SER-1REL – Modul Driver Relay Via Port Serial RS232


telinks_ser_1rel

Modul SER-1REL adalah sebuah modul pengontrol relay (relay driver) yang pengontrolannya dilakukan oleh software pada komputer dengan komunikasi serial melalui port serial (COM Port).

Modul ini dibuat untuk memudahkan bagi siapa saja yang ingin mengendalikan peralatan listrik melalui komputer melalui perantaraan port serial.

Modul ini sebagai alternatif dari modul LPT-AC220V dan LPT-1REL yang dikontrol melalui perantaraan port paralel (LPT). Dengan modul SER-1REL, pengguna laptop atau netbook dapat mengontrol relay melalui port USB dengan perantaraan kabel konverter USB-to-Serial.

Berikut adalah spesifikasi modul SER-1REL:

  • Tegangan Input: 5V DC (mendukung 2 tipe: socket dan terminal)
  • Relay 5V berkualitas tinggi dengan terminal NO, COMMON, dan NC model screw
  • LED Status
  • LED Relay
  • Konektor DB9 Male
  • CD Program dilengkapi dengan sourcecode dalam berbagai bahasa pemrograman

telinks_ser1rel Untuk mengontrol relay dibutuhkan software yang bertugas mengirimkan perintah ke modul melalui port serial. Gambar disamping adalah tampilan program demo pengontrolan relay pada modul SER-1REL menggunakan VB.NET 2005 Express Edition.

Program memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mendaftar port serial yang tersedia pada komputer dan menampilkannya pada sebuah kontrol ComboBox, sehingga pengguna tinggal memilih dan tidak perlu bingung tentang port manakah yang bisa digunakan.

ser-1rel_vb6.jpgGambar di samping kiri adalah screenshot program kontrol modul SER-1REL menggunakan VB6. Tak hanya VB.NET dan VB6, tapi kami memberikan juga sourcecode program kontrol SER-1REL dalam bahasa JustBASIC, Lazarus, Python dan REBOL.

Semua contoh program dapat di download melalui halaman situs SER-1REL.

Lazarus, Python dan REBOL merupakan bahasa pemrograman multi-platform yang dengan kode program yang sama akan berjalan mulus baik pada sistem operasi Windows maupun Linux.

Gambar di bawah adalah screenshot program kontrol SER-1REL menggunakan bahasa pemrograman Lazarus yang running pada sistem operasi Windows dan Linux.

ser1rel_lazarus    Screenshot from 2014-10-02 21_22_18

Anda dapat mendownload program-program demo SER-1REL lengkap dengan sourcecode melalui link berikut: http://teknikelektrolinks.com/ser-1rel/ser-1rel.htm

Modul SER-1REL dapat digunakan untuk mengontrol 1 buah relay saja. Modul ini sangat cocok untuk digunakan sebagai antarmuka pengontrol panel palang pintu parkir. Tombol ON 250ms, ON 500ms, dan ON 1000ms berfungsi untuk mengaktifkan relay selama 250ms, 500ms, dan 1000ms. Fungsi ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada panel kontrol palang pintu parkir atau mesin tiket.

Jika Anda membutuhkan modul driver relay via port serial dengan jumlah relay yang lebih banyak, Anda dapat menggunakan Modul SER-2REL atau SER-4REL. Untuk modul dengan antarmuka USB, Anda bisa mempertimbangkan USB-1REL, USB-2REL atau USB-4REL.

SER-2REL

SER-2REL

SER-4REL

SER-4REL

usb1rel_320.jpg

USB-1REL

blue_usb2rel_320

USB-2REL

usb4rel_320

USB-4REL

Informasi detil dan harga bisa dilihat pada situs kami di: http://teknikelektrolinks.com.

Selamat berkarya!

Smile

One comment

  1. trisna · Maret 7, 2012

    kira2 ada gak penjelasan yang lebih lengkap dari pembuatan rangkaian ini.. karena saya ingin memcoba aplikasikan rangkaian ini di sekolah2 d aceh..
    thks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s