UP & Running With Starduino Board


starduino_usb_lenovoMemulai praktik pemrograman mikrokontroler dengan Starduino Board sangatlah mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Pertama-tama, hubungkan port serial Starduino Board ke port serial PC menggunakan kabel data serial yang telah disediakan dalam paket Starduino Board. Atau jika menggunakan port USB, maka tambahkah kabel data konverter USB-to-Serial seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Selanjutnya, jalankan program Arduino.

Pilih Board yang sesuai dengan menggunakan menu sebagai berikut.

starduino_up_running1

Selanjutnya, pilih Serial Port yang digunakan sebagai berikut.

starduino_up_running2

Langkah selanjutnya adalah berinteraksi dengan Starduino Board menggunakan program sederhana untuk membuat lampu berkedip-kedip dan mengirimkan data ke komputer melalui port serial. Berikut adalah sketch Arduino-nya.

starduino_up_running3

Langkah selanjutnya adalah meng-upload program ke Starduino Board dengan meng-klik Button Upload seperti ditunjukkan pada gambar di atas.

Setelah program selesai di upload, maka beberapa detik kemudian lampu LED akan berkedip-kedip dengan selang 1/2 detik ON dan 1/2 detik OFF.

Buka window Serial Monitor dengan meng-klik Button Serial Monitor atau menekan kombinasi kunci Ctrl-Shift-M, maka akan ditampilkan tulisan LOW, HIGH, LOW, HIGH, seiring dengan kedipan lampu LED.

Perhatian!

Starduino Board menggunakan bootloader Arduino. Ketika board direset atau pertama kali dihidupkan, maka bootloader akan dijalankan. Bootloader akan menunggu data dari PC. Jika dalam beberapa detik (sekitar 7 detik) data tidak ada, maka bootloader akan menjalankan program kontrol dalam memori program ATmega8. Jadi jangan heran jika sistem dijalankan, program tidak langsung di-running.

Bergabunglah dengan Starduino Board!

Pastikan alamat email Anda terdaftar pada blog Starduino Board (http://starduino.wordpress.com) untuk mendapatkan notifikasi pada setiap update-nya. Fesbuker, langsung aja bergabung di http://www.facebook.com/starduino.

Selamat belajar!

Smile

2 comments

  1. afanpunyablog · Juni 23, 2012

    kalo pake konverter usb to serial ada penambahan code ndak di listing programnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s