Aplikasi Thermostat T101 Untuk Inkubator Penetas Telur Reptil


python_egg_wiki

Tak hanya untuk inkubator penetas telur ayam, bebek, walet, atau jenis-jenis unggas/burung yang lain, Thermostat T101 dapat digunakan juga untuk pengontrol suhu pada inkubator penetas telur reptil.

Tak seperti pada telur unggas atau burung, telur reptil memiliki perlakuan yang berbeda. Tak hanya suhu, tapi juga kelembaban dan perlakuan fisik lainnya.

Yang unik juga, jenis kelamin dari telur yang ditetaskan diyakini juga tergantung pada kisaran suhu pada saat pengeraman telur reptil. Sehingga dengan mengontrol suhu pada kisaran tertentu, kita dapat mengharapkan anak-anak reptil dengan jenis kelamin tertentu sesuai dengan yang diharapkan.

Oleh karenanya kontroler suhu atau thermostat yang digunakan untuk inkubator penetas telur reptil harus mampu memonitor suhu dengan akurasi yang baik dan mengontrol suhu dengan simpangan yang kecil.

Dari beberapa permintaan yang saya layani, kontroler suhu harus dapat mengontrol suhu dengan range suhu 30-34 derajad Celcius dengan simpangan suhu antara 0,1 – 0,3 derajat Celcius.

Thermostat T101 merupakan kontroler suhu dengan nilai hysteresis yang dapat dipesan sesuai keinginan. Dari eksperimen bersama pengguna, Thermostat T101 dapat mengontrol output dengan baik dengan simpangan sekitar 0,3 derajat Celcius.

Untuk mendukung kinerja kontrol dengan simpangan yang kecil, maka diperlukan power driver yang baik untuk menggerakkan output heater atau lampu pijar.

Thermostat T101 menggunakan TRIAC sebagai power driver yang menggerakkan output heater atau lampu pijar. Dibandingkan dengan relay, TRIAC tidak menimbulkan spark pada saat kontak karena TRIAC bekerja secara elektronik dan tidak secara mekanik seperti halnya relay. Selain itu, untuk memproteksi rangkaian kontrol, digunakan juga optotriac sebagai coupling yang menghubungkan rangkaian kontroler dengan power driver, sehingga rangkaian kontroler bertegangan DC betul-betul terpisah dengan rangkaian bertegangan AC.

Jika Anda membutuhkan thermostat untuk mengontrol suhu pada inkubator penetas telur reptil, maka Anda dapat menggunakan Thermostat T101.

Untuk informasi harga dan pemesanan dapat langsung mengunjungi situsnya di: http://teknikelektrolinks.com.

Untuk informasi thermostat digital dengan simpangan yang dapat diatur hingga 0.1 derajat Celcius, silakan membaca tulisan tentang Thermostat Digital E103.

Selamat berkarya!

Smile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s