Thermostat Digital E103


ne103rs_320Thermostat E103 (sekarang NE103-RS) memiliki 3 digit tampilan dengan format XX.Y yang dapat menampilkan suhu antara 00.0 – 99.9 °C.

Modul dilengkapi dengan 3 buah tombol (push-button) untuk melakukan pengesetan suhu target (SV), nilai hysteresys (HYS), dan nilai faktor koreksi suhu (KAL).

Pengesetan Suhu Target
Untuk melakukan pengesetan suhu target atau setting-value (SV), caranya adalah dengan menekan tombol pertama (kiri). Ketika tombol ditekan, maka mikrokontroler akan menampilkan suhu target, dan selama tombol pertama ditekan, tombol kedua (tengah) berfungsi untuk menurunkan nilai parameter dan tombol ketiga (kanan) berfungsi untuk menaikkan nilai parameter. Setelah selesai tombol pertama dapat dilepas dan display akan berkedip 2 kali sebagai tanda bahwa nilai parameter telah disimpan dalam memori.

Pengesetan Nilai Hysteresis
Untuk melakukan pengesetan nilai hysteresis, caranya adalah dengan menekan tombol kedua (tengah). Ketika tombol tengah ini ditekan, mikrokontroler akan menampilkan nilai hysteresisnya, dan selama tombol tengah ini ditekan, maka tombol pertama berfungsi untuk menurunkan nilai hysteresisi, sementara tombol ketiga berfungsi untuk menaikkan nilai hysteresis. Setelah selesai, lepas tombol kedua dan mikrokontroler akan menampilkan nilay hysteresis secara berkedip sebagai tanda bahwa nilai tersebut telah disimpan di dalam meori.

Pengesetan Nilai Faktor Koreksi Suhu
Untuk mengeset nilai faktor koreksi suhu, tekan tombol ketiga (kanan) dan jangan dilepaskan. Sambil terus menekan tombol ini, tekan tombol pertama untuk menurunkan nilai faktor koreksi dan tekan tombol kedua untuk menaikkan nilai faktor koreksi.

Nilai parameter faktor koreksi suhu adalah 10.0 – 0.1. Jika nilai parameter = 5.0, maka nilai faktor koreksinya adalah (5.0-5.0)=0.0. Jadi untuk menambah nilai tampilan display suhu sebanyak 1.2 derajad celcius, maka nilai faktor koreksinya adalah 5.0+1.2 = 6.2. Dan untuk mengurangi nilai tampilan display suhu sebanyak 1.2 derajad celcius, maka nilai faktor koreksinya adalah (5.0-1.2)=3.8.

Adapun nilai suhu aktual yang ditampilkan di display menganut rumus sebagai berikut:

PV = PV + (KAL – 5.0)

Thermostat E103 menggunakan metode pengontrolan ON-OFF dengan hysteresis yang dapat diatur sendiri, sehingga dapat disesuaikan dengan aplikasi dari sistem yang Anda buat. Dengan ketelitian display 1-digit dibelakang koma, maka modul ini sangat cocok digunakan untuk aplikasi-aplikasi berikut ini:

  • mesin penetas telur
  • laboratorium fisika dan kimia
  • pemanas makanan ternak
  • pengatur suhu akuarium
  • pengatur suhu bioreaktor
  • pengatur suhu kolam pemijahan ikan
  • pengatur suhu kandang walet
  • dan lain-lain

Berikut adalah spesifikasi Thermostat E103:

  • Sensor suhu: LM35DZ (jangkauan 0-100°C)
  • Tegangan input: 12V DC
  • Setting: digital menggunakan tombol operasional
  • Hysteresis: 0.0 – 5.0
  • Nilai Faktor Koreksi: 0.0 – +/-5.0
  • Output: Relay 1-NO/10A dan 1-NC/6A
  • Display: 7-segment 4 digit (3 digit suhu + 1 digit satuan celcius)
  • Relay-ON Indicator: LED 5mm
  • Jangkauan display: 00.0 – 99.9 °C
  • Konektor: Terminal Screw
  • Berbasis mikrokontroler Atmel AVR ATmega8

Untuk informasi harga dan cara pemesanan dapat dilihat di situs resmi Teknik Elektro Links dengan alamat: http://teknikelektrolinks.com/ne103/ne103-rs.htm.

Selamat berkarya!

😀

7 comments

  1. agus sp · Februari 20, 2011

    mas berapa harga e103 plus ongkos kirim ke sorong papua ,saya mau buat mesin tetas terus sistem pengesetan disambung dg lampu atau kipas ? Kemudian ada g produk untuk sensor suhu kelembaban seperti termostat tapi kusus untuk atur kelembaban otomatis? Tolong di balas mas trims.

  2. amru · Februari 23, 2011

    wahh keren pak chandra, mirip seperti project yang saya kerjakan. tapi milik pak chandra lebih heeeeebaaatttttt. klq bleh saya ingin minta layout pcb nya terima kasih. semoga segala kebaikanmu dibalas olehnya amieen

  3. iqbal · Maret 22, 2011

    ini support untuk AVR lainnya tidak?,selain ATMEGA8.mohon informasinya…

    • chandramde · Maret 23, 2011

      Secara khusus, saya menggunakan ATmega8 untuk modul Thermostat E103 ini. Namun demikian, bisa juga menggunakan AVR tipe lain asalkan memiliki ADC internal dan jumlah I/O yang mencukupi.

  4. Agus Heriawan · April 7, 2011

    Assalamu’allaikum Pak Candra,salam kenal,Thermostat digital yang dilengkapi sensor suhu kelembaman apa juga punya stoknya dan harganya berapa? kalau ada Insya’Allah dalam waktu dekat saya tak silaturahmi ke rumah bapak,apa boleh ?trims,wassalam.

  5. zulkarnain · Mei 28, 2011

    pak maaf untuk pemesanan thermostat e 103 apa diberikan program aplikasi untuk downlder dan source programnya.

  6. Ping-balik: Temperature Controller E5T « Teknik Elektro Links

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s