STARDUINO In Action! – Parallax PING)))


Sensor ultrasonik hampir merupakan “mainan” wajib bagi praktisi mikrokonrtoler. Dulu ketika masih menggunakan mikrokontroler 89S51 pun, sensor ultrasonik merupakan praktek yang cukup memperkaya pengalaman ber-mikrokontroler. Waktu itu, harga sepasang sensor ultrasonik kalau tidak salah saya beli 25.000, dan harus membuat sendiri rangkaian osilator untuk pemancar dan rangkaian penerimanya. Perlu beberapa kali eksperimen rangkaian sebelum akhirnya berhasil membuat rangkaian pemancar dan penerima ultrasonik dengan hasil yang biasa-biasa saja.

Beda dulu, beda sekarang. Kini telah banyak vendor elektronik yang membuat modul-modul sensor siap-pakai, salah satunya yang terkenal adalah Parallax (www.parallax.com). Dan kali ini STARDUINO akan beraksi dengan modul PING))) dari Parallax, sekedar untuk menguji seberapa hebat modul ultrasonik ini.

Nah, berikut adalah foto aksi STARDUINO ditemani PING))).

Modul PING))) memiliki 3 buah kaki yakni: GND, 5V, dan SIG (Signal). Jadi untuk mengantarmukakan modul ini dengan STARDUINO sangatlah mudah. Hubungkan kaki GND ke GND, kaki 5V ke 5V, dan kaki SIG ke salah satu kaki I/O dari STARDUINO. Pada eksperimen ini kaki SIG saya hubungkan dengan kaki I/O nomor 7. Dan kita siap mengukur jarak dengan sensor ultrasonik.

Untuk dapat memprogram modul PING))) dengan mudah, download library Ping yang dibuat oleh Caleb Zulawski. Selanjutnya, ekstraksi dan letakkan folder Ping di dalam folder libraries dalam folder program Arduino. Berikut adalah contoh program Arduino untuk modul PING))).

Variabel ping dideklarasikan dengan tipedata Ping yang diinisialisasi dengan nilai parameter (7, 0, 0), yang artinya kaki SIG dari modul PING))) dihubungkan dengan kaki 7 dari STARDUINO. Sedangkan dua parameter bernilai 0 berikutnya menyatakan besarnya nilai koreksi dari hasil pengukuran. Nilai nol berarti tidak ada koreksi.

Pada bagian loop(), program mengaktifkan modul dengan perintah ping.fire() dan hasilnya dikirimkan ke port serial. Data yang dikirimkan sudah dalam satuan sentimeter. Jadi, menggunakan modul PING))) dari Parallax dengan STARDUINO/Arduino, sangatlah mudah. Sekali lagi, sangatlah mudah!!!

Baiklah, boleh jadi interfacing dan pemrogramannya sangat mudah, tapi bagaimana dengan hasil pengukurannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah foto pengujian dan screenshot program penampil jarak yang saya buat menggunakan VB.NET 2005 Express Edition.

Lumayan kaget juga melihat hasil eksperimen dengan PING))) ini. Saya tidak menyangka hasilnya bisa sebagus ini. Modul PING))) Parallax ternyata hebat!!!

Kurang-lebih 6 jam modul saya aktifkan secara terus-menerus, dan performanya tidak menurun sama sekali alias stabil. Hebatnya juga, komponennya tidak ada yang hangat, semuanya normal-normal saja!

Ngeri deh pokoknya!πŸ˜€

Baiklah, semoga bermanfaat dan tak lupa senantiasa saya ucapkan: Selamat Belajar!

πŸ˜€

7 comments

  1. Tius · Maret 20, 2011

    Sensor PING))) masih relatif tinggi harganya. Ada nggak skema sensor ultrasonik yang bisa dibuat sendiri dengan hasil yang lumayan?

  2. sandi · Maret 23, 2011

    salam kenal mas, melihat app itu saya sangat tertarik sekali ingin mencobanya. tapi mas ada gak rangkaian mikrokontroler untuk sensor air,apabila air penuh matikan pompa kalau habis hidukan pompa

  3. stpdxpdc · Maret 24, 2011

    d tunggu tutorialnya pke SRF04 ya mas…hehehe

    • chandramde · Maret 27, 2011

      Ayo, siapa yang mau menyumbang SRF04? Muahal!πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s