Data Logger Suhu dan Kelembaban Menggunakan Modul Sensor DHT11


DHT11_Temperature_and_Humidity_Sensor

DHT11 adalah modul sensor suhu dan kelembaban udara relatif dalam satu paket. Modul ini memerlukan konsumsi daya yang rendah sehingga cocok digunakan untuk aplikasi data logger dengan catu daya batere. Modul ini memiliki stabilitas yang dijamin dalam jangka waktu yang lama serta output yang terkalibrasi, sehingga cocok digunakan sebagai sensor untuk data logger suhu dan kelembaban udara.

DHT11 dapat mengukur suhu antara 0-50 derajad Celcius dan kelembaban udara antara 20-90% dengan resolusi masing-masing sebesar 0,1 derajad Celcius dan 1% RH (Relative Humidity). Akurasi untuk pengukuran suhu dan kelembaban adalah (+/-)2 derajad Celcius dan (+/-)4% RH.

Keluaran modul sensor DHT11 telah dikalibrasi dalam tabung kalibrasi secara akurat, dan nilai koefisien kalibrasinya disimpan dalam memori OTP. DHT11 menggunakan teknologi sensor kelembaban yang baik dan menggunakan teknik akuisisi data ekslusif dengan memanfaatkan mikrokontroler 8-bit untuk menghasilkan data dalam format single-bus.

dht11_mega8Dengan ukuran yang relatif kecil, konsumsi daya yang rendah, dan dapat mengirimkan data sejauh 20m, maka DHT11 sangat cocok untuk digunakan dalam sistem akuisisi data suhu dan kelembaban udara pada aplikasi weather-station, green-house, gudang, data center environment monitoring, dan lain-lain.

Gambar disamping adalah modul akuisisi data suhu dan kelembaban udara menggunakan modul sensor DHT11 dengan keluaran data serial RS232.

Modul menggunakan mikrokontroler AVR ATmega8 dengan firmware yang dibuat menggunakan software open-source Arduino. Modul tersedia dalam bentuk modular yang dilengkapi dengan source-code Arduino dan source-code contoh aplikasi pembacaan data suhu dan kelembaban menggunakan VB.NET Express Edition 2005.

Berikut adalah tampilan programnya.

dht11vbnet

Satu hal lagi, DHT11 merupakan solusi ekonomis untuk pengukuran suhu dan kelembaban udara. Jadi jika Anda membutuhkan modul sensor suhu dan kelembaban udara untuk aplikasi-aplikasi seperti monitoring suhu dan kelembaban ruangan server atau gudang, pengontrol suhu dan kelembaban green-house, dan weather station, maka DHT11 sangat cocok untuk kebutuhan tersebut.

Jika Anda berminat dengan modul sederhana seperti contoh diatas ataupun modul-modul elektronika yang lain, silakan mengunjungi situs berikut ini: http://teknikelektrolinks.com.

Selamat berkarya!

Open-mouthed smile

7 comments

  1. Duwi · Juni 25, 2011

    Mantep mas.. saya suka semua project nya .. maju terus mas..

    • chandramde · Juni 26, 2011

      Thanks, sukses buat Mas Duwi…🙂

  2. zulkipli · September 22, 2011

    mas saya penghuni blog baru mas,,, oh ya boleh gak mintak di buatin program dht11 dengan bahasa c untuk aplikasi mikrokontroler atmega16 untuk monitoring suuhu dan kelembaban,,,,
    mohon bantuannya,,, aq sangat berharap bisa di bantu,, trima kasih

    • chandramde · September 22, 2011

      Terima kasih telah mengunjungi blog saja.
      Untuk pembuatan program silakan menghubungi melalui email ke telinks@telkom.net.
      Terima kasih🙂

  3. WongSableng Lab · Januari 11, 2012

    Weeww…nice info mas…arduino po sama kayak mikrokontroler???heeee…katrok saya mas

  4. Fari · Februari 22, 2014

    PM bisa mas??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s