Kisah STARDUINO BOARD dan PING Berkiprah di Dunia Industri


pneumatic-rubber-bale-cutting-machinesBerawal dari telepon seorang rekan yang bekerja dibidang pemasaran produk-produk pneumatik tentang adanya permintaan dari salah satu pelanggannya tentang sistem pengaman untuk mesin potong pneumatik seperti pada gambar di samping.

Mesin potong tersebut mampu memotong lembaran karet dengan ketebalan beberapa sentimeter. Bisa dibayangkan jika jari operator berada di garis pemotongan ketika silinder (piston) bergerak turun dengan tekanan 5-8 bar… pasti akan terpotong!

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka perlu adanya sistem pengaman yang dapat memutus aliran angin jika operator masih berada dalam area pemotongan. Dan jika area pemotongan aman, dalam arti operator sudah berada pada zona aman, maka pemotong dapat digerakkan.

starduino_boardMenanggapi permintaan tersebut, saya pun secepat mungkin membuat prototipe sebagai alat presentasi yang dapat membuktikan konsep sistem pengaman yang akan kami tawarkan. Dengan menggunakan STARDUINO BOARD dan Sensor Jarak Ultrasonik PING))) dan LCD 16×2, prototipe pun selesai dalam beberapa jam dan siap kami presentasikan.

Walhasil, presentasi kami lancar dan proposal kami pun diterima, dan proyek pun mulai kami kerjakan.

Pengerjaan panel berlangsung lancar dan relatif cepat. Alhamdulillah, saya sudah berpengalaman selama 5 tahun lebih merancang dan membuat panel-panel distribusi dan panel kontrol, sedangkan rekan saya bahkan sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun. Kami adalah tim yang sangat kompak selama bekerja di pabrik rol karet Usaha Teknik Grafika.

Berikut adalah beberapa foto panel kontrol sistem pengaman mesin potong pada proses pengerjaan/pengujian dan panel yang siap diinstalasikan.

panel_pengaman_mesin_potong

panel_pengaman_mesin_potong2

Panel ini merupakan tantangan bagi Starduino Board, ATmega8, IDE Arduino, dan PING))) di dunia industri. Dengan ketahanan mikrokontroler AVR yang sudah teruji untuk dioperasikan di lingkungan industri, PING))) Parallax yang hebat, dan library Arduino yang sudah digunakan dan diuji secara internasional, maka sistem berbasis ATmega8 dan Arduino layak digunakan untuk aplikasi di dunia industri.

UPDATE
telinks_starduinoapp1 Alhamdulillaah, panel sistem pengaman mesin potong pneumatik berbasis Starduino dan PING telah terinstalasi dan telah melewati tahap commissioning.

Catatan penting dalam proyek ini adalah: modul sensor PING buatan Parallax sangatlah mantab. Setelah membandingkan dengan modul sensor jarak ultrasonik yang lain (yang lebih ekonomis), kualitas PING Parallax lebih bagus, bahkan menurut saya hanya PING Parallax yang layak digunakan di lingkungan industri.

Catatan penting lainnya adalah: library siap pakai Arduino bekerja dengan baik selama didukung dengan modul-modul yang baik. Jadi jangan ragu-ragu menggunakan software Arduino untuk mengembangkan firmware sistem berbasis ATmega8/168/328. Dengan Arduino, pemrograman menjadi lebih efisien.

Sekilas Starduino Board
starduino_board Starduino Board adalah sistem minimum mikrokontroler berbasis ATmega8 yang siap digunakan sebagai teman bereksperimen maupun digunakan pada aplikasi sistem yang sesungguhnya. Informasi yang lebih lengkap dapat dilihat di blog: http://starduino.wordpress.com.

Untuk informasi harga dan pemesanan silakan berkunjung ke situs: http://teknikelektrolinks.com.

Selamat berkarya!

Smile

6 comments

  1. hacker · Juli 7, 2012

    hem… pengalaman yang luas sekali, 5 tahun🙂

  2. nor aziz · September 2, 2012

    wah, salut dengan karya bapak..
    btw saya lagi naksir ama cashing panel box diatas. belinya dimana ya? saya tinggal di kota malang.
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s