SER-6REL – Modul Driver 6-Relay via Port Serial RS232


Modul SER-6REL

Foto di samping adalah foto modul driver 6 buah relay SPDT yang dikontrol melalui antarmuka port serial RS232. Nama modul tersebut adalah SER-6REL.

Modul ini membutuhkan catudaya DC 5V dengan arus yang cukup untuk menggerakkan keenam relay yang ada. Dari hasil pengukuran menggunakan Multitester HELES UX-369, besarnya arus yang mengalir ketika semua relay ON adalah 270mA. Sedangkan besarnya arus yang mengalir ketika semua relay OFF adalah 2,5mA. Kenaikan arus yang cukup signifikan disebabkan oleh keenam LED yang juga menyala ketika relay ON. Intensitas nyala LED sengaja dibuat rendah untuk mengurangi konsumsi arus ketika relay ON. Nilai resistor pembatas arus LED yang digunakan adalah 4K7. Nilai ini bisa dinaikkan hingga 10K jika diinginkan, atau diturunkan jika menginginkan LED menyala lebih terang.

Modul SER-6REL menggunakan relay SPDT berkualitas baik dengan kemampuan kontak relay NO maksimum sebesar 10A dan kemampuan kontak relay NC maksimum sebesar 6A. Jadi relay cukup kuat untuk digunakan untuk menggerakkan beban kecil seperti lampu 5W dan lampu SL, hingga setrika atau pemanas air. Namun demikian, karena kontak tidak dilengkapi dengan rangkaian peredam spark, maka sebaiknya relay digunakan untuk menggerakkan beban yang tidak lebih dari 2A-3A, demi untuk kelangsungan operasional relay tersebut.🙂

Seperti modul-modul driver relay yang lainnya, yakni:

modul SER-6REL juga dilengkapi CD program yang berisi installer VB.NET 2005 Express Edition dan program demo SER-6REL lengkap dengan source-code. Berikut adalah tampilan program demo SER-6REL:

telinks_ser6rel_vbnet

Modul SER-6REL mengenali 14 macam data berupa rentetan karakter yang menyatakan perintah untuk menghidupkan atau mematikan relay untuk Relay-1 hingga Relay-6. Data perintah dibuat sangat sederhana sehingga mudah diimplementasikan pada aplikasi program yang Anda inginkan atau sedang Anda kembangkan.

Program demo modul SER-6REL lengkap dengan source-code dapat Anda download menggunakan link berikut ini:

Download SER-6REL+Source-code

( 66 kb )

Pengujian Modul SER-6REL

telinks_ser6rel_testingFoto berikut ini adalah foto pengujian modul SER-6REL. Tampak Relay-1, Relay-2, dan Relay-3 dalam kondisi ON, sedangkan Relay-4, Relay-5, dan Relay-6 dalam kondisi OFF.

Jika Anda membutuhkan modul driver 6 buah relay dengan antarmuka serial RS232, atau membutuhkan model yang lain sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan menghubungi kami melalui email ke: info@teknikelekrtolinks.com.

Selamat berkarya!

😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s