Monitoring Mesin Produksi Menggunakan Modul SER-AC5IN


telinks_serac5in

Menilai efektifitas seorang operator mesin produksi serta efisiensi kerja mesinnya dapat dilakukan dengan cara memonitor kondisi mesin produksi yang dioperasikan oleh operator tersebut.

Salah satu parameter monitoring yang paling umum adalah kondisi mesin, yakni sedang beroperasi ataukah tidak.

Dengan memonitoring dan mencatat (logging) kondisi mesin setiap saat, maka dari data pencatatan akan dapat diketahui kinerja mesin tersebut serta operator mesin tersebut.

Modul SER-AC5IN adalah modul antarmuka serial RS232 yang dapat menerima masukan tegangan AC 220V dan mendeteksi ada-tidaknya tegangan AC 220V tersebut. Data kondisi masing-masing masukan dapat dikirim ke komputer melalui antarmuka serial RS232 dengan baudrate 2400.

telinks_serac5in_uji Dengan menghubungkan kabel LINE-220V dan NEUTRAL dari panel kontrol mesin ke terminal masukan pada modul, maka jika panel mesin dihidupkan, modul akan mendeteksi adanya tegangan AC 220V (MESIN ON). Dan ketika panel kontrol mesin dimatikan, maka tidak ada tegangan AC 220V pada terminal masukan dan modul tidak mendeteksi adanya tegangan AC 200V (MESIN OFF).

Modul SER-AC5IN bekerja dengan catudaya DC 12V. Rangkaian sensor tegangan menggunakan komponen optoisolator sehingga sisi rangkaian kontroler dan RS232 aman dari bahaya tegangan tinggi. Modul ini juga dilengkapi 5 buah LED indikator untuk menyatakan kondisi dari masing-masing masukan tegangan AC 220V.

Berikut adalah demo program monitoring kondisi mesin-mesin produksi yang saya buat menggunakan VB.NET 2005 Express Edition. Demo program menggunakan komponen MSCOMM32 untuk menangani komunikasi data secara serial dengan modul SER-AC5IN. Oleh karenanya pengguna VB6, MS Excel, MS FoxPro tidak akan mengalami kesulitan dalam hal pemrogramannya.

telinks_ser5inac220v_vbnet

Prinsip kerja program adalah sebagai berikut. Secara periodik (1 detik), komputer meminta data kondisi mesin kepada modul SER-AC5IN dengan cara mengirimkan perintah “RS” yang akan dibalas oleh modul SER-AC5IN dengan “MKxxxxxOK”. Karakter-karakter x adalah karakter ‘0’ atau ‘1’ yang menyatakan kondisi mesin, yakni tidak beroperasi atau beroperasi dari masukan Terminal-1 hingga Terminal-5.

Jadi semisal Mesin-1 dan Mesin-4 ON, dan mesin yang lain OFF, maka data yang dikirim oleh modul SER-AC5IN ke komputer adalah: “MK10010OK”.

Selanjutnya program menyeleksi karakter-karakter pada data untuk menentukan kondisi Mesin-1 hingga Mesin-5. Berikut adalah penggalan program demo VB.NET untuk penyeleksi kondisi Mesin-1 sampai dengan Mesin-5.

If AxMSComm1.CommEvent = 2 Then
            s = AxMSComm1.Input
            TextBox1.AppendText(t + " – " + s + Chr(13) + Chr(10))
            TextBox1.ScrollToCaret()
            If s(0) = "M" And s(1) = "K" Then
                If s(2) = "0" Then
                    tbMesin1.Text = "TIDAK BEROPERASI"
                Else
                    tbMesin1.Text = "BEROPERASI"
                End If

                If s(3) = "0" Then
                    tbMesin2.Text = "TIDAK BEROPERASI"
                Else
                    tbMesin2.Text = "BEROPERASI"
                End If

                If s(4) = "0" Then
                    tbMesin3.Text = "TIDAK BEROPERASI"
                Else
                    tbMesin3.Text = "BEROPERASI"
                End If

                If s(5) = "0" Then
                    tbMesin4.Text = "TIDAK BEROPERASI"
                Else
                    tbMesin4.Text = "BEROPERASI"
                End If

                If s(6) = "0" Then
                    tbMesin5.Text = "TIDAK BEROPERASI"
                Else
                    tbMesin5.Text = "BEROPERASI"
                End If
            End If
        End If

Sangat sederhana. Dengan menyeleksi karakter-karakter dari string data yang diterima, maka dapat ditampilkan kondisi Mesin-1 sampai Mesin-5 seperti ditunjukkan pada tampilan program di atas.

Modul SER-AC5IN siap-pakai untuk mendukung sistem monitoring kondisi mesin produksi. Dengan instalasi dan teknik  pemrograman yang sederhana, maka modul ini sangat cocok bagi punggawa-punggawa IT yang kurang memahami sistem elektronika.

Jika Anda berminat, silakan menghubungi melalui http://teknikelektrolinks.com/kontak.htm atau email ke info@teknikelektrolinks.com. Modul dilengkapi dengan CD yang berisi installer VB.NET 2005 Express Edition dan source code demo program.

Selamat berkarya!

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s