SER-2RI: Modul Driver 2-Relay dan 2-Input Dengan Antarmuka Serial RS232


telinks_ser2r2i_500x375

Modul SER-2RI adalah pengembangan dari modul SER-2REL. Selain dapat digunakan untuk mengontrol 2 buah relay, modul ini juga dapat mengirimkan pesan ke komputer manakala terjadi perubahan nilai pada kaki-kaki inputnya. SER-2RI memiliki 2 buah terminal input digital tipe ACTIVE-LOW.

Modul SER-2R2I dapat menerima input berupa kontak sehingga sangat cocok untuk digunakan pada aplikasi monitoring mesin-mesin produksi misalnya. Dengan modul ini, kita dapat mengetahui apakah sebuah mesin sedang beroperasi ataukah tidak. Dengan menerapkan sistem monitoring yang baik, kita juga dapat mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi kerja dari sebuah mesin. Bahkan, dapat juga kita ketahui seberapa bagus kinerja operator mesin tersebut.

Aplikasi lain yang cocok adalah remote panel pintu portal menggunakan komputer. Jika di tempat Anda menggunakan pintu portal dengan kontrol berupa tombol manual, maka dengan modul SER-2RI, Anda dapat mengontrol pintu portal menggunakan komputer, yang tentu saja penambahan unit komputer tidak semata-mata digunakan untuk mengontrol pintu portal tapi juga untuk keperluan sistem informasi lain seperti kartu parkir, pencatatan kendaraan yang masuk atau keluar, dan lain sebagainya.

ser2ri_vbnet Di samping ini adalah screenshot demo program pengontrolan relay dan monitoring input menggunakan modul SER-2RI dengan program yang dibuat menggunakan VB.NET 2005 Express Edition. Untuk komunikasi port serial digunakan komponen ActiveX MSCOMM32.OCX.

Komponen ini dipilih karena sepertinya pengguna VB6 lebih banyak dibandingkan dengan VB.NET Express Edition, sehingga oleh karenanya saya tidak menggunakan komponen SerialPort bawaan Microsoft .NET dengan alasan agar program ini lebih mudah diadopsi oleh para pengguna VB6 ataupun produk Microsoft lain seperti Visual Foxpro misalnya.

 

Perintah Kontrol dan Monitoring
Untuk mengontrol relay digunakan perintah sebagai berikut:

Perintah Fungsi
R11 Relay1 ON
R10 Relay1 OFF
R1X Relay1 ON selama 0,5 detik dan kembali OFF
R1Y Relay1 ON selama 1 detik dan kembali OFF
R1? Meminta data kondisi Input1
R21 Relay2 ON
R20 Relay2 OFF
R2X Relay2 ON selama 0,5 detik dan kembali OFF
R2Y Relay2 ON selama 1 detik dan kembali OFF
R2? Meminta data kondisi Input2

Untuk kebutuhan monitoring, modul SER-2RI akan mengirimkan pesan berupa data string dengan lebar 3 karakter sebagai berikut:

Pesan dikirim Arti
PA1 Input1 Aktif (Tombol1 Ditekan)
PA0 Input1 Standby (Tombol1 Dilepas)
PB1 Input2 Aktif (Tombol2 Ditekan)
PB0 Input2 Standby (Tombol2 Dilepas)

Modul SER-2RI akan mengirimkan string “PA1” jika terjadi perubahan kondisi logika Input1 dari STANDBY menjadi AKTIF, dan akan mengirimkan string “PA0” jika terjadi perubahan kondisi logika Input1 dari AKTIF menjadi STANDBY.

Demikian juga halnya dengan Input2, modul SER-2RI akan mengirimkan string “PB1” jika terjadi perubahan kondisi logika Input2 dari STANDBY menjadi AKTIF, dan akan mengirimkan string “PB0” jika terjadi perubahan kondisi logika Input2 dari AKTIF menjadi STANDBY.

Anda dapat mengunduh sourcecode demo program dari modul SER-2RI menggunakan link berikut ini.

Download SER-2RI+Sourcecode.zip
( 138.54 KB )

Untuk mengetahui informasi harga dan pemesanan, silakan menghubungi kami melalui email ke info@teknikelektrolinks.com.

Selamat berkarya!

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s