Catu Daya DC 5V-2A dan 12V-2A Siap-Pakai Yang Handal dan Mungil


Kini kita tidak perlu repot-repot lagi membuat rangkaian catu daya atau power-supply tegangan DC 5V dan 12V untuk keperluan eksperimen dan proyek-proyek elektronika kita. Kita bisa menggunakan modul catu daya DC 5V dan 12V siap pakai dengan kemampuan suplai arus 2A. Tak hanya handal dan praktis, modul catu daya ini juga berukuran mungil. Namun demikian memiliki kesan elegan dan kokoh.

Catu Daya DC 5V-2A

ps_5v2a_telinksGambar disamping adalah unit power supply DC 5V-2A. Dimensinya 70x40x31mm. Mungil bukan?

Catu daya ini dapat digunakan pada tegangan input AC 110/220V. Casing aluminium selain memberikan kesan kokoh juga sebagai pendingin yang handal.

Modul catu daya ini juga dilengkapi dengan sebuah VR untuk menyesuaikan tegangan keluaran. Sehingga kita dapat menyesuaikan tegangan keluaran catu daya sesuai dengan kisaran yang kita inginkan.

Untuk menggunakan catu daya ini sangatlah mudah, kita tinggal menghubungkan terminal masukan ke tegangan AC 110/220V. Selanjutnya, sebelum menghubungkan tegangan keluaran 5V ke rangkaian, kita ukur terlebih dahulu tegangan keluarannya menggunakan AVO digital. Jika tegangannya kurang sesuai, maka putar VR sambil tetap mengukur tegangan keluaran hingga didapat nilai tegangan keluaran yang diinginkan. Untuk proyek elektronika digital level tegangan TTL, maka nilai tegangan keluaran 5.2V masih relatif aman digunakan.

Catu Daya DC 12V-2A

ps_12v2a_telinks

Untuk menemani catu daya DC 5V di atas, catu daya seperti pada gambar disamping ini sangat cocok untuk dimiliki. Catu daya DC 12V-2A ini sangat mantab dipakai untuk menggerakkan relay, motor DC, solenoid, fan, dan lain-lain.

Dimensi catu daya ini juga tidak besar, hanya berukuran 85x58x33mm. Sangat pas sebagai pendamping catu daya DC 5V untuk kebutuhan eksperimen elektronika kita.

Tak berbeda dengan catu daya 5V diatas, kita tinggal menghubungkan terminal masukan ke tegangan AC 110/220V. Catu daya DC 12V pun siap digunakan. Catu daya ini juga dilengkapi dengan sebuah VR untuk menyesuaikan tegangan keluaran pada kisaran yang diinginkan.

Jika Anda berminat untuk menghiasi meja eksperimen Anda dengan kedua catu daya di atas, atau jika Anda membutuhkan catu daya DC 5V dan/atau 12V yang handal dan mungil untuk proyek-proyek Anda, silakan langsung mengunjungi situsnya di: http://telinks.ds4a.com.

Selamat berkarya!

Smile

One comment

  1. ikpp · November 4, 2011

    siip mas chandra, Power Supply itu jantung dari aplikasi hadware kita, saya sangat setuju agar sebelum kita merancang aplikasi, power supply alias catu daya ini menjadi prioritas kita pertama. Sukses untuk usahanya…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s