Eksperimen Pemrograman Serial RS232 Dengan Virtual Serial Port Kit, DockLight 1.9, dan VB.NET


fabulatech_virtualserialportVirtual Serial Port Kit adalah sebuah software yang mampu mengemulasikan port serial RS232 dalam kernel sistem operasi yang sedang aktif. Dengan software ini, kita bisa bereksperimen pemrograman serial RS232 tanpa harus memiliki hardware yang terhubung ke port serial secara fisik.

Screenshot disamping adalah tampilan dari software Virtual Serial Port Kit buatan FabulaTech yang bisa di download dari situsnya secara gratis. Pada eksperimen ini, saya membuat virtual serial port COM10 dan COM11 yang terhubung secara virtual. Data yang dikirim oleh COM10 secara otomatis diterima oleh COM11, dan sebaliknya.

Pada eksperimen ini, saya ingin melakukan komunikasi antara program PC yang saya buat dengan VB.NET 2005 Express Edition dengan mikrokontroler virtual yang saya simulasikan dengan software DockLight 1.9 (Evaluation Version).

Skenario komunikasinya sangat sederhana, yakni: PC akan mengirimkan data: “Halo Virtual Mikro” ke Virtual Micro (DockLight), dan akan dijawab oleh Virtual Micro (DockLight) dengan mengirimkan data: “Halo juga PC”. PC mengirimkan data secara periodik menggunakan timer dengan interval 1 detik.

Berikut adalah screenshot tampilan program DockLight yang berfungsi sebagai Virtual Micro dan program VB.NET 2005.

docklight_vbnetserial

Dengan menggunakan software Virtual Serial Port Kit dan DockLight, kita bisa membuat program aplikasi PC tanpa harus menghadirkan sistem yang terhubung secara fisik ke PC melalui port serial atau TCPIP. Tentunya kita harus mengetahui secara pasti mengenai protokol komunikasinya.

Software Virtual Serial Port Kit dan DockLight sangat membantu jika kita harus membangun program aplikasi PC untuk sebuah sistem yang diantarmukakan melalui port serial sementara sistem tersebut belum selesai, belum dikirim, atau ketika kita sedang ada urusan ke luar kota dan sedang mengisi waktu senggang dengan membuat program untuk proyek yang sedang kita kerjakan.

Eksperimen diatas saya lakukan pada sebuah netbook dengan sistem operasi Windows 7 Starter. Seluruh software yang saya gunakan, yakni VB.NET 2005 Express Edition, Virtual Serial Port Kit, dan DockLight 1.9 bisa digunakan pada sistem operasi Windows 2000 ke atas, jadi tidak masalah jika Anda menggunakan sistem operasi selain Windows 7.

Pada eksperimen ini saya menggunakan VB.NET 2005 Express Edition (freeware), Virtual Serial Port (TRIAL), dan DockLight 1.9 (Evaluation Version), sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan.

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

Smile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s