Mengubah Data Digital Menjadi Tegangan Analog Dengan Rangkaian Ladder R-2R


Rangkaian ADC dan DAC… Manakah dari kedua rangkaian tersebut yang paling sering digunakan dalam aplikasi? Entah dengan Anda, tapi berdasarkan pengalaman saya selama ini, rangkaian ADC lebih sering saya gunakan ketimbang DAC, alasannya hanya karena memang lebih banyak proyek yang menggunakan ADC ketimbang DAC.

Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang DAC. Kebetulan pada proyek yang sedang saya kerjakan membutuhkan DAC untuk mengubah data digital dari 6 bit menjadi data analog dengan range 0-6 volt.

Gambar di atas adalah potongan foto sistem yang menunjukkan bagian rangkaian DAC R-2R. Karena tidak mendapatkan resistor 1%, maka saya menggunakan resistor 5% saja.

Sempat bingung juga mau pakai IC DAC seperti 0800 ataukah menggunakan rangkaian DAC R-2R Ladder. Dengan alasan simplisitas sistem, maka akhirnya saya gunakan rangkaian DAC R-2R Ladder. Jujur, saya belum pernah mendalami rangkaian tersebut dan sempat ragu dengan linearitas tegangan keluarannya.

Namun setelah browsing sana-sini dan melakukan eksperimen, saya mendapatkan hasil yang alhamdulillah sangat bagus.

Data digital yang dikonversi dihasilkan oleh ATtiny2313 melalui port PB0-PB5. Sedangkan output analog yang dihasilkan oleh rangkaian DAC R-2R diskalakan menggunakan rangkaian penguat tak-membalik untuk mendapatkan range 0-6V DC.

dac

Gambar berikut adalah grafik hasil konversi kombinasi data digital 6-bit (00-63) menjadi tegangan dengan range 0-6 volt. Data tegangan dicuplik menggunakan voltmeter digital dan diolah menjadi grafik menggunakan Excel.

Perhatikan betapa lurus grafiknya!!

Selain penggunaan komponen dengan kepresisian tinggi, penggunaan tegangan referensi opamp yang sesuai sangat berpengaruh terhadap hasil keluaran DAC R-2R. Dengan memanfaatkan opamp single-supply semacam LM358 dengan penguatan dan dengan tegangan referensi yang sesuai, maka akan didapatkan hasil konversi yang linear pada range tertentu. Pada eksperimen ini, didapatkan nilai tegangan analog hasil konversi yang linear pada range 0-6V yang saya butuhkan dengan menggunakan penguatan opamp dan tegangan referensi opamp 12V.

Jadi, sesuai dengan range tegangan output yang diinginkan, maka sesuaikan juga nilai penguatan opamp dan referensi tegangan opampnya sehingga didapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

😀

Perihal

Cek situs kami di http://teknikelektrolinks.com. Blog Raspberry Pi: http://raspi.teknikelektrolinks.com

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Arduino, AVR, Elektronika, Home Industry, Industrial Control and Automation, MCS51, Mikrokontroler, Starduino, uCheap51
23 comments on “Mengubah Data Digital Menjadi Tegangan Analog Dengan Rangkaian Ladder R-2R
  1. Putra berkata:

    Assalamualaikum…. wah bagus bener outputnya, sangat stabil…. Good Job…..

  2. Arduino berkata:

    Wah… hasilnya akurat yah. Padahal cuma pake resistor. Mungkin karena konsistensi dari nilai resitor R dan 2R yang dirangkai, akibatnya hasilnya pun konsisten. Ngomong2, itu bikin grafiknya pake apa? VB?

    • chandramde berkata:

      Alhamdulillah, hasilnya sangat memadai. Grafiknya pakai Excel, pengujiannya saya ukur manual pakai voltmeter digital.
      Thanks. 😀

  3. jimmy berkata:

    boleh saya minta schematik atau layoutnya mas

  4. Mardie berkata:

    Pak, saya mau dong gambar rangkaiannya.
    Saya lagi proyek TA untuk DAC.
    Terimakasih

  5. tresna berkata:

    wah, itu pake R-2R? bagus banget hasilnya mas. mantabs

  6. Mulya berkata:

    Bagus bgt hasilnya mas bro..

    boleh saya minta schematiknya mas…????
    saya ada tugas buat aplikasi DAC dengan port paralel.

    terimakasih sebelumnya

  7. ikun anto berkata:

    mantabs mas. boleh saya minta skemanya?

  8. TeAmBoeLz berkata:

    bagus bener mas hasil outputanya.
    bisa minta schematiknya mas…
    klo dpake bwt 8 bit gmn mas….?

  9. chandramde berkata:

    Teamboelz, ikun anto, Mulya, …, Tius:
    File skematik telah saya kirimkan ke alamat email masing-masing.

    Selamat berkarya! 😀

  10. Wizra berkata:

    Mas saya juga mawu donkz…
    tolong dikirim y mas !!
    khairulwizra@gmail.com

  11. choirul berkata:

    boleh minta gambar skema-nya mas?

  12. Balthazar berkata:

    jadi ngak usah pakai DAC…pakai R-2R bisa ya mas?
    waduh pinter ngak harus mahal….minta skemax dong bang candra..

  13. agus ch berkata:

    mhn share skemanya ya Abang chandra MDE..thanks

  14. david berkata:

    mas, aq udah coba berkali-kali tapi gg berhasil, minta tolong kirimin gambar skematiknya mas.. buat bandingin..

  15. Kartika berkata:

    Mas, jadi ngak pakaiIC DAC ya mas, kalau boleh kirim kan skematiknya mas, bair saya mau coba

  16. chandramde berkata:

    Kartika, Choirul, dkk:
    File skematik telah dikirim ke alamat email masing-masing.
    Semoga bermanfaat! 😀

  17. ilyas berkata:

    hebat benar mas jadi pengen dalami mikrokontroler
    boleh mintak skemanya mas dan juga skema minimumsystem at89s51
    sebelumnya makasih mas mga banyak rezekinya dari bagi2 ilmu
    email saya :muhily45@yahoo.com

  18. Widji Santoso berkata:

    mas,, jika dibanding dengan DAC Binary Weight Resistor linearitasnya gmana?

    kenapa mas milih pake R/2R ladder ini,, soalnya saya buat 8 bit ga begit linear

  19. yoga berkata:

    mas, saya kirim rangkaiannya juga dong…
    kirim ke emailq mas tolong, new_clever_baby_boy@yahoo.co.id
    terima kasih

  20. tatoe berkata:

    boleh minta file skemanya mas.. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Kategori

Bergabunglah dengan 2.501 pengikut lainnya

Hot Links




Display Counter 3-Digit Dengan Koneksi Wi-Fi
Display Nomor Antrian WiFi Android
Mengontrol Relay Via USB/Serial dan Wi-Fi
USB Relay USB-2REL
USB Relay USB-4REL
Water Level Control WLC-02
Serial Relay SER-4REL
NEO STARDUINO SMS ALARM

Alarm SMS Berbasis NEO STARDUINO

1 PC – 6 Unit USB-2REL

Testing 6 USB-2REL Pada 1 Komputer

Standard Pengujian USB-2REL

Pengujian USB-2REL Sebelum Dikirim

LPT-4REL on Knoppix 7.0.5

Testing LPT-4REL on Knoppix Linux

T101 Inkubator Telur

T101 Inkubator Penetas Telur

KONTROL PERALATAN LISTRIK VIA PORT LPT KOMPUTER

Demo Kontrol Kontaktor via Port LPT

STARDUINO meets ANDROID

Demo Kontrol Bluetooth Relay Android

STARDUINO SMS RELAY

Kontrol Relay Via SMS Dengan Starduino

STARDUINO WEB RELAY

Demo Kontrol Relay Via Web/Internet

JustBASIC USB-2REL Control

Demo Kontrol USB-2REL + JustBASIC

STARDUINO + GPS + LCD

Demo Starduino GPS Dengan LCD

USB-2REL EXTREME TEST

Demo Kontrol On/Off Lampu USB-2REL

THERMOSTAT T101 IN ACTION

Demo Thermostat T101 Pada SV=37.5°C

WATER LEVEL CONTROL WLC-02

Demo Kontrol Level Air Tandon WLC-02

HUMIDITY CONTROLLER H103

Demo Kontrol Kelembaban H103 (DHT11)

