M100 – ThermoAlarm Dengan Display Besar Dan Buzzer Nyaring


m100

ThermoAlarm adalah sebuah modul elektronik yang berfungsi sebagai alarm untuk memberikan peringatan berupa suara (audible alarm) dan/atau display (visible alarm) ketika suhu terukur melebihi batas yang telah ditentukan.

ThermoAlarm M100 adalah modul thermoalarm berbasis ATmega8 yang memiliki 2-digit display berukuran besar dan buzzer nyaring. Sangat cocok untuk digunakan pada tungku atau oven tradisional berbahan bakar kayu atau batubara, dimana pengontrolan suhu dilakukan secara manual dengan menambahkan bahan bakar atau mengurangi bahan bakar. Karena pengontrolannya masih dilakukan secara manual, maka modul thermoalarm akan membantu operator dalam menjaga suhu dalam tungku atau oven. Dengan ThermoAlarm M100, maka tingkat kesalahan operator dapat diminimalkan.

Tak hanya itu, thermoalarm juga dapat diaplikasikan untuk keperluan lain seperti alarm pada ruangan server yang akan memberikan peringatan ketika suhu ruangan server meningkat melebihi batas yang telah ditentukan, sehingga teknisi bisa segera melakukan pengecekan pada sistem AC ruangan.

Tak menutup kemungkinan juga ThermoAlarm M100 digunakan sebagai alarm peringatan untuk orang yang sedang sakit demam panas. Smile

ThermoAlarm M100 dirancang khusus dengan display besar  berukuran 1’’ dan buzzer kecil namun bersuara nyaring. Dengan display yang besar, maka tampilan suhu dapat dilihat dari jarak yang jauh. Dan meskipun ukuran buzzernya tidak terlalu besar, namun suara yang dihasilkannya sangatlah nyaring sehingga terdengar dari jarak yang jauh.

 

Pengesetan Suhu Target Alarm

Modul M100 memiliki sebuah tombol operasional yang digunakan untuk menampilkan nilai suhu target alarm yang sedang aktif dan juga dapat digunakan untuk melakukan pengesetan suhu target alarm.

Untuk menampilkan nilai suhu target alarm yang sedang aktif, maka kita dapat menekan tombol sejenak dan melepaskannya, kontroler akan menampilkan nilai suhu target alarm sejenak dan kemudian kembali menampilkan suhu aktual.

Untuk melakukan pengesetan suhu target alarm, kita dapat menekan tombol dan menahannya selama kurang lebih 1 detik. Jika tombol ditekan selama lebih dari 1 detik, maka kontroler akan menaikkan nilai suhu target alarm secara perlahan-lahan. Ketika tampilan sudah mencapai suhu target alarm yang diinginkan, maka lepaskan tombol, dan kontroler akan menyimpan data nilai suhu target dan menampilkan nilai suhu target alarm secara berkedip-kedip sebanyak 3 kali dan kemudian kembali menampilkan suhu aktual.

Pada saat proses pengesetan, kontroler akan menaikkan nilai suhu target alarm sampai nilai maksimum tercapai. Ketika mencapai nilai maksimum maka, nilai suhu target alarm akan kembali ke nilai minimum dan perlahan-lahan naik lagi hingga tombol dilepaskan.

 

Aplikasi ThermoAlarm M100 Pada Oven Tembakau Tradisional

M100sSaat ini, ThermoAlarm M100 tengah dipasarkan pada petani-petani tembakau yang memiliki oven tembakau tradisional. Dengan harapan para petani akan dapat menghasilkan tembakau dengan kualitas yang lebih baik.

Jika Anda berminat dengan modul ThermoAlarm M100, Anda dapat langsung menghubungi kami melalui email ke telinks@telkom.net atau SMS ke 08383-4849-975.

Selamat berkarya!

Smile

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s