMA */
int main(void)
{
  while(1)
  {
    P1 = 0;
    delay(5000);
    P1 = 0xff;
    delay(5000);
  }
}

Setelah selesai mengetik program di atas, simpan dengan nama blink.c dan kompilasi dengan memilih menu Build –> Build and Sim.

mide51_save      mide51_build

Selesai melakukan kompilasi, MIDE-51 akan mengeksekusi program TS Controls Emulator 8051 dan otomatis membuka file hexa hasil kompilasi SDCC sebagai berikut:

image

Untuk melakukan simulasi (debugging), terdapat beberapa perintah yang dapat kita gunakan yakni:

  • Step Into Next Instruction (F11)
  • Step Over CALL (F10)
  • Step Over CALL/DJNZ (Shift-F10)
  • Reset (Ctrl-Shift-F5)

Dengan perintah-perintah tersebut kita dapat mengikuti jalannya program dengan tujuan agar kita dapat lebih memahami bagaimana program mikrokontroler bekerja. TS Controls Emulator 8051 juga dapat mensimulasikan kerja TIMER dan juga INTERRUPT. Memang bukan software emulator yang ‘DAHSYAT’, tapi layak untuk digunakan.

Jika Anda mengikuti jalannya program assembler pada simulator, nantinya akan terlihat perubahan nilai pada register P1 (PORT1) yang berubah-ubah dari FF ke 00 dan sebaliknya. Nilai register ini dapat di lihat pada Window SF Registers.

Untuk simulator JSIM-51 dapat Anda coba dan bandingkan sendiri.

Btw, File hexa hasil kompilasi program dapat langsung diprogram ke memori mikrokontroler menggunakan rangkaian dan program downloader ISP untuk dilihat hasil kerjanya secara langsung menggunakan board mikrokontroler 89S51.

Sekian perkenalan singkat kita dengan MIDE-51. Anda dapat mengunduh paket program MIDE-51 menggunakan download link berikut ini.

Download MIDE-51
( ~4 MB )

Selamat belajar dan selamat berkarya!

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s